Senin, 31 Januari 2011

Rachmaninoff Etude op. 33 no. 7 in E-flat Major

Hello everybody!! Mungkin uda ada yang tahu juga, saya belajar musik dari kecil. Pas umur 5 tahun, mami saya daftarin saya untuk ikut kelas KMA (mungkin kepanjangannya: Kelompok Musik Anak?? hehe.. saya gak tau kepanjangannya apa -.-") di Yamaha. Alesannya apa coba? Mami bilang: "Supaya Fani ga tomboy! Soalnya kokonya banyak.. Kan kalo maen musik jadi lembut, gak kasar kaya cowo.." Hehehe.. Well.. gak tau sih ada hubungannya apa kaga. Yang jelas, sejak les pertama itu, saya seneng! Tempel2 stiker.. nyanyi2.. Pelajaran pertamanya seinget saya: mengenal garis 5 en bikin kunci G!
So hard at that time! Melingker2.. Pusing.. Tapi.. yang saya bingung, sejak pertama kali diajarin itu, ilmunya langsung nancep di kepala saya sampe hari ini! Walaupun susah ngafalin not apa di garis/spasi mana, saya ngerti sistemnya. Jadi saya ulang di rumah sendiri. En akhirnya jadi bisa. Yippie!! Di KMA itu, saya ikut ujian 4 kali. Pas ujian juga rame2, masuknya sekitar 10 anak gitu. Maennya juga bareng2, kaga sendiri2. Bingung juga, gimana jurinya tau siapa yg maen bener n siapa yg salah? Wong 10 orang maen sama2.. Nanti kalo hasil ujiannya uda keluar, gurunya bagiin kita sertifikat. Terus, 3 orang yang nilainya paling tinggi dikasih hadiah sama gurunya. So fun!!!

Setelah KMA, tiap murid diharapkan pindah ke les piano atau organ. Mengingat keadaan ekonomi, mami saya sanggupnya lesin saya organ, soalnya kalo piano, uang lesnya lebih mahal. Padahal waktu itu saya maunya les piano. :( Tapi ya sudahlah.. Masih bagus bisa les organ. So, saya mulai belajar organ pas umur 7 tahun gitu. Di rumah, saya bisa latihan pakai organ yang dikasih sama temennya mami. Orgennya jadul.. tombolnya bukan dipencet2, tapi didorong2. Kaya gini nih.. Hehe.. But I love it! :)


Pas SMP 1, saya mulai belajar piano. Yang ngajarin, temen saya sendiri, namanya Eunike Santoso. Sekarang jadi temen baik saya. Hoho.. Gile saya inget banget pertama kali ngeles, saya cuman disuruh maen tangga nada C mayor pake tangan kanan, n cuma 1 oktaf! Berapa lama? 2 jam en kaga bisaa2!!! Keterlaluan kan??!!! Bukannya saya ga tau not dan penjariannya.. Masalahnya, tiap kali jempol saya mencet, bunyinya TOENG!! Gede bangeett!! Tapi pas kelingking yg mencet, suaranya ampir gak ada.. cuman "ting..." Walaahh.. ini nih ruginya belajar organ. Touch-nya kaga rata! Soalnya di organ kalo mau ngatur gede-kecilnya suara tinggal puter2 tombol volumenya ato naik-turunin pedalnya. Sedangkan di piano, semuanya bener2 tergantung dari kekuatan jari kita. So.. saya mesti kerja keras betulin teknik saya. Makasih ya Nik mau ngajarin dengan sabaaaaarr bangett!!! :)

Tahun depannya, pas SMP 2, papa beliin saya piano!!! Yeeeaayyyy!!!!!!! My first and only piano!!! :) :) :) Jadi sejak saat itu, saya bisa latihan piano di rumah!! Lho, emang sebelumnya latian di mana? Hehe.. dulu saya latiannya di gereja, di GKI Kelinci. Tiap hari saya dateng ke sono. Pulang sekolah buru2.. terus mandi, makan, langsung jalan ke gereja, cuma buat latihan piano. Waktu itu rasanya senang sekali.. Pengen selalu cepet2 latian di gereja. Gak sabar pengen pulang sekolah n latian piano. Kalo sekarang, hmm... mesti memaksa diri sendiri kalo mau latian. Parah.. :(

Okey2.. Selanjutnya, sejak 3 SMP, saya les piano di YPM (Yayasan Pendidikan Musik) Manggarai. Saya masuk tingkat 4. Temen2 seangkatan saya tuh ya, pada banyakan anak SD semuaaa!!! Rada malu juga saat itu. Tapi ya jalanin aja deh! Masi bagus diterima, daripada sama sekali ga keterima?! Nah pas di YPM ini, setahun sekali saya harus ujian kenaikan tingkat. Biasanya, saya gak pernah ngerekam persiapan saya. Tapi, pas tingkat PK 2 (Persiapan Konservatorium 2), saya minta teman saya untuk ngerekam saya. So, this is one of the etudes I prepare for the final exam: Rachmaninoff Etude op. 33 no. 7 in E-flat Major. Ini rekamannya tahun 2007. Sekitar empat tahun lalu saya maennya kaya gini. Sebenernya ada yang lain, tapi jelek mainnya. Hahaha.. Yang ini boleh lah..

Oiya, buat yang gak tau, tingkatan di YPM tuh kira2 seperti ini:
Tingkat 1-6 (kaya SD gitu.. 6 tahun), dilanjutin sama Tingkat Persiapan Konservatorium (PK) 1-3 (kaya SMP gitu.. 3 tahun). Kayanya sebelum yg tingkat 1-6 ada lagi deh... Semacam TK-nya piano gitu.. Tapi, berhubung saya masuknya di tingkat 4, saya gak ngerti sebelum2nya ada tingkat apa aja. Setelah tingkat PK itu, selesai deh! Masih bisa sih lanjutin 1 tahun untuk jadi guru di YPM, tapi itu biasanya gak semua murid ambil. Jadi, sampe PK 3 sudah selesai n uda dapet ijazah kelulusan.

Oiya, saya juga mo klarifikasi. Saya post saya maen bukan bermaksud pamer2 ato nyombongin diri : nih... gw bisa maen piano. Bukan bukan.. Gak gitu maksud saya. Saya cuma mau membuat jurnal pribadi untuk ngecek kemajuan saya. Soalnya, kalo taro di kompie doank, tar kalo diformat ulang, bisa keapus. Di DVD, bisa ilang, lupa taro mana. Tapi, kalo taro di inet, saya bisa akses dari negara mana saja. How fun! Next question, kenapa ga taro di briefcase spy saya doank yg bisa akses? Lho, why not sharing my life with all of you, readers? I want to share my life with you. :) Lagipula, saya bisa dapet kritik n saran yang membangun kan kalo ada pendapat dari kalian? Jadi, that's why I put it in my blog.

Enjoy this Rachmaninoff Etude op. 33 no. 7 in E-flat Major! I will upload another 2 videos. Be patient yah, soalnya uploadnya lama banget! :D

video

8 komentar:

  1. ahhh keren kali kau step!!! :D

    BalasHapus
  2. hahaha thanks ci! tapi semua pujian jatahnya Tuhan. ^^ jadi pulangin semuanya ke Tuhan Yesus.. cici uda pernah denger etude yg ini??

    BalasHapus
  3. haiiiiiiiiiiissssssssssshhh.... sampe kutontonin berkali-kali nih fan... luarbiasa!

    BalasHapus
  4. ciii, lebaaaiii hahaha... ^^v thanks yah!!!

    BalasHapus
  5. fan..ini 5 taon yg lalu?? gimana skarang?? ayo post lg yg tbaru..pasti lbh ok lg mainnya..Btw yg konser besok aja di posting y pmainan fani, jd meskipun cc ga nonton tp tetep bisa nikmatin..otre otre?

    BalasHapus
  6. eh, stlh aku inget2... kayanya ini 4 taon yg lalu. haha fani edit deh post-nya. pengen sih ci post yg skrg2 ini. tapi nanti dulu deh. kalo yg konser besok, fani ga tau dapet rekamannya kapan. tar deh kalo uda ada, pasti fani post yg terbaru. hehe

    BalasHapus
  7. keren sist. sampe terkagum2 saia melihat n dengernya.

    BalasHapus
  8. @Ulay: Thanx! Aku bisa maen krn Tuhan yg ijinin aku bisa. ^^

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^