Jumat, 01 November 2013

Satu Bahasa Kita

Saya suka banget artikel ini! Tadi nemu di Facebook dan pas baca, wah saya setuju banget!
Baca di SINI

Coba baca deh! (oiya, saya komentar sebelum membaca komentar2 lain di bawah artikel itu yaa.)

Emang sih, saya sendiri kadang-kadang suka campur2 ngomongnya. Sedikit English (jadi inget iklan 3), banyakan bahasa Indo. Hahaha. Mungkiin... yah kayanya berasa lebih pinter gituh kalo ngomong bahasa Inggris. Tapi kadang bener juga kata bu Tiza.. kata yang mau kita ucapkan gak ketemu di bahasa yang lagi kita pake.

Jadi, sekarang saya juga mau tertib ah kaya bu Tiza. Dia kan per kalimat, kalau saya maunya per acara. Kalau lagi ngajar di kelas Inggris, yah tentu harus semuanya bahasa Inggris. Kalau di kelas bahasa Indo, tentu harus semuanya bahasa Indo. Nulis blog juga gitu ah. Satu bahasa aja.

Saya sendiri bingung dengan kebijakan Pak Soeharto dulu. Sebenernya bagus gak sih diseragamin satu bahasa di seluruh tanah air? Gara-gara diseragamin, bangsa kita kalah maju sama bangsa2 lain. Bahasa Inggris gak lancar, bahasa Mandarin gak lancar.. Duh... *berasa jadi korban zaman Pak Soeharto* Saya sebel juga. Soalnya, bokap nyokap dan keluarga besar fasih ngomong Mandarin, Konghu, dan Khek. Saya? Fasih bahasa Indonesia doank. Dulu pas di-lesin Mandarin, saya sampe sempet kabur dari rumah. Kenapa? Soalnya susaaaaaahhh banget bahasa Mandarin. Dan saya merasa itu bener-bener, bener-bener GAK KEPAKE! Jadi, saya minta berenti les. Sejak ngajar di sekolah nasional plus, saya lihat wah.... ada yang bisa tiga bahasa sekaligus.. Hebat.. *saat itu baru menyesal gak bisa Mandarin*

Tapi sekarang, di saat udah zamannya bilingual, saya juga sedih. Anak2 di sekolah itu gak tau arti kata 'perpustakaan'. Mereka taunya 'library'. *jedug jedug*

Oke, jadi intinya, saya akan berusaha konsisten di satu bahasa untuk setiap momen. Saya bangga kok sama bahasa Indonesia. :) Saya mau bahasa Indonesia tetap dilestarikan. Yookk semua ikutaaann!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^