Selasa, 22 November 2011

Smile at the Storm

Gileeeeee!!!! 2 abad apa 10 abad kali nih kaga nulis!!! Sampe bingung lho gimana caranya nulis!!! *L.E.B.A.Y :p*
Anyway, hari ini ini lagi jadwal ujian piano di Gloriamus pusat. So, ngelesinnya libur donk. Ada waktu deh buat ketik2 bentar. Hehehe

Apa yang mau di-share? Hm hm hm.... BUANYAAAAKKK!!!!!! Tapi kali ini satu dulu yah. :)

Saya baru nyadar.. ternyata jadi guru bahasa Inggris anak SD itu banyak banget kerjaan2 pecicilannya. Yang piket selama anak2 istirahat di kantin lah, piket selama anak-anak pulang sekolah (yes, guru2 mesti nungguin tu anak-anak dijemput atu2), bawain renungan , ngajarin kelas prakarya juga, nempelin pengumuman atu2 di agenda, jawabin ortu yang complain karena anaknya dapet nilai jelek, dsb dsb...

Saya sebenernya gak suka ngerjain hal-hal yang saya sebut di atas. Honestly, karena di pikiran saya di awal, saya itu kerja untuk ngajar bahasa Inggris doank. Udah. Gak ada kelas prakarya, tempel pengumuman, piket, n bawain renungan. Kerjaan saya tiap hari cuma satu: ngedumel. "Ugghh kenapa sih gw mesti tempelin pengumuman di agenda anak2??? Kayanya pas gw kelas 1 SD aja, gurunya uda suru gw nulis sendiri dah.." "Kenapa gw ngajarin kelas prakarya juga?" "Kenapa gw mesti liatin tu anak2 dijemput atu2 dan gw gak boleh koreksi ato bikin soal?" "Kok gw mesti bawain renungan? Gw bukan pendeta.."

Di tengah2 ngedumelnya saya itu, saya tetep berusaha kerjain sebaik mungkin. Dan ini salah satu berkat yang saya dapet ketika saya mencoba tetap membawakan renungan.

Saya pilih lagu With Christ in the Vessel. Temen2 inget liriknya?
Ini dia liriknya.

With Christ in the vessel we can smile at the storm
smile at the storm, smile at the storm
With Christ in the vessel we can smile at the storm
as we go sailing home
Sailing, sailing home (2x)
With Christ in the vessel we can smile at the storm

Saat itu, saya pilih lagu itu alesannya cuma 1. Ini ketiga kalinya saya bawain renungan dan lagu itu udah pernah saya pake di renungan pertama. Jadi, saya udah punya power pointnya. Yihiiii!!! Gak usah ketik lagi... Malas atau cerdik? :p

Terus, untuk bahan renungannya, saya dapet satu link yang oke dari rekan guru saya, Ms. Katrina. Webnya http://www.ebibleteacher.com/
Dari web ini, saya bisa dapetin free power point tentang cerita Alkitab dan udah ditulisin di tiap slide kita mesti ngomongnya apa. Gambarnya juga simple dan jelas. Oh! Such a help! :) Saya ambil yang cerita tentang Yesus berjalan di atas air.

Oke, datanglah harinya di mana saya mesti bawain di depan semua anak-anak dari kelas 1-6 n di depan guru2 lain. Saya gak siapin mesti ngomong apa. Saya cuma niat untuk baca doank dari yang tertulis di file itu. Tapi, tetep... saya doa dulu setiap pagi, minta Tuhan Yesus pimpin apapun yang saya kerjakan hari itu. Pantang dah melangkah keluar dari pintu rumah kaga pake doa dulu ma Tuhan Yesus. Saya percaya apa yang saya bagikan pun akhirnya merupakan tuntunan tangan Yesus sendiri.

Ini rangkuman slide2nya. (Ada juga yang versi satu per satunya. Cek langsung di websitenya ya!)


Pas ngomong ke anak-anak itu, saya cuma nambahin dikit.
Slide 1. Saya perjelas maksud Tuhan Yesus menyendiri.
Ms. Stephanie: Menurut kalian, Tuhan Yesus ngapain menyendiri? Apa yang Dia lakukan saat Dia sendirian itu?
Murid kelas 1: Berdoa!
Ms. Stephanie: Betul! (Bersyukur banget anak kelas 1 aja tau kalo Tuhan Yesus tuh lagi berdoa pas menyendiri!)

Slide 2. Saya perjelas situasi saat murid2 ada di kapal.
Ms. Stephanie: Seandainya kalian yang ada di kapal itu, dan ada angin yang saaaaaangat keras mengombang-ambingkan kapal kalian, apa yang kalian rasakan?
Murid 1: Kuatir!
Murid 2: Takut!
Murid 3: Putus asa!
Murid 4: Lelah!
Ms. Stephanie: Betuuul!! (Makin lega karena anak2 responsif dan kasi jawaban yang tepat - soalnya mereka sering suka sengaja disalah2in jawabnya kalo di kelas -.-")

Terus, saya bacain keterangannya bahwa Yesus berjalan di atas air. Murid2 ketakutan dan kira Yesus itu hantu. Tapi Tuhan Yesus nenangin mereka dan bilang, "Don't be afraid. It's just Me."

Slide 3. Saya bacakan ceritanya dan saya highlight satu kalimat.
Ms. Stephanie: Everything was going fine as long as Peter kept his eyes on Jesus. Everything was going fine as long as Peter..........??
Murid2: -hening..-
Ms. Stephanie: (nanya lagi) Everything was going fine as long as Peter..........??
Beberapa murid dengan suara yang kecil: kept his eyes on Jesus.
Ms. Stephanie: Okay. Let's see what happened after Peter only paid attention to the wind

Slide 4. Saya melanjutkan dan mengarahkan murid2 untuk perhatiin gambarnya.
Ms. Stephanie: So, what happened when he was not looking at Jesus anymore and paid attention only to the wind?
Murid2: He was drowning! He was sinking! Dia tenggelam!

Abis itu, saya melanjutkan dulu ceritanya ke slide 5 tentang Yesus menolong Petrus. Kemudian, saya baru kembali membahas poin-nya dari slide 4. Ada contekannya tuh pelajaran apa yang bisa diambil dari cerita itu. (Kan murid2 cuma liat gambarnya, notesnya cuma saya yang pegang ^^v)

Ini pelajarannya. Application may be made here that as long as we keep our eyes on Jesus and His power, we can walk over our own problems. But when we begin to focus our attention on our problems and our own power to solve them, we begin sinking in our problems.

Ms. Stephanie: Sebenarnya, setiap dari kita juga punya 'storm'. Ada 'wind that blows so hard' in our lives. Siapa yang tau apa artinya 'storm' dan 'hard wind' di sini?
Murid2: -hening lagi-
Ms. Stephanie: (kayanya gak ada yang tau nih.. gawat.. suasana sedingin es di kutub.. gak ada yg bisa jawab.. akhirnya, ada satu guru yang tau jawabannya n mendorong muridnya untuk angkat tangan n say the answer.. phew!)
Murid kelas 1: PROBLEM!
Ms. Stephanie: Bener. Jadi, kalo kita punya problem, apakah sebaiknya kita memfokuskan pandangan kita ke problem?
Murid2: No..
Ms. Stephanie: Kita harus tetap mengarahkan pandangan kita pada...
Murid2: Yesus.
Ms. Stephanie: Okay, mari kita jangan fokus ma masalah2 yang ada di hadapan kita, tapi arahkan pandangan mata kita ke Yesus. Memang masalahnya gak akan langsung selesai. Tapi, satu hal yang pasti. Sekarang kita ngadepin masalah itu gak sendiri, tapi berdua ma Yesus. Kita jalanin bareng Dia dan pasti Dia akan kasi kekuatan untuk kita melaluinya. Lalu (Ting! Tiba2 saya kepikiran ngomong kaya gini. Pasti diingetin ma Roh Kudus ^^), kalian ingat lagu yang tadi kita nyanyikan? With Christ in the vessel, we can smile at the storm. Lirik lagu itu betul. Bersama Yesus, kita bisa tersenyum pada badai dalam hidup kita. Kita bisa tersenyum pada masalah kita. Yesus pasti menolong kita.

Setelah itu, saya ajak anak2 untuk ngucapin kalimat positif bersama2: Ketika saya menghadapi masalah, saya gak mau fokus pada masalah saya. Tapi, saya mau fokuskan pandangan saya pada Tuhan Yesus. Bersama Yesus, saya bisa menghadapinya. Saya bisa tersenyum pada masalah saya.

Terakhir, saya tutup dengan doa.

Fiuh..... gilee... luar biasa... saya yang sebenernya sama sekali gak siap membawakan renungan, ternyata diberkati oleh 'renungan tanpa persiapan matang' itu sendiri. HE is working.

Thank You, God untuk menuntun Fani pilih bahan renungan itu. Ternyata firman itu juga yang Fani perlukan. Jangan fokusin pandangan Fani ke kerjaan2 Fani. Jangan ngedumel mulu, tapi lihat wajah Tuhan Yesus. Fani jadi diingetin kalo Fani gak ngejalanin ini semua sendirian, tapi ada Tuhan Yesus yang nemenin. With You, I can smile at the storm. :) Thanks Lord!

15 komentar:

  1. great job, gun! dr yg gw baca, u're capable of being a teacher! tetep smangaaattt!! :D

    BalasHapus
  2. Chindy Eka Ariesta22 November 2011 06.37

    Akhirnya tepgun kembali setelah sekian lama *ikutan lebay*. Tetap semangat yaa tep! Jadi guru itu banyak tantangannya tp u pasti bisa! Jadi inget jaman2 kita PPL dl deh. Hehehe. Keep the spirit yaa tep :) hugs*

    BalasHapus
  3. Baruuu kemarin aku buka2 blog cc, ngecek jgn2 ada post baru yg terlewatkan olehku, hahaha.. Soalnya I've been missing your writings, ci, apalagi kelas karamelnya, hihi..
    Cc semangat yaaa kerjanyaa!! I'm a helper of my church's children lecture and I LOVE it, but I'm sure that being a "real" teacher at school is a lot harder & challenging. Tetap semangat & tersenyum di dalam Tuhan ya, Ci! =)

    BalasHapus
  4. akhirnya nongol juga tulisan cici.hehehe..
    ci aku suka posting cici yg inii.hoho..
    aku merasa dikuatkan karna aku jg lagi mengalami bnyak bangeed tekanan hidup..
    rasanya pengen give up cii :(
    aku suka bangeed statement cici yg 'With You, I can smile at the storm.' bener2 buat aku sadar bahwa selama bersama Tuhan, masalah apapun sharusnya membuat kita makin kuat.. cici makasihhh =)

    BalasHapus
  5. @Fani : wahh..akhirnya muncul jg tulisan mu fan.. Daku enjoy bgt bacanya. Bener2 jleb.. Dl perasaan tiap kali nyanyi lagu itu gak berasa apa2, tp begitu baca tulisanmu, br sadar...Tanpa Tuhan kita itu gak ada apa2nya.. Tetep semangat ya :)

    @kezia : thx jg bt blog mu.. hehehe.. ^^

    BalasHapus
  6. wah, uda lama ga liat Teph nulis... hehee... *merindukan tulisan2nya Teph...

    BalasHapus
  7. Terimakasih ibu guru :)
    Sangat memberkati

    BalasHapus
  8. Faniiii, we miss youuu,,, hahahaaa,,, Post ini aku share ke temenku yang juga bergumul soal yang persis sama kaya kamu. Dia juga guru SD yang udah dua tahunan tapi tetep masih bertanya kenapa Tuhan tempatin dia disitu hehehe...

    BalasHapus
  9. Ci Faniiiiiiiii..............i really really miss you Ci..... agree with the others, tulisan ini sangat nguatin aku banget. aku lagi ada pergumulan yg membutuhkan iman besar juga, en diingetin deh kalo harus tetep liat ke Yesus ^^

    Ci, again, i miss you. pingin ketemu...

    BalasHapus
  10. Ciciii.. keren banget yang satu ini... I'm so blessed baca tulisan-tulisan cici.. tapi baru kali ini komen-komen.. luaaar biasa memang hikmat yang dari Tuhan.. Great job ci.. tetep jadi berkat lewat tulisan-tulisan en buah-buah Roh yang cici tunjukin lewat hidup cici..
    God bless u ^^

    BalasHapus
  11. @Anita: terima kasih Anitaaa!! :)

    @Chindy: jauh mendingan pas PPL Chin! Beneran dah! haha thanks supportnya!

    @Sylvia: uwiihh ada yg kangen. >.< jadi maluu.. hahaha iya dikit nih bulan ini. cuma 1 bo postingnya! nanti deh kalo aku sempet, aku update2 lagi. kelas karamel yah? haha iya, tar aku coba update juga yaaa :) makassihhh uda jadi my blog reader!!!

    BalasHapus
  12. @Kezia: ini aku jg dapet dari ppt-nya Kez.. kalo ga, gak sadar juga bisa belajar mngenai hal ini. hoho yah Tuhan memang bekerja dg caraNya sendiri. Masalah apa kez? tetep semangat di dlm Tuhan yah!

    @Fajar: sama, aku baru berasa juga kalo lagu itu sebenernya maknanya dalem banget. puji Tuhan kalo bisa jadi kekuatan utk kmu juga. :)

    @Sinta: wih.. satu lagi yg rindu.. heheh iya deh, tar coba pas liburan, daku ngeblog lagi yaa.. gimana sin si kembar?? :D

    BalasHapus
  13. @Frits: PtL!

    @Dhieta: I miss all of u too!!! :) hehe ternyata aku gak sendiri yah ngalamin pergumulan kaya gini.. :p semoga bisa ngebantu temen kmu. ^^

    @Louisa: wuaaahhh yang ini sampe pake 'really really' :D aku juga saa!! yep, looking up, liatnya ke Yesus. nanti coba yg kopdar2nya si ci Lia itu yah, aku jg update. tp bentar, tgu kelar ulangan umum dulu deh. aku puyeng kl sambil buka2 blog. :p

    @Cynz: Wahhh kalo gitu, ditunggu nih komen2 berikutnyaaa. okeee??? seneng tau kalo ada silent reader yg muncul ke permukaan. haha Cynz, itu semua kerjaan Tuhan jg kok. kalo aku sendiri mah, sebenernya berasanya buruk juga, suka kesel2/marah2 juga. apalagi belakangan ngajar d sekolah sering bngt marah2 gitu ma anak2, galak dah. anyway, just remember kalo kita semua lemah, yg bisa nguatin kt cm Yesus. nice to know u! :)

    BalasHapus
  14. Hai Steph..
    your posting was blessed me..
    waktu mau share ttg cerita itu ke anak2 udah ada kurikulum-nya ato krn kebetulan kamu punya gambar2 itu? kebetulan aq juga suka bantu2 di Sekolah Minggu, mungkin cara mengajarmu bisa menjadi inspirasi buat teman2ku yg lain.
    Thx yah... keep writing..

    BalasHapus
  15. @ikabundajoy: wah aku sebenernya bukan guru Sekolah Minggu. Itu cuma karena 1x sesi disuru bawain renungan di SD. jadi, cuma cari 1 topik doank. Mungkin bisa kamu bisa langsung masuk ke webnya aja yah.

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^