Rabu, 22 Desember 2010

(???) #16-20

Ini masih lanjutan The Question Series. Yok kita lanjutin ke pertanyaan2 berikutnya.. Post yg ini mulai dari no. 16. Mariiiii!!

Pertanyaan 16, untuk bapak nabi Samuel.
1 Samuel 3:10 Lalu datanglah TUHAN, berdiri di sana dan memanggil seperti yang sudah-sudah: "Samuel! Samuel!" Dan Samuel menjawab: "Berbicaralah, sebab hamba-Mu ini mendengar."
Pertanyaanku: Gimana perasaan bapak waktu mendengar suara TUHAN itu? Deg2an? Ato damai sejahtera? Ato gimana?? Kenapa juga di ayat 15 dikatakan bahwa bapak segan memberitahukan penglihatan itu kepada Eli? Kenapa bapak segan?

Pertanyaan ke 17, masih untuk bapak nabi Samuel.
1 Samuel 8:1 & 3 Setelah Samuel menjadi tua, diangkatnyalah anak-anaknya laki-laki menjadi hakim atas orang Israel. Tetapi anak-anaknya itu tidak hidup seperti ayahnya; mereka mengejar laba, menerima suap dan memutarbalikkan keadaan.
Pertanyaan saya: Pak, kok anak-anak bapak jadi kaya gitu? Apakah bapak sedih? Atau, kalau saya boleh tahu, gimana waktu itu bapak mendidik anak-anak bapak? Selain itu, apa saya boleh tau siapa istri bapak? Hmm.. ternyata walaupun ayahnya seorang yang mengasihi Allah, anaknya belum tentu mengasihi Allah juga yah. :(

Pertanyaan ke 18, lagi2 untuk bapak nabi Samuel.
1 Samuel 8: 5 & 6 dan berkata kepadanya: "Engkau sudah tua dan anak-anakmu tidak hidup seperti engkau; maka angkatlah sekarang seorang raja atas kami untuk memerintah kami, seperti pada segala bangsa-bangsa lain." .... perkataan itu mengesalkan Samuel, maka berdoalah Samuel kepada TUHAN.
Pertanyaan: Pak Samuel kesalnya kenapa? Saya agak bingung nih pas baca.. Kesal karena mereka ungkit2 anak2 bapak yang tidak hidup mengikuti jalan Tuhan, atau kesal karena bangsa itu menolak TUHAN yang sangat bapak kasihi (ayat 7)? May I know your reason?


Pertanyaan ke-19, untuk raja Saul.
1 Samuel 10:10 Ketika mereka sampai di Gibea dari sana, maka bertemulah ia dengan serombongan nabi; Roh Allah berkuasa atasnya dan Saul turut kepenuhan seperti nabi di tengah-tengah mereka.
Pertanyaanku: Apa rasanya pak Saul turut kepenuhan Roh Allah? Hohoho pasti magnificent ya?! Terus, bapak dibilang juga bisa bernubuat seperti nabi2 lainnya, sampai ada peribahasa: Apa Saul juga termasuk golongan nabi? (ayat 12). Hm.. seperti apa tuh waktu itu rumornya bergerak? Apa kaya gosip di zaman skrg?

Pertanyaan ke-20, kembali untuk raja Saul.
1 Samuel 13: 11-12 Tetapi kata Samuel: "Apa yang telah kau perbuat?" Jawab Saul: "Karena aku melihat rakyat itu berserak-serak meninggalkan aku dan engkau tidak datang pada waktu yang telah ditentukan, padahal orang Filistin telah berkumpul di Mikhmas, maka pikirku: Sebentar lagi orang Filistin akan menyerang aku di Gilgal, padahal aku belum memohonkan belas kasihan TUHAN; sebab itu aku memberanikan diri, lalu mempersembahkan korban bakaran."
Pertanyaan saya: Oh raja Saul, bagaimana perasaan bapak saat itu? Setelah bapak bicara gitu, kan nabi Samuel langsung bilang kalo takhta kerajaan Israel akan diberikan kepada orang lain, gimana perasaan bapak? Menyesalkah? Sedihkah bapak? Saya pas baca kaget juga sih.. Setau saya mempersembahkan korban cuman boleh dilakukan oleh nabi ato imam gitu. Jadi.. well, nasi sudah menjadi bubur. Will you tell me how you feel at that time?

to be continued...to be continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^