Rabu, 29 Januari 2014

Bekerja

Ada lagu sekolah minggu:

Apa yang dicari orang? Uang
Apa yang dicari orang? Uang
Apa yang dicari orang pagi siang sore malam? Uang, uang, uaaaaannggg.... bukan Tuhan Yesus

Inget gak, temen2?
Lagu sekolah  minggu yang sederhana itu, menurut saya, punya makna yang daleeemmm sekali.

Coba yah saya tanya.. Temen2 bekerja cari apa? Uang kan? Nanti uangnya bisa dipake beli makanan, beli baju, beli perhiasan, beli mobil, beli rumah, dll dll... Asal ada uang, kita bisa beli kebutuhan dan kenyamanan.. bahkan kekuasaan! Tapi, saya mau bilang... kalimat "bekerja cari uang" sebenernya bikin kita salah memaknai hidup ini. Saya akan mencoba mendaftar beberapa harapan dan pemikiran kita (atau lebih tepatnya, saya) yang sebenernya salah arah..

Kita seringkali berpikir:
Bekerja cari uang.... supaya bisa makan, jadi tetep sehat dan kuat, tetep hidup lah pokoknya
Bekerja cari uang.... supaya bisa beli baju dan perlengkapan sehari2 (sabun, baju, obat, dll)
Bekerja cari uang.... supaya bisa bayar cicilan (gadget, mobil, rumah, dll)
Bekerja cari uang.... supaya bisa bayar asuransi macem2, ya asuransi jiwa, asuransi pendidikan anak, intinya jaminan keamanan untuk masa depan
Bekerja cari uang.... supaya bisa gaya (makan di mall, beli baju baru, nongkrong di warung kopi yang harga segelas kopinya bisa buat beli sekarung beras 5 kg)
Bekerja cari uang.... supaya bisa kaya!

Intinya: I WANT MONEY!!! I NEED MONEEYY!!!! I NEED TO WORK TOTALLY HARD TO GET MONEY!!!!

Akhirnya kita banting tulang. Berangkat pagi, pulang malam. Sehat gak sehat, gak peduli.. Yang penting tetep ngantor dan gaji gak dipotong. Pulang kantor, urusin barang dagangan online. Time is money. Setiap detik diusahakan ada cash yang masuk ke account. Cring cring cring *bunyi koin2 masuk ke celengan*. YEAH BABY!! I GET MONEEYY!!!

But,




is it true? .......





Betulkah bekerja tuh.. untuk cari uang? ......





Menurut saya, secara harafiah: YES. You work, your boss pay you with money. So, yes, we work to get money.
Tapi dilihat dari makna hidup: NO. We simply don't work to get money. 

Salomo bilang..
"Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini" 
Amsal 23: 4

Ada lagi..
"Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah - sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur."
Mazmur 127: 2

Sia-sia kerja dari pagi sampe malem, dapet duit, beli roti, terus makan rotinya.. Why? Karena biasanya kita udah gak nikmat makannya.. Kita kecapean kerja, makan telat, masuk angin, eneg, makan roti pun rasanya gak napsu..

Tenang aja... Tuhan sayang sama kita. Kita bobo pun, Tuhan kasih roti untuk kita. Kaya orang Israel gitu lho.. Malem2 Tuhan kirim manna, pagi2 udah tinggal mungut. Kalau emang mau makan roti, gak usah bekerja gila-gilaan. Gak usah cari duit gila-gilaan. Gak usah repot-repot jadi kaya. Tinggalkan niat kita ini!

Kenapa siiiihhh gak boleh punya niat pengen kayaa??? Emangnya dosa???

Saya tanya dulu, sampai seberapa jauh kita pengen kaya? Kalau kita pengen kaya lebih daripada kita pengen deket sama Allah, YES, itu dosa. Kalo udah sampe kaya gitu, money is your god. Uang adalah 'allah lain' kita.

Lalu... kita kerjanya santai aja donk ya.. gak usah kerja sungguh2? Eeeiiittt... bukan berarti kita males2an lho ya.. Ini dia intinya bekerja.
Kita bekerja untuk:
  • memenuhi panggilan Allah dalam hidup kita. Yang terpanggil jadi dokter, penuhi panggilanmu.. yang terpanggil jadi guru, silakan ngajar.. yang terpanggil jadi hakim, ayoo laksanakan.. (1 Kor 12: 1-31)
  • bersungguh-sungguh memberikan yang terbaik untuk Dia (Kolose 3: 23)
  • jadi saksiNya di lingkungan kerja kita

Jadi, 'bekerja' sebenernya adalah suatu hubungan kita dengan Allah, suatu sarana yang Allah gunakan untuk membentuk kita makin serupa Dia dan juga hanya sekedar 'jasa antar' (semacam JNE atau Tiki :D) yang Ia pakai untuk mengirim berkat-Nya. Bekerja bukanlah sebuah target, bukan juga sebuah alat untuk mendapatkan lebih banyak uang. Bekerja.. is just simply to worship Him. 

Kalau melihat bekerja sebagai sarana cari uang, saya ucapin: Selamat deh! Kita pasti super cape dan lelah, dan gak bisa menikmatinya karena kita udah capeeeeee banget... badan jadi sakit, duit banyak pun dipake untuk berobat.

Lalu, apa yang harus kita cari dalam hidup ini? Balik ke lagu sekolah minggu tadi. :) Harusnya kita cari Tuhan Yesus. Read His words more, talk to Him more, spend time with Him more, love Him more *khotbah ke diri sendiri juga -.-"* 

~Oh ya, sebagai tambahan, bisa baca Pengkhotbah 5: 9-19. :) Have a nice day!

4 komentar:

  1. Fanny, sekali posting nusuk2. Bru mkir mau blik kerja biar bantuin suami cri duit. Kayak ga prcaya klo Tuhan pasti ckupin walaupun gw jd ibu RT full time. Pipi gw jdi merah krn ditampar.

    BalasHapus
  2. Konsep yg ada dipikiran manusia ttg 'Bekerja', kebanyakan yg udah nempel, Bekerja berarti menghasilkan uang.
    But, lewat kebenaran Firman Tuhan, aku semakin ngerti bekerja itu, ga selalu identik dengan uang, tapi dengan hasil iya. Hasil yang bukan selalu uang, tapi hasil yang bisa bermanfaat bagi kita , bagi pembentukan karakter kita, pertanggung jawaban kita dengan Tuhan dan yang pasti ujungnya juga untuk kemuliaan Tuhan

    BalasHapus
  3. AGREEEEEEEEE wkwwwkkwk smpe pke huruf besar semua sangking senang nya dengan postingan ini ^^

    BalasHapus
  4. Setuju! Even if we have money...we may use them, but they must not govern us. we can have them and let them go. they can be given and they can be taken away.
    Learning to live a life of the altar and the tent like Abraham did =)

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^