Senin, 01 Oktober 2012

3 Days of PMS (Part 1)

Girls, Women, apa sih perasaan yang kalian rasakan kalau lagi PMS (premenstrual syndrome)? Saya gak ngerti kenapa Tuhan ciptain kita sepaket sama PMS. Yang jelas... pada saat-saat itu saya merasa hati saya lebih mudah terguncang, shaky. Kalau ada hal yang negatif, rasanya terasaaa banget.

Contohnya hari Sabtu, Minggu, Senin kemarin, 29 & 30 September 2012, 1 Oktober 2012. Kegiatan saya tiga hari itu adalah:

Sabtu malem: pergi kondangan. Temannya Mr. K married. Di situ, saya ngobrol dengan seseorang yang baru jadi istri, kita panggil dia Mrs. P. Dia sempat hamil sebentar, namun janinnya gak berkembang. Akhirnya dia dikuret. Dia bilang sehabis dikuret jadi sering sakit, ada pendarahan di sini lah.. di sana lah.. wouuw... Saya jadi baru ngerti artinya sakit pendarahan seperti yang dialami wanita yang diceritain Alkitab (Matius 9:20-22, Markus 5:25-34, atau Lukas 8:43-48). Hah?? gile ye.. pendarahan...

Mrs. P juga cerita ada temannya, wanita, gak tau kalo dia sedang hamil. Karena satu dan lain hal, janin-nya gugur sendiri. Pas mules, dia ke kamar mandi dan ternyata dia keguguran. Pendarahan dan keluar seperti bola karet kecil.. Ternyata tu bola karet kecil adalah janinnya. Haahh?? :o oh no... Temannya itu sampai ketakutan.. Ya iya laah!! Siapa sih yang enggak??? Saya dengernya aja juga takut! Bola karet darah berisi janin... yaiks..

Anyway, saya salut sama Mrs. P soalnya dia sendiri kuat n live happily. Dia bilang itu jangan dijadiin ketakutan. Memang itu terjadi, ya udah. Mungkin waktu itu namanya pengantin baru, abis diet super ketat dan stres, tubuhnya gak siap jadi rumah untuk si bayi. Makanya bayinya gak kuat. Sekarang dia minum suplemen, vitamin, asam folat, n yang penting juga: makan! supaya tubuhnya fit. Memang jadi agak gemukan, tapi dia bilang gakpapa, yang penting sehat.

Pulang dari situ, saya kaget, shock, salut, mikir 'gimana kalo gw di posisi dia??', 'apa ntar gw juga bisa ngalamin keguguran?', 'can I handle that as well as her?', 'kok seputar kehamilan n bayi, serem banget sih?'

Hari Minggu

Pk 7 kebaktian pagi bareng Mr. K. Saya masi agak ngantuk karena hari Sabtunya pulang cukup malam. Jadi, di kebaktian, saya gak konsen. Pendetanya ngomong apa aja... sekarang saya uda lupa. Padahal baru 2 hari yang lalu. Yang saya ingat temanya aja kira2 kita diciptakan berbeda2, tapi Tuhan tetap pakai. Aih.. benar gak yah. Pas berdoa juga gak konsen. Saya malah berdoa sendiri dalam hati: "Tuhan Yesus, sori..Fani doanya gak konsen. Aduh.. pendetanya ngomong apa ya.. dia doain apa sih.. Tuhan Yesus, ampuni Fani." Kelar kebaktian, berasa bersalah karena gak bisa konsentrasi n sungguh2 ibadah. *scratch my head*

Pk 8.30 makan di kantin gereja, diajak ngobrol sama om yang duduk dekat kami. Suasananya hangat.

Pk. 9.30 kami ke studio foto untuk lihat desain album foto kami. Ada beberapa hal yang kami revisi. Pelayanan dari studio so-so. Kadang saya merasa dicuekin, tapi kadang merasa mereka kerjanya oke juga. Well, so far so good deh. Abis dari studio, kami ke tempat cincin untuk ambil cincin pesanan kami. Oh how I love those rings! Hehe :) I'll show them some other time, okay? ;) Terus, kami makan siang di Seremanis, Menteng. Oke lah makan di situ. Saya makan nasi pecel. Mr. K makan nasi soto. Kami istirahat bentar, gak lama mesti pisah masing2.

Pk. 16.00 saya sendiri rapat di sekolah musik, Mr. K pergi ke tempat lain. Rapat berjalan cukup baik.

Pk. 18.30 makan malam bersama dengan tim sekolah musik. Di situ saya ngobrol cukup panjang lebar sama ci Sylvi dan Leo, soalnya mereka yang duduk dekat saya sih. :D Anyway, saya cerita ke ci Sylvi tentang seputar anak. Dia sendiri cerita pengalaman dia, apa yang dia doakan ke Tuhan Yesus seputar anak. Gimana waktu itu belum siap, tapi percaya kalau Tuhan kasih, pasti Tuhan juga akan mempersiapkan. Pasti waktu Tuhan adalah waktu yang tepat.

Ngomongin soal rumah n apartemen juga... Gimana bisa dapet rumah, harga rumah, lokasi, etc etc... Gile, jadi grown up itu banyak yang mesti dipikirin ya.. -.-a

Ngomongin soal mami saya juga. Aih... mami saya itu jadi sering nangis. Saya cukup kepikiran juga n ikut sedih karena gak tau harus berbuat apa. Mami senang campur sedih saya mau mulai kehidupan baru. Bentar lagi dia gak punya roommate lagi, padahal kami udah jadi roommate dr tahun 2002. Sepuluh tahun bo.. Saya bakal pindah tempat tinggal, gak bareng dia lagi. Selain itu, mami juga uda gak ada aktivitas. Mami sempat bilang dia merindukan papa saya yang meninggal 10 tahun lalu. Aduh... sedih... Di satu sisi, saya yakin ini pasti lewat juga dan semua akan tetap baik2 saja. Cuma menjelang hari H kayanya situasi agak lebih emosional.. Moga2 mami bisa melalui semuanya dengan baik.

Pk. 20.00 ya ampun! Saya lupa, ini malam makan kue bulan. Oow.. mami saya di mana nih? Saya merasa bersalah karena saya lupa kasi tau mami kalau acaranya hari Minggu kemarin. :( Beberapa om dan tante saya uda ngumpul di situ. Saya ikut kongkow n makan sedikit kue bulan. Tapi, most of the time, gak tau mesti ngapain. Duduk doank sambil dengerin om-om pada ngobrol.

Pk. 21.45 mami baru pulang. Dia mandi dulu n baru ikut ngumpul. Gak lama, yang lainnya pamit pulang.

Di kamar, saya lihat mata mami sembap. Duh.. mami nangis lagi? Jangan-jangan karena saya lupa kasih tau tentang acara makan kue bulan ini. Haduuh.. my bad...

Saya tanya mami. Ternyata bukan karena saya lupa kasih tau tentang acara ini. Juga kali ini bukan mikirin saya bakal pergi n gak tinggal sama mami lagi. Kali ini, dia sedih karena habis besukin seorang mama yang bayinya baru aja meninggal. Haduh... Bayinya baru sebulan, meninggal karena di ususnya ada jamur. Lagipula memang sejak masa kehamilan dokternya uda bilang there was something wrong with the baby. Pas lahiran, katanya di-video-in. Mami lihat si bayi pas lahir itu udah kelilit ari-ari. 3 lilitan! Ari-arinya udah hitam pas operasi. Katanya dokternya benar2 lembut angkat si bayinya, lagi bertarung dengan maut! Ketarik dikit, gak bisa napas deh tu bayi n meninggal. Aih...

T.T kenapa sih beritanya begitu muluu....??? belom lama ini, selain cerita Mrs. P, teman Mrs. P, n mami saya, saya juga dengar kisah lain teman saya yang juga janinnya gak berkembang. Hhhh...... akhirnya diaborsi....

Saya gak tenang, takut, kuatir... Kenapa seputar kehamilan misterius banget? Kenapa bayinya mati mulu? Haduh... serem ya... Tapi pikir2, ada juga bayi yang sehat.. Kok ada keluarga yang kayanya oke2 aja, tapi ada juga yang harus bergumul dengan keguguran... Kok bisa begitu? ... :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^