Photobucket

Kamis, 25 Agustus 2011

Papa n Caramel

Tetesan karamel keempat...

Selama kurang lebih dua bulan masuk ke kelas karamel, saya kembali menyadari satu hal. Hati saya rindu sosok papa. Papa udah gak ada sejak saya kelas 2 SMP, semester 2. Sejak saat itu, saya berjuang sendiri tanpa merasa perlu ada papa. Saya pergi sekolah dan les dianter mba. Mulai SMA,
saya pergi sekolah dan les sendiri. Kadang-kadang kalo les piano ke Manggarai sih, sesekali koko saya anterin. Tapi sebagian besar, saya ngangkot sendiri. Saya merasa diri saya seorang perempuan yang mandiri dan berani. Namun tetep ajah... Kalo pulang malem, baik dari gereja/kampus/tempat les, saya sibuk cari2 tebengan, berharap moga2 ada yang bisa ditebengin. Dagdigdug juga bow kalo harus pulang sendiri! Praise the Lord, saya besar dengan belas kasihan orang-orang yang murah hati. Banyak yang sering nawarin untuk nganterin saya pulang. God bless you all! :) Tapi, saya tau gak ada satu orang pun yang berkewajiban harus nganterin saya pulang. Saya iri kalau liat sepupu saya yang bisa telpon papanya malem2 untuk jemputin dia. Dalam hati, saya bilang, 'Kaya gitu ya rasanya punya papa... ada yang selalu jemput kalo uda malem... enak yah... ada yang jagain.'

Gak pernah nyangka, di kelas karamel ini, Mr. K bersedia latihan menjaga saya. Dia dengan sukarela nawarin untuk jemput saya sehabis saya ngelesin piano. Dan biasanya emang saya kelar kurang lebih jam 8 malem gitu, cukup berbahaya untuk pulang sendirian. Setiap kali dijemput, saya merasa aman dan nyaman. :) Di situ ada orang yang saya kenal (yaitu Mr. K sendiri) dan saya gak usah naek angkot yang panas dan hobi ngetem. Dia menawarkan keamanan dan kenyamanan untuk saya. Saya merasakan sosok seorang papa ada dalam Mr. K. Thank You, Lord, that he initiates to do so.

Biasanya juga, Mr. K selalu nawarin pegi makan dulu sebelum anterin saya sampe rumah. Dia juga bersedia latihan untuk jadi penyedia (provider) buat saya. Dia selalu memastikan bahwa saya gak telat makan dan saya cukup makannya, cos dia tau saya ada sakit mag. Sekali lagi, thank You, Lord, that he initiates to do so.

Suatu ketika, Mr. K ajak saya makan di daerah Kartini. Kalo ga salah namanya soto sapi Pak Mardun. Tempat soto itu kaki lima gitu. Lokasinya tepat di riverside, a.k.a pinggir kali. Hehehe... Orang-orang mungkin berpikir, "Nih gimana sih si Mr. K. Masa ngajak makannya di kaki lima? Gak tanggung2 lagi, kaki limanya yang di pinggir kali!" :D :D

Awalnya, saya juga sempet mikir gitu. Wkwk ^^v Tapi, selama makan itu, saya gak nyangka. Sekali lagi saya merasakan sosok papa dalam diri Mr. K. Saya ingat dulu papa sering ajak saya dan koko saya yang keempat makan soto kaki lima di depan rumah, di jalan Garuda. Makannya malem2 jam 10 atau 11 gitu. Soto ayam bening, isinya ada kentang, tomat, soun. Makannya selalu pake kecap manis dan jeruk nipis, tentu juga pake nasi sepiring. Kadang-kadang mami ngomel soalnya saya udah gendut tapi maksa nasinya harus sepiring. :p Dulu tu sering banget. Hampir 2 atau 3 hari sekali makan soto. Abis makan soto, biasanya papa masih ngajak minum jamu gitu, atau semacam telor mentah pake madu gitu deh.. Saya lupa. Kayanya juga ada dimasukin anggur gitu, terus saya dikasih minum. Pulang2 badan saya merah dan gatal2 semua. Alergi! Hahaha.. Sejak saat itu, saya gak dikasi ikutan minum itu lagi. Jadi cuman boleh liatin papa sama koko doank yang minum. :(

Back to the present. Jadi, begitu saya diajak makan soto kaki lima sama Mr. K, all the memories with my papa are all coming back to me. Memorinya datang perlahan namun pasti. I feel as if I am still my papa's little girl, cheered and loved. *padahal uda umur berapa coba? wkwk.. XD* Saya menemukan jati diri saya.

Waktu pacaran dengan yang sebelumnya, saya gak pernah diajak makan di kaki lima. Well, ada faktor ekonomi yang menunjang juga, jadi hampir selalu makannya di mall ato restoran. Awalnya saya kira saya senang, bisa makan di tempat yang bagus dan pake AC. Tapi, lama-kelamaan saya yang gak berani ngajak dia untuk makan di tempat2 kaki lima. Padahal saya dulu sering makan di tempat kaya gitu, dan saya merasa itu gak ada salahnya. Saya enjoy aja makan di kaki lima, tapi saya gak bisa berbagi momen2 itu dengannya. Sejak dulu saya melakukannya, sampe sekarang saya tetap melakukannya. I feel that is the real me. Saya dibesarkan oleh papa saya dengan cara yang seperti itu. It's not a big deal untuk makan di kaki lima. Cara dia membesarkan saya membentuk jati diri saya. Seorang Stephanie Gunawan has no problem untuk makan di kaki lima. Papanya Stephanie yang mengajarkan hal itu dan di tempat itulah saat-saat kebersamaan yang Stephanie miliki dengan papanya.

Gak nyangka Tuhan izinin saya merasakan kehadiran papa lagi, terutama juga karena terasanya dalam pribadi Mr. K. Really really unexpected! Mr. K bilang dia merasa tersanjung n terhormat bisa membuat saya inget papa saya lagi. Tentu papa adalah orang yang spesial buat saya. :) Hehe, you are blessed, Mr. K!

Tuhan Yesus, ternyata ada kaitan erat antara papaku dengan pasanganku yah? Kenapa bisa begini yah, Tuhan? It touches my deepest longing, which is... to feel a father's love. Lord Jesus, I thank You that You've given me the chance to experience this.

Lord, the future is still a mystery for us and we have been in this class for only two months. We are really new in this class. I don't know anything about the future, but I will treasure what You've given to me now. I treasure both, the caramel and the experience. Teach me to love with Your love.

19 komentar:

  1. hehehehehe, berasa ikut senang ngebaca postingan ini Step.... ^^ Kemana aja nih, kok lama gak nulis. kangen euy baca tulisanmu.

    BalasHapus
  2. @Mega: hohoho makasih yah Megaaa.. hihi. Ke sekolah Meg, jadi lum bisa adjust dg waktu kerja n blogging. Senangnya ada yg kangeniiinn... :D Sama, kangen juga nih baca2 blog kmu n yg laen. :)

    BalasHapus
  3. nah kalo baca yg ini reaksiku adalah: terharu terharu terharuuuuuu T.T

    papaku juga suka ngajak makan lesehan heheheh :p itu jauh lebih berarti daripada makan steak di resto mewah or di mall-mall....

    BalasHapus
  4. komentku yg td pagi gak masuk kah?

    BalasHapus
  5. @Louisa: oalaahh.. terharu Sa? hehe gak nyangka ada yg bereaksi begitu. oh sering makan lesehan toh? iya, emang yg penting tuh bareng papanya yah, bukan di mana tempatnya yah Sa. :)

    @Lia: gak masuk ci Lia :(

    BalasHapus
  6. @ ci lia: ci, tadi cc tinggalin komen apa? Jadi penasaran ni.. Hehe tulis lagi donk ci if u don't mind.. Hehe

    BalasHapus
  7. iya..bikin terharu steph... hehehe..
    i wish i could cherish the daddy and daughter moments too...krn aku ga pernah ngrasain itu sejak kecil...hehe..

    eniwe, happy for u n mr. K yah!!God will help u to discover many things during this class.. ^^

    BalasHapus
  8. @Yohana: Aku tau rasa rindu itu Yo... I felt that too. I pray for u that sumday u will experience those moments.*hugs*

    thanks utk supportnya Yo. Aku percaya Tuhan akan membantu. :)

    BalasHapus
  9. tephhh gw dl jg diajak mkn di warteg gt en gw seh enjoy2 aja en pacar gw blg "cewe yg bisa diajak susa yahh klo dia ga pa2 biarpun mkn nya ga di resto."
    cowo2 terkadang berpikir spt itu yaahhh hehehe

    tephhh gw sedi bacanya tiap x km post ttg papa, gw ngerti kerinduan lu :( be strong ya sistt..
    tetap jalanin kelas karamel lu, pasti ada sesuatu yg luar yg biasa.. i hope Mr K is the best person from God :) cia yooo

    BalasHapus
  10. First of all, ak mo ucapin thanks bgt utk org yg uda recommend blog ini...it's a beautiful blog;)
    I missed my dad too..and I'm happy for u coz u hav that mr.K beside u:)
    I always pray that someday..I too will hav mr.K:)
    Ak jg pnya blog...tp ga aktif..haha

    BalasHapus
  11. @Leni: haha Mr. K juga bilang gono Len. Katanya cowo2 emang punya teori ky gitu juga. :D
    Ah.. post ttg papa selalu bikin sedih ya Len? Emang sih pas nulis jg rasanya sedih.. Pdh yg ini gw uda berusaha nulisnya biasa lho. Iya nih, thanks ya utk dukungannya Len!!

    @Anonim: Hai! Boleh kenal kamu siapa namanya? jangan anonim donk. hehe semoga blog aku bisa menjadi berkat buat yg ngebacanya yah. I'm praying for u. :) Mana mana blognya? mau donk.. hehe

    BalasHapus
  12. Faniii...akhirnya nongol lg..tiap hr bukain blog fani ga nambah2, skalinya nambah uda lgs banyak..holiday make u productive:) ciayoo!!
    Senang d denger kelas karamelnya makin mantaap..brasa bisa ikut nyicipin karamelnya..so sweetttt..U deserve it, fan! God love u both :x

    BalasHapus
  13. @Ci Fifi: yo iiii... holiday makes me productive. ^^v oh ya??? berasa ikut nyicipin karamelnya?? how come?? haha tapi bagus deh kalo tetesan karamelnya bisa ada yg nyampe ke pembaca. thanks ya ci supportnya!! :x juga!!

    BalasHapus
  14. At least u masi punya kenangan indah ma bokap u tep. U masi bs inget2 kenangan itu kalo lg kgn meskipun beliau ud ga ada. To be honest, ampe skrg aja g ga tw muka bokap g kek apa, ganteng kah? pesek kek g kah? putih kah? bener2 ga ada bayangan tep coz nyokap ga pnh nunjukkin ke g foto bokap sampe tuh foto bnr2 ilang. Yg g tw adalah bokap g meninggal krn kenakalan masa muda dy *minum n ngobat* tp g pun ga tw itu bnr atw ga... yg pasti sejak g lahir mpe skrg g ga tw dy kek apa...

    Tapi tetep aja yaa Tuhan baiknya ampun2, dy ksi g orang2 yg selalu ada di samping g setiap waktu n dlm setiap momen apapun yg g alami. Terlebih lagi Tuhan ud mw menjd Bapa g yg sekalipun ga pnh ninggalin g. I feel so blessed ;)

    BalasHapus
  15. @Chindy: chin... so sorry to hear from u. tapi gw salut, lu bisa bertahan. gw jadi merasa bhw gw gak bersyukur bngt. thanks juga ya chin utk komen lu. jadi reminder buat gw bahwa dlm hal ini, ga harusnya gw ngedumel n sedih2 mulu, tapi masi ada yg bs gw syukuri. chin, huuuggss!!

    BalasHapus
  16. Hehehe. Itulah yg namanya tanggung jawab sesama saudara seiman yaitu saling menguatkan n mengingatkan tep :D *hugs back ;)

    BalasHapus
  17. heii gunn.. gw baru mampir blog lo lagi nih..makanya agak2 kaget ternyata ni posting uda ampir sebulan yg lalu yah hehehe.

    anw, blog nya so sweet deh.. gw sampe terharu bacanya.. and i learn to appreciate my father more :) simple things ternyata bisa bermakna besar yah gun..

    good luck in your caramel class.. may you have more blessing and lesson :D

    BalasHapus
  18. gun, gw nangis baca tulisan lo.. hehe.. so glad that you met Mr.K.. pray for u 2 :)

    BalasHapus
  19. @Anita: lho lho? sampe nangis nit? kan gak sedih tulisannya.. hehe thanks for ur support nit!

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^