Senin, 21 Maret 2016

Clai Mulai Doyan Makan

Pertama kali Clai mulai makan, saya pikir akan berjalan dengan lancar. Ternyata kan gagal tuh ya.. Dia hoek hoek.. kaya mau muntah gitu. Belum bisa nelen. Mukanya juga menunjukkan kalo dia tuh tersiksa disuapin makanan.

Tapi anehnya, semua mainan pengen dia masukin ke mulut. Buku dimasukin ke mulut. Sapu tangan dimasukin ke mulut. Pokoknya apaaaaaa aja yang dia lihat, dia mau masukin ke mulut. Kecuali.......
SENDOK! Dikasi sendok, dia langsung buang muka. Ah! Bisa aja si Clairine! Jadi saya berpikir: "Wah gak bisa nih disuapin dari depan terus. Kayanya dia berasa kita nyodorin sesuatu ke dia dan memaksa dia untuk nelen. Coba arah sendoknya jangan dari depan dia. Posisikan sendoknya seperti mainan/buku/sapu tangan yang dia lihat. Mungkin dia bisa masukin ke mulut juga. Sendoknya jangan dikasih makanan dulu deh. Sendok kosong aja."

So, saya gak ada di depan Clai pegangin sendok. Saya ada di mana? Di belakang dia! Aha! Clai saya pangku aja. Pas saya coba suapin, eh kena idung dia. Hahahaha... -.-" Ya iyalah yaa... Muka dia gak keliatan dengan jelas dr belakang. Jadi saya ambil cermin. Baru deh saya tawarin sendok lagi ke mulutnya. Dia mau! Hahahahahah ketipu diaaa!!! Wkwkwkw Nggak deh, gak ketipu... Tapi maksud saya. Gotcha!!! Ketemu juga triknya buat bikin dia makan! Akhirnya dia mau masukin sendok ke mulutnya dengan sukarela. Tanpa harus buang2 muka, tanpa harus jerit2 dan berontak. Dia happy tuh masukin sendoknya ke mulut. Dan ternyata sendoknya bukan sendok kosong. Mami saya udah pake sendok itu buat aduk makanan Clai. Jadi ada makanannya sedikit di situ.

Look how happy she is!


Belakangan malah dia yang nyosor sendiri. Ah... finally!

Tapi masih harus sedikit2 masukin makanannya. Kalau makanan di sendok kebanyakan, dia masih gelagapan nelennya. Malah jadi kesembur keluar. Dilanjutkan dengan Clai marah2 dan berontak lagi.

Memang dari awal Clai lahir, mami saya udah bilang, "Ni anak kalau udah ada maunya, mesti ikut maunya dia nih. Adatnya keras." Mami ngomong gitu karena Clai kalau tidur kan kepalanya miring ke kiri, mami saya geserin kepalanya ke kanan supaya gak peyang sebelah. Eh Clai langsung nengok kiri lagi. Pokoknya mau ke kiri, ya ke kiri! Hehehe Entah benar atau tidak omongan mami saya tentang adat Clai yang keras.

Yang jelas saya berasa Clai memang gak bisa dipaksa soal makan. Kalau kita suapin dia dari depan, langsung deh dia berontak. Saya mesti cari akal supaya seolah2 dia mau makan karena keinginan dia sendiri, tanpa saya paksa atau suruh2. Jadilah beberapa hari ini Clai makannya sambil ngaca. Hahahahaha *geleng2 sendiri* Anak mana coba yang makan mesti sambil ngaca. Saya pernah minta mami coba lagi suapin dari depan. Clai tetep aja buang muka.

Seiring berjalannya waktu, semoga Clai bisa segera adaptasi dengan sendok. Saya sebetulnya kuatir juga. Saya pangku gitu kan bisa aja saya terlalu menekan perut dia. Gak enak kan ya kalo kita makan, perutnya keteken gitu. Kuatir dia bakal muntah atau tersedak. Nanti kalo udah bisa duduk sendiri, semoga dia betah duduk di high chair dan mau disuapin dari depan.

8 komentar:

  1. Buntel bgt teph di claii. Lucuuu. Ayoo clai maam yg bnyk biar cpet besar dan pintarrrr.

    BalasHapus
  2. @Lasma: Iya dia minum susunya kuat Lasma. Heheh Thank u yaaa!!

    BalasHapus
  3. Memang kasih makan anak itu harus ada tricknya sendiri. Abigail juga begitu.

    Waktu minum obat dulu suka diajak becanda dulu. Jangan sampai lihat obat atau vitaminnya. Kalo kelihatan, langsung berontak.

    Untung sekarang dah bisa diajak ngerti. Kalau minum obat atau vitamin, tinggal dipanggil aja. Terus duduk dan kasih obatnya.

    BalasHapus
  4. Fan, mungkin kalo liat kaca dia liat ada tmn laen seumuran dia yg makan juga, jadi seneng deh hehe
    Gua pernah baca buku tentang infant/toddler (lupa judul nya), katanya we have to choose our battle dan kalo soal makan ga mungkin menang
    Kalo emang anaknya ga mau/suka sama makanan jangan dipaksa, yg ada nanti kita yg frustrasi
    Instead, disaranin nya minggu dpn kasih yg sama yg tadi nya dia ga mau
    Terus di introduce biar nanti lama2 dia bisa mau
    Good luck Fan!
    Clai montok banget ya, gemes liat nya! Too bad terakhir pulang jkt ga sempet ketemuan :(

    BalasHapus
  5. @Ko Alung: ternyata semua anak mesti diakalin ya. Kita yg mesti puter otak nih ko!
    @cutie pie: wah kayanya bukunya bagus tu. Masih inget judulnya? Btw ini Joan kan? Haha sorry lupa ini nickname siapa. :D oke2..mesti bersabar nih kasih makan clai. Thank u!!

    BalasHapus
  6. Alamakkkk...Clai lucu ya, hepi banget dia Step :) Aku dulu sering nyuapin adeeku yang bungsu pas kecil juga mesti ngajak dia jalan2 dulu ^^'

    BalasHapus
  7. @Mega: hehe thank u Mega!! Iya ga bisa langsung makan kaya org dewasa gt yaa

    BalasHapus
  8. Clai lucu bangeeeed. Bulet, Gemees :) makin pintar makannya yah clai

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^