Selasa, 14 Desember 2010

(???) #11-15

Ini adalah lanjutan dari The Question Series yang pertama, yaitu no. 1-10. Jadi sekarang kita akan mulai dengan pertanyaan no. 11. Yuk langsung aja kita mulai!!

Pertanyaan 11, saya mau tanya pada bapak Yefta.
Hakim-hakim 11: 30-31 Lalu bernazarlah Yefta kepada Tuhan, katanya: "Jika Engkau sungguh2 menyerahkan bani Amon itu ke dalam tanganku, maka apa yang keluar dari pintu rumahku untuk menemui aku, pada waktu aku kembali dengan selamat dari bani Amon, itu akan menjadi kepunyaan Tuhan dan aku akan mempersembahkannya sebagai korban bakaran."
The question is: hmm... pak Yefta, bapak sadar kan bahwa saat itu bapak akan mempersembahkan seorang manusia? Itu tuh.. saat bapak bilang 'apa yang keluar dari pintu rumahku untuk menemui aku'... gak mungkin ada binatang yang keluar dari pintu untuk menemui bapak kan? too bad yah... yg keluar anak gadis bapak.. jadi bapak harus mempersembahkan dia sebagai korban bakaran buat Tuhan. saya menyayangkan nazar bapak yang membawa nyawa manusia. :( apa ada pemikiranku yang salah? Please tell me the whole story, pak Yefta!

Pertanyaan 12 untuk bapak Simson.
Hakim2 16: 21 Orang Filistin menangkap dia, mencungkil kedua matanya dan membawanya ke Gaza. Di situ ia dibelenggu dengan dua rantai tembaga dan pekerjaannya di penjara ialah menggiling.
Hakim2 16: 25 Ketika hati mereka riang gembira, berkatalah mereka: "Panggillah Simson untuk melawak bagi kita." Simson dipanggil dari penjara, lalu ia melawak di depan mereka, kemudian mereka menyuruh dia berdiri di antara tiang2.
The question is: Pak, saya sangat sedih mendengar kejadian yang menimpa bapak. :( Tapi, puji Tuhan, Ia tidak membiarkan hambaNya dipermalukan lebih lagi. Di akhir cerita, bapak diberi kekuatan untuk merobohkan tiang2 hingga menewaskan orang2 Filistin dlm jumlah yang besar, walaupun bapak juga ikut meninggal dalam peristiwa itu. Yang mau saya tanyakan sebenernya: bagaimana perasaan bapak terhadap ibu Delila? Masihkah ada cinta untuk wanita itu? Atau bapak jadi membenci semua perempuan?

Pertanyaan 13 untuk seorang Lewi.
Hakim2 19: 25 Tetapi orang2 itu tidak mau mendengarkan perkataannya. Lalu orang Lewi itu menangkap gundiknya dan membawanya kepada mereka ke luar, kemudian mereka bersetubuh dengan perempuan itu dan semalam-malaman mempermainkannya, sampai pagi. Barulah pada waktu fajar menyingsing mereka melepaskan perempuan itu.
Hakim2 19: 29 Sesampainya di rumah, diambilnyalah pisau, dipegangnyalah mayat gundiknya, dipotong2nya menurut tulang2nya menjadi dua belas potongan, lalu dikirimnya ke seluruh daerah orang Israel.
The question is: Bapak yang dari keturunan Lewi, I feel sorry to hear your story. :( Pasti sangat pusing waktu itu, dengan orang2 Benyamin yang menggedor2 pintu dan mau 'memakai bapak' (Hak 19:22). Apa sih artinya 'memakai bapak'? Terus, kenapa akhirnya bapak merelakan gundik bapak? Terus, bapak kok ga ngecek lebih pagian ke depan rumah? Siapa tau wanita itu masih bisa diselamatkan? Soal potong2 badannya, sebenernya saya salut juga bapak berani bertindak seperti itu. Memotong manusia jadi 12 bagian.. Mmm... the least thing I wanna do tuh.. Tapi bapak hebat, berjuang untuk mencari keadilan bagi gundik bapak itu! Salut!

Pertanyaan 14 untuk bapak Boas.
Rut 2: 8-9 Sesudah itu berkatalah Boas kepada Rut: "Dengarlah, anakku! Tidak usah engkau pergi memungut jelai ke ladang lain dan tidak usah juga engkau pergi dari sini, tetapi tetaplah dekat pengerja-pengerjaku perempuan. Lihat saja ke ladang yang sedang disabit orang itu. Ikutilah perempuan2 itu dari belakang. Sebab aku telah memesankan kepada pengerja2 lelaki jangan mengganggu engkau. Jika engkau haus, pergilah ke tempayan2 dan minumlah air yang dicedok oleh pengerja2 itu."
My question: Apakah bapak merasa mengalami cinta pada pandangan pertama pada ibu Rut? Love at first sight gituh? Hehehe.. Soalnya bapak baik banget sama ibu Rut, padahal baru denger sekilas tentang ibu Rut. Benarkah dugaan saya?:D Ciee... ehem ehem!! :p

Pertanyaan 15 untuk bapak Eli.
1 Samuel 2: 29 Mengapa engkau memandang dengan loba kepada korban sembelihan-Ku dan korban sajian-Ku, yang telah Kuperintahkan, dan mengapa engkau menghormati anak2mu lebih dari pada-Ku, sambil kamu menggemukkan dirimu dengan bagian yang terbaik dari setiap korban sajian umat-Ku Israel?
The question is: Pak Eli, negur anaknya masih takut2 ya? Ada sih di ayat 23-25 bapak menegur mereka, tapi sepertinya kurang keras yah. Bagaimana perasaan bapak saat diomelin Tuhan itu? Menyesalkah bapak? Atau bapak sudah pasrah dengan hukuman yang diberikan Tuhan itu bahwa dalam keluarga bapak tidak akan ada seorang kakek lagi, yang artinya keluarga bapak akan dimusnahkan semua?

Okaayy, post kali ini 5 pertanyaan aja yah. Soalnya abis ini bakal masuk kisah Saul n Daud. Hohoho one of my favorite stories!! Bakal seru nih kayanya The Question Series yang berikutnya! Kayanya bakalan banyak pertanyaan yang mau saya ajukan untuk nabi Samuel, raja Saul, dan raja Daud, tapi terutama untuk raja Daud niih.. :) Oh raja Daud, raja Daud, tokoh yang fenomenal! Can't wait to interview you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^