Photobucket

Selasa, 24 Mei 2011

Fatherless (2)

Read the story here.

Sekarang, setelah baca buku Wild at Heart itu, saya jadi menyadari pentingnya peran papa untuk saya. Saya kira it's just okay without him. I can see that we survive without him. But now, I realize I have mixed feelings for him. Those are the wounds.

Saya marah karena papa meninggal.

Saya merasa bahwa papa meninggal karena kecerobohannya sendiri. Udah tau diabetes, kenapa masih makan yang manis2 dan banyak2? Kenapa gak jaga makan? --> actually, I'm quoting my mom. Tapi menurut saya, itu benar!! Memang bener nyawa ada di tangan Tuhan, tapi kalo kita sengaja mencelakakan tubuh kita, bukannya itu bodoh ya? Kalo sekarang saya bisa bilang, kita jadi gak menghargai bait Allah itu.

Saya marah karena papa memikirkan dirinya sendiri, yang penting saat itu bisa makan enak! Saya marah!

To: Papa

Papa, tau gak sih akibatnya tuh bakal jadi kaya begini??? Fani jadi gak punya papa.
Gak ada papa yang anter jemput Fani kaya temen2 Fani.
Gak ada papa yang nonton konser piano Fani.
Even at my first concert, you weren't there!
Gak ada papa yang dateng ke wisuda Fani.
Gak ada papa yang bakal kasih
serious warning ke cowo2 yang mungkin akan hancurin hati Fani.
Gak ada papa yang hadir di hari pernikahan Fani.
Gak ada papa yang akan
walk me down the aisle.
Gak ada papa yang gendong bayi Fani nanti.
Gak ada papa yang akan berkatin Fani.
Papa,
WHERE ARE YOUUU???!!!
Papa,
you missed so many important events in my life, and you are going to miss some more!!!
Papa,
I need your protection, I need your blessings!!!
But you're not here, papa...

Waktu papa ada di sini, Fani inget papa banyak diam. You were very silent. Fani gak inget banyak tentang papa selain mami yang marahin papa mulu, karena papa banyak makan gula. And you know what, papa? I hate you because you ate too much sugar. I want you to be healthy. If you cannot drive me anywhere, it's okay. But just please be at home, then come to my concert, my graduation, my wedding. Just be there and sit comfortably... And that, the simplest thing to do, you cannot do it!

Fani gak inget banyak percakapan dengan papa. Papa cuman anterin Fani pagi2 ke sekolah. Pas Fani pulang sekolah, papa lagi jaga toko. Jam 6 tutup toko, papa anter barang sampe jam 11-12 malam. Fani udah tidur. Besoknya begitu lagi.. (Dan saat ini saya sadar bahwa bahasa kasih saya adalah waktu berkualitas. Jadi, his absence at that time hurt me much more. Saya gak butuh semua Barbie dan perlengkapannya. Saya butuh dia ada di sisi saya. Saya menghargai pemberiannya -dulu saya maenin Barbienya tiap hari lho- tapi saya gak pengen ngomong sama benda mati muluuu!!).

Papa, I miss you.. I miss you so much..
I wish I can see you
I wish I can touch you
I wish I can talk to you like the other daughters to their fathers

Papa, if you want to, you can 'usek2' my face again with your mustache :')
Papa, Fani mau diayun2 lagi.. Fani mau pergi berenang sama papa lagi..

Papa, Fani kangen...

Tuhan Yesus, aku sedih sekali.. Aku sedih sekali menulis tentang papa. Tuhan Yesus, bolehkah aku minta ketemu papa sekali lagi? Fani pengen ngobrol sama papa.. Fani pengen ampunin papa, gak marah lagi sama dia karena dia gak mo jaga kesehatannya. Tuhan Yesus, please give me one other chance...

40 komentar:

  1. :( sedi bacanya..
    steph,, mgkn aku ga bs ngerasakan apa yg km rasakan tp aku ngerti gmn kangen nya km dgn papa..
    and tau ga? gw merasa u begitu bahagia sempat merasakan kasih papa yg begitu luar biasa..
    dannn gw merasa iri krn mungkin gw ga pernah merasakan spt itu, ya spt dianterin papa,dimanjakan dgn hadiah.
    so, gw blh bilang "u are so lucky" dan papa km jg pasti sangat merindukan km...
    jgn perlu sedih teph krn Tuhan ijinkan itu semua terjadi utk sesuatu yg lebi bae...
    Be strong,sist...
    JEsus always love u, like ur father =)

    BalasHapus
  2. @Leni: iye gw kemaren nulisnya juga berat rasanya Len.. Hmm, mungkin there was some great time Len, tapi pas gw makin gede, dia berubah makin jarang ngajak gw ngomong. Jadi silent abandonment gitu.. Yep, gw ga sadar sih gw so lucky sampe baca komen lu. Bener juga, masih bagus gw tau siapa bokap gw. Masih bagus gw punya memori tentang dia. Di luar sana pasti masih ada orang2 yang bahkan gak pernah ketemu/tau bokapnya. Thanks ya Len, jadi bikin gw sadar untuk bisa grateful. :) Thanks untuk encouragementnya!!

    BalasHapus
  3. iyaaa.. gw yg baca aja rasa nya sedi apalagi u yg nulis..
    tp saluttt *benerann* krn u bisa ungkapin isi hati lu disini, krn gw pribadi susa bgt ungkapin isi hati gw soal kluarga di blog.. krn gw mikir nya byk bangett dan mgkn scara ga lgsg km mengingatkan kita smua ttg pentingnya seorang papa...
    gw dulu jg pas kecil dkt ama papa dan sk maen kuda2 an, dicium, diajakin ke mall tp begitu uda mulai SMP gw bnr2 jau dari papa bahkan mama papa bs dblg ga harmonis & itu bnr2 efek ke anak2 nya..
    Plz doakan jg buat kluarga gw ya =) thx before

    oya tephh, u bs dblg lucky bs pny memory ttg papa u mpe skrg *agree*.. hmm gw mau sharing dikit ke lu ttg papa nya cowo gw.. Dia ga sempat liat papa nya utk trakir x krn dia di btm en bokap nya di bandung.
    Tp Tuhan itu bae, cowo gw mengalami perjumpaan dg papa nya dan dia liat malaikat jmpt papa nya , pas itu kami lg di greja dan Tuhan ijinkan dia liat papanya dl..
    *ntr klo ada wkt gw tulis di blog*
    Jd,spt yg u blg..byk yg bahkan ga pernah ktmu bokap nya , ga bisa nemani bokap nya utk yg trakir x spt cowo gw, tp dia tau klo papanya uda bahagia disisi Tuhan Yesus..
    cia yo steph =)
    maap jd pjg komen nya haha

    BalasHapus
  4. @Leni: ya mungkin karena bokap udah ga ada juga yah.. jadi gw berasa pengen punya catatan tentang dia, Len. So, kemaren gw bener2 puter otak untuk inget2 waktu yang gw habiskan bersama dia. Gak nyangka, those memories bring tears to my eyes.

    Iyah, tiap keluarga pasti ada cekcoknya, dan kita yang masih anak2 blank.. gak tau mesti gimana.. Dan tiba2 mereka terasa jauh..I'll pray for ur family, Len! :)

    Wah cowo lu mengalami hal yg luar biasa banget Len! Bisa dikasih liat malaikat jemput papanya. Cepetan tulis Len! Gw pengen tau ceritanyaaa!! Hehehe Iya, tadi gw juga ditegur. Gw harusnya jg belajar melihat hal positif dari hal ini, gak cuma nangis n complaining.

    Eehh, gw suka kalo ada yg komen panjang2.. :) Jadi, komennya yg panjang2 lagi ya Len!! Hohoho

    BalasHapus
  5. thx for ur prayer =)
    iya teph.. gw dari kecil krg merasakan peran papa mk nya pas u bahas soal pria penyelamat gw langsung ngerasa benarrr bangettt,, peran pria yg bernama papa itu sangatttt penting skalii... huhu

    iya2 gw suka comment pjg2 klo org na jg stujuuu ^^
    wajar klo mnrt gw steph, yg baca bs merasakan kondisi emosional km pas nulis nya.. makanya gw blg gw benar2 ngerasa apa yg km rasakan..
    dan wanita ga pernah jauh dari tears, rite?
    papa uda bahagia ngeliat km jadi dewasa scr fisik dan rohani ^^

    yapp i'll write it tp gw ga pinter nulis spt u, ntr inti nya ga dapet pula hahaha
    ntr aku sharing ya, dan 1 hal yg buat aku berubah dan terima Tuhan krn kejadian itu =)
    How great is our God..!

    BalasHapus
  6. Aku baca postingmu kali ni geleng-geleng Step, sama kayak papamu, papaku meninggal tahun 2007 karena Diabetes, sama dah kayak papamu, papaku juga susah banget ngontrol makanan :'( Ur post remind me about my father too, I miss him so much.....

    BalasHapus
  7. Tephhh sukses lu bikin gw banjir haha.. untung di kantor jadi ga bisa nangis banyak2 bikin ocean haha ;p

    Wah, bener2 reminder banget buat gw nih.. pas gw baca ini "pas gw makin gede, dia berubah makin jarang ngajak gw ngomong."
    kalo gw kebalik, gw makin gede gw makin jarang ajak bokap ngomong. soalnya si papa suka iseng n gw ga suka, gw suka anteng2 aja. skr dari blog lu, gw realise how blessed i am. how lucky i am to still have him beside me :) cause we really dont know what tomorrow will holds, so i really need to treasure what God have entrusted me. Thank God banget for let me experience my dad's love until now.. huff.
    thanks ya teph..

    Kamu yg semangat ya, though maybe its easy for me to say cheer up and dont be sad. Tapi kaya yg Leni bilang, you are still so lucky krn masi bs spent several years with your dad. Selalu inget romans 8:28 yo..
    And we know that in all things God works for the good of those who love him, who[a] have been called according to his purpose.
    Jadi semuanya uda ada di rencana Tuhan. aminamin..

    BalasHapus
  8. huaaa stephhh gue bener-bener-bener-bener terharu baca postingan loe yg ini ...

    that must be very hard for you to say that you're angry with your dad ... but itu bagian dari proses penyembuhan steph ... :)) mengakui kamu marah dan kenapa kamu marah, ibaratnya org sakit kamu dah bisa bilang, "Bagian sini sakit!", jadi Sang Dokter bisa mengobati dan memulihkan bagian yang sakit itu ... God will bring you through this ...

    hugz.

    BalasHapus
  9. Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa............Steph, gw jadi bersyukur banget setelah baca blogmu, krn gw masi dikasi waktu sama2 papiku sampe skrg. Jadi kangen papi, jd pengen pulang Jkt pas liburan. Steph pasti kangen banget ya sama papi, at least bersyukur bwat kenangan2 indah yang boleh tetap teringat selamanya ya. *secara papiku uda ga punya papi sejak 3 tahun (meninggal)*
    GO GO Steph...one day you'll meet him ^^

    BalasHapus
  10. @Leni: iya baru ngeh ya kalo peran bokap tuh pentiiiinngg banget!!! makanya nih cowo2 skrg harus belajar, sadar bahwa to be a daddy adalah tugas yang penting!! gak boleh sembarangan, ato asal jalan.

    perempuan gak jauh dari tears..haha makanya nama majalahnya Pearl ya. Kita semua dibentuk lewat air mata supaya jd indah. :) Gw jg nulis cm belajar dr pengalaman kok. Gak tau gimana yg paling bener/bagus gituh.. Apa adanya aja gw tulis. Hehehe

    Wah kayanya pengalaman ma bokap lu memberi dampak yang luar biasa yah buat hidup lu. I'm waiting for ur post yah!! keep writing!! :)

    Tulisan lo bagus tau Len. To the point n lu punya ide2 orisinil lu sendiri.

    BalasHapus
  11. @Mega: Meg, deep condolences.. So sorry to hear that. Iya, diabetes tu penyakit yang emang butuh pengendalian diri dari penderitanya. Ternyata mungkin sangat sulit buat bokap kita. Praying for u Meg!

    BalasHapus
  12. @Viryani: hoho.. ^^v maap yah bikin lo ikutan deras.. hehehe Vir, call him lah asap. Tell him you are very lucky and grateful to have him. Maybe you can send a special package for him. Tar kalo dibecandain lagi, ladenin aja Vir, jangan anteng2 doank.. haha Daripada gw, diajak ngomong aja jarang. So, yah just play along with his joke. :) Thanks ya untuk ayatnya, Vir! Menguatkan gw Vir!

    BalasHapus
  13. @Ci Grace: Ci, aku tuh diem pas baca komen cc di Pria Penyelamat. Yang bagian ini: "en gue juga sadar, sebagai seorang ce, gue baru bener2 bisa punya HUBUNGAN yang sehat dengan co2 laen setelah hubungan gue dgn bokap gue dipulihkan." Terus, aku tau bahwa aku harus pemberesan nih ma bokap.. Uda niat emang tulis about my wounds toward him. Pas cc komen gitu, aku makin mantep deh untuk nulis.

    En ternyata bener, pas nulis susaaaahhh bangett... Bisa tiba2 nangis sendiri.. Aku paksain nulis tu 2 post semalem. Soalnya gak sanggup deh kalo another day masih struggle about this. Nangis lagi.. Gak tau aer matanya dr mana, tapi banyak bangeeet.. Dan rasa sakitnya beda sama pas putus. Susah jelasinnya, tapi rasanya banyak rasa kangennya, tapi gak berdaya.. Gak nyangka bahwa kenangan sama papa, terasa sangat manis.. Justru karena terasa semakin manis, hatiku makin sedih.. Kaya I'm really grateful there are some sweet memories, but on the other hand, they were in the past.. :(

    Yup, aku percaya Tuhan akan gandengin tangan aku terus selama aku menjalani proses penyembuhan yang kali ini. Thanks ya ci!! HUUUGSSS jugaaa!!!

    BalasHapus
  14. @Ci Lisa: Iya ci, give him a call lah.. ato ya dateng ke Jakarta deh pas liburan. Jadi beli tiket Air Asianya gak usah ke KL, tapi ke Jkt. Hahaha Ci, tadinya aku pikir aku tu ga kangen papa. Tapi semalem pas nulis, gak nyangka.. ternyata aku kangen bangeeett.... :( Wah papinya cc sepertinya menjalani yg lebih sulit dari aku. Then, I must cheer up. :) Thanks ya ci untuk dukungan semangatnya!! Ayo ci, tell him you love him!!

    BalasHapus
  15. iya teph.. tq buat compliment nya *terbang ke langit ke-7*
    justru menurut gw klo nulis dgn mencurahkan hati itu lebi penting drpd dihias pernak pernik yg buat org ga dpt inti nya =) mk nya gw suka tulisan lu, tulisan team pearl magazine..^^
    yahh wanita dibentuk menjadi sesuatu yg indah lewat air mata..

    gw setuju dg yg lu blg ke c'grace yg bagian ini "en gue juga sadar, sebagai seorang ce, gue baru bener2 bisa punya HUBUNGAN yang sehat dengan co2 laen setelah hubungan gue dgn bokap gue dipulihkan." --> gw dulu kepahitan dg cowo gara2 ngeliat hub papa mama.. dan totally agree dg statement u..
    thx steph buat sharing u yg buat gw & org laen bnr2 tersentuh dan sadar ttg peran papa...
    Dan jg peran Bapa di surga yg sgt penting..
    Ia mengasihi kita lebih dari apapun.. We are precious in His eyes .. YAYY ^^
    GBU !!!

    BalasHapus
  16. tep loe tau gak sih, postingan loe ini buat air mata gw netes, really. apa lagi pas baca to papa itu.
    big hug

    BalasHapus
  17. Koq aneh ya bbrp x ngga ketauan commentnya masuk/ga di tempatmu.

    Iya Steph, uda bilang ke Papi how much i love him ^^ seminggu yg lalu papiku ultah&aq bikin special poem.

    Steph hrs truz semangat, spy orang2 lain yang masih ada Papi bisa belajar menghargai waktu kebersamaan mereka, dan menguatkan orang2 yang uda ga ada papi. Daddy Jesus still and always with us (u and me).

    BalasHapus
  18. Gunn..sedih banget bacanya.. jadi pengen nangis..T_T
    Bokap gw juga ada gula, dan dia juga masih susah disuru jaga makan.. Dan gw jg takut something bad happenned to him :(

    Semangat ya gunnn.... *peluk

    BalasHapus
  19. @Leni: iya nih makanya generasi kita, ayo bangkit!! kita berusaha menciptakan keluarga seperti yg Yesus inginkan, spy anak2 kita bisa merasakan kasihNya sejak awal. :) Ya betul! Peran Bapa di surga sangat penting, setuju banget deh!!

    @Uly: ho.. maap bikin dikau juga jadi sedih Uly.. it's a reminder to all of us.. :) Huuuggss!!!

    @Ci Lisa: oh iya ya! aku liat tu ci poem cc, tapi lom serius banget bacanya. Tar aku baca lagi deh.. Iya ci, mesti tetep semangaatt!! Ada Daddy Jesus di tengah2 kita semua. :)

    BalasHapus
  20. @Dea: peluk juga De!!! yah gimana ya bokap.. emang susah banget ngasi taunya spy dia tahan2in jaga makan.. tapi gw encourage lu untuk treasure this time De, saat lu masih bisa bareng bokap lu. Tell him u love him! :)

    BalasHapus
  21. teph... saya ampe nangis baca ini... seseorang yang sangat dekat dengan saya, ditinggalkan papanya sejak dia lahir.. tapi dengan kasih Tuhan yang begitu luarbiasa (BAPA kita), now dia bertekad u menjadi papa yang baik bagi anaknya (read : my son).. walaupun begitu saya seiring merasa ada kekosongan dalam hatinya..

    that's life dear... setiap manusia memegang dan memiliki salibnya masing2 dan kita tidak bisa memilih itu, tapi kita pasti bisa membawa salib itu, karena diberikan sesuai dengan kekuatan kita..

    BalasHapus
  22. teph terharuuu bangeed aku baca postingan kamuu yang iniiiiii T.T
    teph aku jg masih berjuang untuk punya hubungan yang baik sama papa kuu karena papa ku trlalu dingin dehhh.. bner2 ga care sama istri dan anaknya.. aku ingin punya hubungan yang baik dengan papa-kuu.. tapiii i dont know the way T.T

    BalasHapus
  23. The Lord Jesus will bring you through, darling. He is working in your heart even now. You are one step closer to the healing of your heart. =) *HUGSSSS* Love you, Tep!! =) You are in our prayers

    BalasHapus
  24. Faniii...speechless cc *sambil nelen ludah nahan tangis* mudah2an dgn fani menceritakannya,itu bs mberikan klegaan..Jangan sedih y *pelok..pelok..pelok*

    BalasHapus
  25. TOP BGT, Jamin 100%:

    1. Phanie cewe terBERANI, bahkan bila semua orang diDUNIA punya blog sebagai ID-nya, mungkin cuma 10% yang berani nulis "batu sandungannya"
    2. Banyak teman2 yang baca ini, pasti langsung bersyukur bila punya memory tentang "Daddy" nya, dan bila bertemu hmmm, gonna tell i love you my daddy
    3. Keep writting, nambah semangat hidup saya. karena apapun tulisan kamu, sering membuat saya berpikir dan merenungkan kembali hal lain yang bahkan tidak ada hubungannya dengan tulisan kamu
    4. Jadi semakin terus membiasakan kalau ditanya mau minum apa? selalu dijawab ..........tawar (maklum dijogja lupa sebut tawar sudah pasti dikasih manis)hehehehehe

    Two thumbs and smile and greatfull heart :)

    BalasHapus
  26. @Ci Sylvi: owh ci.. iya yah semoga dia bisa jadi papa yg oke!! aku dukung!! kekosongan hati yah.. well, yah bener yg cc bilang. Salib kita masing2 pas ukurannya. Pasti kuat untuk kita pikul. :) thanks ya ci.. jangan ikut nangis duoonkkss..

    @Kezia: I'm praying with u.. iya.. ayo kita punya hati yang rindu agar hubungan2 di keluarga kita makin erat. Kezia, u still have time. So, we'll figure it out!

    @Ci Shinta: HUUUGGSS jugaaa!!! love u too ci!! :)thanks doanya. iya nih, kayanya lagi diproses banget.. rasanya ni ati bener2 dikuwek2, ga ada abisnya..mantab!!

    @Ci Fifi: *pelok pelok pelok jugaa hehe iya ci. lebih lega jauuhh.. :) thanks yaa!!

    @Ko Gerry: Ko, next time pilih yg URL/name aja. Jadi bisa tulis nama koko. :) w
    1. aah.. saya belum jadi yg terberani ko. masih di proses..
    2. Ko, koko jadi telpon bokap bilang koko sayang dy? Hehe
    3. lho gimana?? kok malah mikirinnya yang ga ada hubungannya dg aku? doenk doenk doenk!!! yg berhubungan donk ko..
    4. ini opo meneh?? kok laporan kalo koko pesen minum harus selalu bilang tawar??

    BalasHapus
  27. waduh, malah ditanya balik. wkwkwkwkwk
    OK pakai URL

    BalasHapus
  28. @Amanda: HUUUUGGSS jugaaa!!
    @Ko Gerry: iya donk ditanya balik. :) jawabannya masih aku tunggu ko. :D iya enak kan jadi bisa ketik nama..

    BalasHapus
  29. terharuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!!!!!!!!! HUG HUG HUG HUG HUG YOOOOUUUUU CI FANIIIIII.....

    aku campur aduk deh bacanya.... tapi jujur sih aku jadi bersyukur masih punya papa...en hubunganku dg beliau jg sangat baik. ooh how do i love him so much much!!

    BalasHapus
  30. ci tepguuuuuuun, gile gw yg baca aje nangis... cici pas nulis gmn yah perasaannya?? :)
    so salutttt ama cici :)
    Smangat ci, papa cici juga pasti terharu banget baca tulisan cici, karena beliau pasti selalu dampingin cici :)

    BalasHapus
  31. @Louisa: HUG HUG HUG HUG HUG HUG juga Louissaaa!!!!! thanks dear!!!! wah aku pengen deh kaya kamu!!! masih punya papa dan hubungan kamu ma dia deket. Be grateful and treasure each moment Sa!! You are so blessed!! :)

    @Diana: haha pas nulis sih nangis molo. campur aduk! pas baca lagi aja matanya langsung ngembeng gitu.. Iya, semoga bener seperti yg kamu bilang ttg papa aku. Hehehe thanks yaahh!!

    BalasHapus
  32. fani...pengalamanku bnr2 spt kamu..aku juga ditinggal papa sejak th 99, sm banget klo papa sering anter jemput, usek2 jenggotnya yg baru tumbuh..he5..kadang2 pgn bangett ketemu, kangennn...gak kuat nahannya :( cm bisa curhat ama Tuhan aja..ttp kuat ya fani,cia yoo...Gbu..

    BalasHapus
  33. @Dina: Dina, kamu juga. Tetep kuat yah!! I know your pain. Kadang2 kalo inget memorinya, emang jadi gak kuat nahannya. Praying for u Din!

    BalasHapus
  34. fani, ngerti gimana rasanya nulis postingan ttg papa yg uda passed away beratnya kayak apa... aku jg kmrn itu nangis pas nyari foto buat dimasukin ke blog. i dont have many pic with him :( :( :( skrg2 ini aku ngerti prasaan org2 yg papanya uda meninggal dan lg kangen sm papanya. hugs for you!

    BalasHapus
  35. @ci Lia: iya ci.. soal foto, aku juga dikit banget. sebagian udah abis kebakaran dulu pas 1998. 2002 papa uda ga ada. dont have his pic that much. hugs juga ci! i know how u feel. be strong in the Lord yah.

    BalasHapus
  36. Halo Ci..
    sedih banget baca post an cici yang ini..
    ak new reader di blog cici, dr kemaren seharian aku ngutak ngatik post an cici hehe
    kemudian ak terdorong untuk komen di post ini karena, aku juga fatherless..
    bukan krn papa meninggal, tp krn papa cerai sama mama pas aku di perutnya mama, kurang lebih 23 taun yang lalu..
    aku juga ngerasa sepertinya aku baik2 aja tanpa papa hadir sedetikpun di hidup aku.. apalagi pas masi kecil, saat aku tanya "ma, papa mana? kenapa aku ga punya papa seperti anak2 lain?" mama selalu bilang "papa kamu di atas sana, namanya Tuhan Yesus"
    tapi baru2 ini aku menyadari, ketidakhadiran papa dlm hidup ak membuat aku ga tau caranya berhubungan dekat dengan cowo..
    aku pacaran dgn cowo yg sangat baik, lembut, prioritaskan aku.. tp ak gatau cara menghargai dia.. aku malah kasarin dia.. sampe akhirnya dia putusin aku dan aku hidup dalam penyesalan skrng ini.. ternyata sedikit banyak aku begini krn ak ga pernah ngerasain sosok papa, sosok laki2 dalam tumbuh kembangnya aku..
    duh, aku jadi nangis nulis ini semua..
    ci, kalo boleh, aku mau ngobrol2 deh sama cici hehe
    aku bisa cc hubungi di alamat email mutilovi@gmail.com atau facebook atas nama Abigail Mutiara..
    Regards,
    Mutiara

    BalasHapus
  37. @Mutiara: Hai Mutiara! Nice to know you. Kita semua belajar dr setiap relationship yang ada. Kebetulan bngt kamu nulis komen di post ini, Mutiara. Besok pas 15 tahun papa aku meninggal. Aku jadi bingung jg.. kok bisa pas begini..

    BalasHapus
  38. Hai ci, ini mutiara lagi..
    Wow, hari ini tepat 15 tahun ya ci.. pasti cici kangen banget sama papinya cici..
    aku sincia kemaren dateng k rumah papa ku ci, aku ketemu sama tante dan sepupu dari papa yang selama ini ga pernah aku tau..
    tapi kemudian, selama di rumahnya aku di ocehin sama mereka soal keburukan2 mami dan cici aku..nangis deh aku krn ngerasa ga terima mamiku di jelek2in.. hehehehe...

    BalasHapus
  39. sabar ya mutiara... tiap orang memang pasti ada kejelekannya.. termasuk mami kita.. cuma mendengarnya memang perlu kebesaran hati. skrg kan masalahnya apakah kita punya hati yg mau mengampuni org2 yg bicara begitu dan juga mengampuni mami kita sendiri? kita semua sama berdosanya di hadapan Tuhan Yesus. ga ada 1 orang pun yang layak diampuniNya. tapi toh Dia tetep milih mati di kayu salib untuk ampuni kita semua. God's grace is enough for all of us.

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^