Selasa, 01 Maret 2016

Mulai Makan

Clairine udah coba makan alpukat dicampur susu. Dia keliatannya gak suka deh. Mukanya sedih, jidatnya berkerut, kepalanya geleng2. Makin lama, lihat sendoknya aja dia uda mau nangis.

Ah... sekali lagi gambar yang saya pikirkan selama ini robek seketika.


Tadinya saya seneng banget Clairine udah masuk 6 bulan dan mulai makan. It means, nyusunya bakal berkurang. Jadi saya gak harus kejer target buat pompa. Tapi begitu hari pertama saya lihat Clai makan, krek krek krek... *suara kertas dirobek* Ternyata another enchanted forest yang harus dijalani. Saya baru sadar kalau makan, yang selama ini saya pikir enak, ternyata buat Clai makan tuh:
1) Susah. Dia lom bisa nelen dengan baik. Jadi dia bingung mesti gimana begitu makanannya dimasukin ke mulut dia.
2) Gak enak. Rasa apaan sih ni? Dia gak kenal berbagai rasa sehingga merasa asing dengan alpukat. Baru 2 hari ini coba alpukat. Moga2 besok ketemu makanan yang dia doyan sehingga dia lebih happy pas jam makan.
3) Menakutkan. Ditoel dikit pake sendok aja udah nangis. Dia takut ditoel lagi.

Memasuki MP-ASI ini, saya udah baca2 buku dan nonton video seminar MP-ASI dari dokter Tiwi dan dokter Klara di RS Bunda. Lumayan deh membekali saya. Saya jadi gak shock2 banget. Hal2 yang saya pelajari:
1) Suasana makan harus ceria. Kalau udah 30 menit belom habis, udahan aja sesi makannya. 
2) Tapi gak boleh berlebihan juga suasana cerianya. Gak perlu kasih pujian yang berlebihan kalo makannya habis dan jangan diomelin kalo ga habis. Well, pertama2 sih saya heboh sendiri karena seneng dia mulai makan. Tapi ternyata gak perlu selalu ditungguin dan nyemangatin Clai terus2an. Makan itu proses yang biasa. Oke deh bu dokter!
3) Bikin jadwal makan yang teratur. Selang-seling dengan jam minum susu. Saya gak ngeh kalau saya harus bikin jadwal makan Clai. Saya pikir ya nanti berjalan dengan sendirinya. Padahal mesti banyak yang disiapin dan dikerjain. Mesti ada time management.

Struggle saya saat ini:
1) Kalau gak ada mami saya, saya gimana nih masaknya? Tiap hari Minggu, saya dan Franky full time jaga Clai. Kalau Senin-Sabtu ada mami saya dan mbak yang bantu urus Clai.
2) Saya menghakimi diri saya sendiri. Ada hal-hal yang saya merasa harusnya saya udah tau, tapi tetep aja saya teryata gak tau. Merasa bodoh. *garuk2 kepala* Mesti stop menghakimi diri sendiri dan lupain aja penghakiman2 itu. Memang saya gak tau, tapi saya bisa belajar.

Semoga saya bisa melalui enchanted forest ini dengan semangat dan gak kenal kata nyerah!

4 komentar:

  1. Sebenarnya anak makan kaga susah kok. Tp kadang ide kita utk mencampur apa2 dgn susu membuat makanan jadi aneh rasanya.

    Orang tua coba dulu makanannya. Kalo enak, br kasih bayi. Abigail dl jg gitu kok. Alpukat polos tanpa campur susu. Yg penting buahnya matang dan manis.

    Jangan tambahin apa2. Apalagi gula dan garam di makanannya. Gula dan garam setelah 1 thn.

    BalasHapus
  2. Coba ci step kasih clarine makan pumpkin yang dicampur dengan susu asi. Mungkin dia suka 😀Gbu

    BalasHapus
  3. Semangat Teph. Dirimu kan baru jad Mommy, kasih ruang kegagalan buat diri sendiri ya. Teori yang diajarkan ke kita itu teori secara umum, tapi anak2 punya kekhasan masing2.

    Coba kasih buah2 yang manis2 aja dulu teph.Yang bisa diserut kayak pisang. kalau perlu dirimu ikut makan biar Clai liat Mommynya juga suka. Jadi Clai penasaran :D

    Cemungud yaaa... Semoga ada jalan keluar buat semuanya. Oh, iya... coba tumpang tangan Clai dan ajak berdoa sebelum makan. Temenku anaknya susah makan dia tumpang tangan doain, jadi lahap makannya. Mungkin dirimu perlu coba juga biar Clai lebih nyaman sama sendok :D ^^

    BalasHapus
  4. @Ko Alung: Thank u ko inputnya! Sekarang semua bacaan bilangnya dicampur asi. Gimana cobainnya kalo dicampur asi? Kalau buahnya doang, teksturnya juga terlalu kentel buat Clai. Mungkin mesti buah yang banyak airnya dulu ya.

    @Hendri: Lagi mau coba dengan labu kuning nih Hendri. Thank u ya!

    @Lasma: Thank u so much Lasma! Iya nih aku mungkin terlalu tegang ya, jadi takut salah2. Aku struggle juga karena aku gak makan buah. Haha Pisang sih aku makan ya, tp aku jarang belanja pisang. Barusan beli pisang, ternyata pisang susu. Dan kurang enak rasanya. Ah hopefully nanti makin mateng, makin manis rasanya. Thank u juga udah remind untuk doain Clai. Thank u mommy G!

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^