Jumat, 02 September 2011

Lanjutin Baca Yuk!

Soriii lama banget baru ngumumin. Masi inget tantangan baca Alkitab yg saya post di SINI?

Ternyata yang ikut tantangan ada 1 orang: Viryani Kho. Hehehe.. Puji Tuhan ada 1 orang yg berkomitmen. Thanks ya Ani untuk partisipasinya. So, hadiah quilling cardsnya akan saya kirim ke Leni Liem, yang tercatat ngajakin Ani. Leni, nanti daku contact kamu lebih detail yah!! :) Untuk teman2 lain yang udah bantuin nyari orang dan beberapa teman tergerak untuk ikut tapi belum mau publish comment, makasih juga yah!! Saya yakin Tuhan melihat usaha kalian. ^^ He Himself will reward you. :)

Nah, sekarang another check up! Terakhir cek itu tgl 3 Juli 2011. Dan sekarang, udah 2 SEPTEMBER 2011 boooo!!!! Udah 2 bulan berlalu!!! So so so??? Udah pada sampe mana baca Alkitab seluruhnya??

Dari saya dulu! Saya baca Alkitabnya kacaaaauuu.... Huks... sedih banget... Terakhir laporan kan sampe Keluaran 28 yah, sekarang sampe Bilangan 19. Saya merasa kemajuannya kurang banyaakkk.. gak ada passion spt dulu. Makin hari, rasanya makin susah bangun pagi. Kenapa? MAKIN MALES!!!! PARAH KAN TUUU!!! Alesan saya: bangun pagi jam 4.30 setiap hari capeee... padahal baru sampe rumah aja jam 9.30an malem.. Pokoknya maless.... Di tengah2 pikiran saya yg kaya gitu, saya baca blog ci Lia yang dia nulis bahwa dia rela bangun pagi2 demi bisa baca Alkitab pas masi ngajar di sekolah Tunas Bangsa. Kalo saya? Mana?? Awalnya doank.. Skrg uda makin jarang.. Uda gitu, makin ketampar lagi pas baca komen seseorang yang namanya Fatima Chandra. Fatima ini tinggalin komen di blog ci Lia. Dia tulis gini:

"Good posting li :-) emang kalo married semakin lama, ser2an semakin hilang dan bentuk kita mencintai itu sdh sangat berbeda. Sebenarnya sama seperti hubungan kita sm Tuhan. Wkt lahir baru, tanpa disuruh2 kita bs doa, nginjil dgn berapi-api. Tapi ketika semakin lama ikut Tuhan, kita makin butuh pengorbanan utk lakuin itu, justru dari situlah cinta kita diukur, seberapa besar kemauan kita utk tetap melakukan apapun untuk yg kita cintai meskipun situasi dan kondisi tidak seperti yang kita harapkan :-)Thanks buat tips2nya li."

Mampus dah gw... Saya gak mau berkorban bangun pagi demi punya quality time sama Tuhan. Tiap pagi cm kerjanya: Ah.. 5 menit lagi.. ehm.. 10 menit deh... 15 menit lagi masih keburu... akhirnya.... 30 menit ketiduran.. Terus buru2 mandi n baca Alkitabnya cuma 5 menit. Itu juga udah paling lama. Uedan!! Bentar lagi bakal dihajar ma Tuhan dah.. :( Saya sering bilang dalam hati kalo saya cinta ma Yesus. Tapi, begitu diukur, diuji, ternyata cinta saya gak sebesar yang saya kira. Ternyata dulu ketika saya bisa nyelesaiin baca Alkitab smua, itu tuh saya dikasih zona yang nyaman banget, yang gampang banget, ganceeeelll... Saya punya free time dari jam 8 pagi - 2 siang. Ya jelas bisa lah! Coba sekarang. Berangkat jam 5.40 pagi, pulang jam 9.30 malem. Mau gak ngalahin keinginan diri sendiri untuk tidur lebih lama??

Huaaaaaaaaaaaa saya sering kalaaaaahhhhhhhhhh..............





...





...






T.T





Ini mulai terasa sulit. Serius dah... ini makin gak gampang... Tapi, saya mau belajar! Saya mau belajar... SAYA MAU BELAJAR! God, please help me! I cannot do this by myself. I need Your help to love You. I cannot love You with my own love, with my own strength. I desperately need Your help!! I need You! Please help me, Lord...

Saya juga diingetin pas kemaren ikut retreat pemuda di GKI Samanhudi. Di satu sesi yang dibawakan oleh Pak Alex Nanlohy, saya diingatkan tentang hal-hal berikut yang membuat saya semakin mantap untuk bener2 belajar bangun pagi, demi punya quality time ma Tuhan Yesus. Ini dia...

1. Semakin sibuk hari itu, semakin lama kita harus bertelut di pagi hari itu. --> Ini omongan dari seorang bapak gereja deh kayanya.. Tapi saya gak inget siapa.. Anybody?

2. Saya harus belajar menyangkal diri. Artinya menyangkal diri: mengikuti yang Dia mau (kenali Dia lebih dalam), bukan yang aku mau (tidur lebih lama).

3. Saya harus belajar pikul salib. Orang yang pikul salib gak bakal bisa mikirin hal lain, selain mikirin tempat tujuannya, yaitu tempat kematiannya. Saat manggul salib, tu orang tau kalo dia bentar lagi bakal mati. Pikirannya gak mungkin terganggu dengan hal-hal lain seperti: "Eh tu orang lagi ngapain tuh? Harga bakso di sono berapa ya semangkoknya? Kapan jalan-jalan ke Dubai ya?" Mana sempeeeetttt... Orang yang pikul salib itu FOKUS! Hanya satu tujuannya: bukit tempat salib itu akan terpancang, di mana dia akan mati. Jadi, artinya memikul salib adalah: Tuhan Yesus minta saya FOKUS pada tujuan saya, yaitu Dia sendiri. Arahkan pandangan saya hanya kepada Yesus. Udah gak ada lagi saya, yang ada hanya Yesus. Fokuskan cinta saya, tujuan hidup saya hanya pada Yesus. Ikut Dia sampai saya MATI!

4. Saya harus mengikuti Dia. Ikut semua maunya Dia. Sekarang dikasi kesempatan jadi guru SD, ya jadi guru SD yang mencerminkan Kristus. Jadi guru piano, jadi tim majalah Pearl, jadi anak, jadi teman, jadi saudara, jadi tante, jadi apa ajaaaaaaa.... pokoknya ikut maunya Dia. Pokoknya semua yang saya kerjakan harus ikutin maunya Dia. Saya percaya kehidupan yang bebas hanya ada di dalam Yesus, di luar Yesus yang ada hanya keterikatan. Sama seperti ikan yang hidup di dalam air. Ikan bukan berarti hidup terkungkung hanya di dalam air, tetapi air-lah tempat di mana seharusnya dia hidup. Ikan bisa hidup dengan bebas jika ia berada dalam air. Saat ikan mencoba keluar dari air 'kungkungannya', justru ia akan mati. Saya bisa hidup dengan bebas jika saya berada dalam Kristus. Di luar Kristus, saya akan mati.

Matius 16: 24

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya:
Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Jadi, saya akan coba lagi, dengan kekuatan Tuhan, untuk rajin bangun pagi supaya punya quality time yang intim bareng Dia.

Back to the topic... Ini saya rangkum ya hasil check-up terakhir. :)
  1. Volare Amanda - Yesaya 25
  2. Psalm
  3. Isyana 'Dina' - Kejadian 13
  4. Ci Lisa
  5. Ci Fifi
  6. Ingrid
  7. Franky - Ayub
  8. Rifanny - Kejadian 7
  9. Leni - Hosea
  10. Sinta - Bilangan 17
  11. Eny
  12. Uly - Bilangan 16
  13. Sony
  14. Mel - Matius
  15. Febe
  16. Chindy
  17. Titut - Ulangan 31
  18. Louisa - Bilangan
  19. Viryani
  20. Eva - Keluaran 28
Sisanya, ayo updateeee!!!! Kalian udah sampe mana baca Alkitabnya??? Ayo semangat semangat!!!! \(^.^)/

Ada Lasma Frida Manullang dan Suli Yati juga yang mau ikutan. Yuks kalian berdua juga langsung update aja sekarang baca Alkitabnya udah sampe di mana. :)

GBU all!!

16 komentar:

  1. Seru juga klo ikutan ya.
    Blognya dishare juga ;D

    BalasHapus
  2. Ciciiii.. Aku 2 bulan ini pergi2 terus nih. :( Jadi ga banyak kemajuannya. Sekarang uda kelar tuh rombongan matius, markus, lukas. Kmaren lagi baja efesus dan sekarang lagi baca tesalonika. menclak menclok gini. Hahaha. Trus baru nyadar kalo di bible ku tuh ada list2 apa yang harus dibaca saat putus asa, marah, proud, ini itu.. Aku lagi coba bacain yang itu satu2 sekarang.. Jadinya sekarang lagi menclak menclok cici.. :)

    BalasHapus
  3. fanie, emang rasanya capek banget. tapi km cm butuh 40 days konsisten berjuang buat punya habits bangun lebih pagi setelah itu gak susah fan. aku juga dulu suka kecapekan soale kemana2 naek motor sendiri. tangan pegel trutama klo lagi jalan jauh dr sunter ke grogol gara2 kuliah malem. terus berjuang yaaaa......

    BalasHapus
  4. aahhh.. cicii... kemajuanku jg gak seberapa niihh. malah parah bgt. msh di Yesaya 41. Habis pusing bacanya isinya nubuatan2 melulu.. skrg malah byk baca Kejadian. soalnya skrg kan lg baca buku renungan bareng ama temen2 komsel gitu. trus di buku renungannya ada bab2 yg bahas beberapa tokoh dari Kejadian. akhirnya malah lbh byk gali disana... gak ngelanjutin Yesaya..

    BalasHapus
  5. Aq udah comment, tp ga yakin masuk, jadi comment lg ya ^^ q sampe wahyu 3 skrg, Jia you *semangatin diri sndiri*, soalnya kalo dah maw abiz biasa semangat bwat ulang dr awal, Tapi kalo uda dr awal tar jangan sampe jd males lg deh ya ---> pesan utk diri sndiri dan yg lainnya :p

    Thanks to Fanny yang uda bersedia check truz

    BalasHapus
  6. @Ladesman: ayo ikutan!! :)

    @MissHippo: hehehe menclak menclok, asal dicatet tar juga tau2 udah semua. gpp kok. pastikan dapet benang merahnya juga yah. :) God bless!

    @Lia: 40 hari yah ci? baiklah! saya akan coba gak bolos selama 40 hari di jam yang sama. iya, aku pikir cc super woman dah. masi sanggup bangun pagi pdh udah cape kuliah sampe malem. salut!

    @Amanda: ooh.. gmn kalo dibaca 2-2nya Amanda? Jadi, nyelesaiinnya tetep jalan. Gimana mnrt kmu? Tp kalo emang mau gali Kejadian dulu, itu jg oke. :)

    @Ci Lisa: iya ci, cuma komen ini yg masuk. WOW WOW WOOOOWWW!!! Bentar lagi kelar nih baca alkitab seluruhnya!!! Praise the Lord!!! Gak sabar nih nunggu cc kelar. Hehehehe ayo SEMANGAAAATTTT!!!!!! U CAN DO IT CII!!! Sama2 ci.. kita satu tubuh Kristus harus saling mendukung dan menguatkan. :)

    BalasHapus
  7. Hallo cici.. Btw, MissHippo itu mel. kmaren lupa ganti nama ya, masi pake nama blog. :)
    Hmm, sama ini pergumulannya ci. Aku ntar mulai minggu depan mulai kuliah lagi. Mulai berangkat jem 8 pulang jem 11 malem. Kapan bisa ada waktu ya buat leye2 baca alkitab?? Mau baca dijalanan pasti ga konsen, dan juga sibuk bacain textbook di jalan since ga ada waktu gitu buat belajar. Smoga bisa bangun lebih pagi buat sediain waktu. Penyakit jgua nih, kalo pagi2 suka ga bisa bangun. Makanya prefer baca sbelom bobo, cuma skrg musti diubah jam2nya.. :) semangat cici..

    BalasHapus
  8. lapor cici saya sudah sampai 1 samuel: 22
    lg dikebut mumpung msh di zona nyaman.. tp smoga speednya ga brubah wlpn zona mulai gak nyaman lg hihihi..
    semangaaaat!!! \^_^/

    BalasHapus
  9. hahaha lupa update :p aku habis dari bilangan itu udah sampe 2 Samuel. Terus pas mau masuk Raja-raja, jujur nih merasa males Ci...habis merasa sudah hapal. Terus aku loncat ke Yesaya deh, soale pingin belajar en tahu lebih dalam soal Yesaya.

    En soal pikul salib bangun pagi, BENER BANGET.... di Bandung aja susah, kadang masih suka telat bangunnya (jam 7 baru bangun gitu), apalagi pas pulkam. wuiih, itu aku bangun paling awal jam 8 T.T en baca Alkitabnya juga bolong2...parah banget dah...

    BalasHapus
  10. AKU KUTIP LG YA FAN, "Tapi ketika semakin lama ikut Tuhan, kita makin butuh pengorbanan utk lakuin itu, justru dari situlah cinta kita diukur, seberapa besar kemauan kita utk tetap melakukan apapun untuk yg kita cintai meskipun situasi dan kondisi tidak seperti yang kita harapkan"BENERAN SAYA JUGA LAGI NGERASAIN HAL YG SAMA, LAGI BERGUMUL DENGAN KESIBUKAN YG GAK ABIS2NYA, KEMALASAN SAYA UTK BANGUN PAGI....
    AKU MASIH SAMPE YOSUA 1.
    aku juga mau coba tips dari ci lia utk coba 40 hr berturut2 bangun pagi, trus scr otomatis bisa ya ci???? tapi butuh pergumulan juga nih soalnya disini dingin... semoga Dia menguatkan saya.

    thx ya fan dah sharing n ngingatin kembali :)

    BalasHapus
  11. hahahhaha aku baru bisa baca2 blog lu lg nih fan...
    gua uda KELARRRr..hihiih sebenarnya uda hampir bbrp minggu yg lalu gw uda selesai baca alkitabnya nihh.
    dan mulai baca lg tapi random..
    sama nihhh :( gw juga harus belajar ttp punya kasih mula mula yg berapi api, sekarang tuh uda mulai redup, bangun pagi baca alkitab aja uda jarang uhuhuuhuh

    dan gw jg punya masalah di waktu, yg sering buat gw kalah..
    ayo sama2 berjuang tephh...
    =)
    btw, tmn gw Wiliana spt nya ada ikutan kan prog lu..kok namanya ga da? hehe

    BalasHapus
  12. Hai Fan, namaku welly jadi pingin ikutan comment nih setelah beberapa bulan terakhir ini mengikuti perkembangan blogmu..heheeheehehheehe

    Skarang lagi baca Kitab Ibrani, nah aku itu baca Alkitabnya sesuai dengan Pembacaan Alkitab gerejaku (biasanya dalam 1 bulan 1 Kitab yg panjang, atau beberapa Kitab yg ga terlalu panjang).Biar aku selalu ingat, aku tanggalin tuh pasal2nya :D

    TAPI aku ga pernah bisa bangun pagi *hadeh*..Insomnia agak akut, jd biasanya aku lebih konsentrasi berdoa n baca Alkitab dimalam hari. (padahal Tuhan Yesus biasanya bangun pagi dan berdoa yak??)

    Lagi belajar lebih konsisten nih, semoga ga bolong-bolong :) Tengkyuu yah sdh mengingatkanku untuk lebih mencintai Firman Tuhan

    BalasHapus
  13. weleh weleehh komennya uda banyak nih... :D SIAP!! saya akan balas semuanyaaahhh!!!!

    @Mel:oh hahaha aku lupa kalo miss hippo itu kamu. wow jadwal kmu padet banget yah? jaga kesehatan juga mel. jgn sampe sakit. praying for u that u will be able to do all your tasks. semangaaatt!!!

    @Tiaravita: GLAD TO HEAR THAT!! AYO TERUSKAAANN!!! \(^.^)/

    @Louisa: hiyaa... wkwk jgn merasa udah afal ah Louisa.. pasti masih banyak yg bisa kita gali dari Alkitab, walaupun cuma 1 kitab. :) iya sa, pikul salib emang proses pembelajaran yg terus-menerus. mari sama2 kembali semangat!!

    BalasHapus
  14. @Uly: iya aku jg lagi mencoba praktekin 40 hari berturut2 bangun pagi.. tapi.. kalo sabtu minggu, jadi gagal. :o pasti bangunnya siang gitu.. :( ayo kita tetep berusaha! ci Lia, ditanya Uly tuh.. hehehe

    @Leni: HOREEEEE!!!!!! LENI UDAH KELAAARRR!!!! CIHUYYY!!!! iya, bangun pagi memang belum jd kebiasaan kita2 ya kayanya. mesti belajar bangun pagi terus nih. Wiliana yah?? oke oke aku cari. *maapkan saya* :)

    @Welly: Hai! Salam kenal! Oh uda sampe Ibrani yah. Good good!! boleh juga tu metodenya, ditanggalin pasal2nya. hehe wah.. kl insomnia, terus dipaksa bangun pagi juga, tar sama sekali ga ada waktu istirahatnya donk? Keep it balance aja Wel. Jaga hubungan pribadi ma Tuhan dan jaga kesehatan juga. Ayo sama2 lebih kenal isi hati Tuhan! :)

    BalasHapus
  15. Hahaha, makasih cici fanny. :) Iya nih, kerjaannya banyak, soalnya aku musti mondar mandir 2 kampus. Cici juga jaga kesehatan ya.. Semangat!
    Btw, aku kan busing gitu ke mana2, seru loh ci. Pagi2 bisa liatin orang2, inget muka2nya dan merenungkan aja.. Jadi lebih menghargai hidup. Hahaha. *curhat colongan*

    BalasHapus
  16. @Mel: yup semangat! :) hehe betuuull!! kalo kita naek bus, ketemu banyak orang, jadi bisa bersyukur juga utk hidup yg kita punya. guudd!! d^^b

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^