Photobucket

Sabtu, 19 Januari 2013

Pengalaman Pertama Masak

Salah satu hal yang menakutkan setelah married adalah: harus masak! Well, di bawah apartemen sih memang banyak yang jual makanan, tapi kalo beli terus, katanya... kurang sehat kan ya? Kurang sehat buat badan n kurang sehat buat kantong. Hihihi Jadi, saya berusaha untuk masak di love nest. ^^v

Saya deg2an banget mau masak. Haduh.. dari pertama siap2 beli perlengkapan kaya garam, micin, lada, kecap manis, kecap asin, gula,beras, telur, chicken nugget, kentang goreng yang frozen, minyak goreng, etc etc.. Terus beli tempatnya... seru juga pilih2 container untuk masing2 bumbu. Belom lagi siapin wajan, codet, saringan minyak, centong kuah, rice cooker, sendok, garpu, piring. Gak lupa juga beli tabung gas. Terus beli perlengkapan pembersihnya. Beli mama lemon, sabut cuci piringnya, tempat sabutnya. Waahh pokoknya mau masak sekali aja, mikirnya banyak. Siapin ini, ini, ini.. Terus itu, itu, itu...

Akhirnya tibalah hari pertama memasak. Saya pilih masak labusiam. Why? Soalnya saya doyan banget makan labusiam dari sejak saya kecil. Jadi, saya paling sering liat mbak saya masak itu di rumah. Dari ngupasnya, bersihin getahnya, motongnya,,, saya inget semuanya. Jadi, saya akan masak itu.

Then... rekor! Ngupas labusiam 1 biji sama nungguin nasi mateng di rice cooker, lamaan saya ngupas labusiam. Deehhh.... -.-" Tapi.. berhubung saya uda bangun pagi2, jadi ada cukup waktu sampe saya bisa masak labusiamnya.

Nyalain kompor.... tuang minyak.... masukin bawang putih.... terus... masukin labusiam. Lhoo... kok wajannya makin cokelat?? OOOhhh masukin aeerr!! Pas abis dimasukin aer, sisi wajan yang lain tidak menjadi cokelat. Hooo... gitu ya..  mestinya tadi lebih awal masukin aernya.. Setelah itu, nungguin labusiamnya empuk. Masukin garam, lada, dan micin. Cobain terus sampe rasanya pas. Saya gak berani sekali masukin garam, lada, micinnya banyak2. Tar over deh rasanya. Ternyata.. akhirnya mateng juga!! Yeeeaaayyy!!! Rasanya mirip sama labusiam yang saya makan sejak kecil. Horee!! Pas Franky bangun, saya minta dia cobain. Dan dia bilang: enaak!! Horeeeee!!!!!!!!!! Senengnyaaaa!!!! :D Jadi semakin termotivasi nih buat masak. ;)

Terus, di apartemen, ternyata ada temen SMA saya juga yang tinggal di sini. Si PO namanya. Saya ngobrol ma dia. Ternyata dia udah sering masak di apartemen. Dia juga belanja daging n sayur ke pasar. Setelah bikin janji, akhirnya kami berduaan ke pasar. *Gile, seumur2 pas masih bareng nyokap hampir gak pernah gw ke pasar :P* Saya udah niat mau bikin macem2, tapi yang pasti... mau bikin makanan kedoyanan Franky, yaitu sapi cah kailan!

Mami saya jelasin cara masak sapi cah kailannya. Mami bilang gini:
Fani, ni mami ajarin ya bikin sapi cah kailan. Pertama, daging sapinya dikasi garam & sagu. Remas2 bentar. Terus, tumis pake bawang putih setengah mateng aja. Begitu uda setengah mateng, angkat dagingnya. Lalu, panasin bawang putih lagi, masukin batangnya kailan. Jangan dicampur ama daunnya karena daun lebih cepet mateng. Kasih air secukupnya, jangan kebanyakan, jangan kedikitan. Nanti masukin daunnya. Tuang saus tiramnya, tambahin garam kalo masih perlu. Tapi jangan banyak2, biasanya saus tiram udah asin dan gurih. Kalo bumbunya uda, masukin lagi dagingnya. Oseng2 bentar, angkat. Jangan kelamaan. Kelamaan dikit aja, pasti dagingnya keras, gak bisa dimakan.

Wah, kata2 mami saya ulang2 mulu di kepala. Hahaha.. Ini makanan kesukaan Franky nih. Kalo sampe gagal n dia ga doyan.... ah... sedih sekali... :( So, I'll try my best.
Daannn, inilah foto sapi cah kailan saya. 


Hehe, not so bad, rite?? Dan rasanya ternyata enaakk. Dagingnya pun juga pas sekali, empuk!! Hohoho Praise the Lord. And you know what? Tiap kali mo masak, saya berdoa dulu, bilang ma Tuhan Yesus supaya bantuin saya masak yang enak. And, He always helps me to cook!! :) He is my Lord.

And, sejak masak gini, tiap hari saya coba bawain Franky bekal. Supaya dia gak bosan beli makanan di luar terus dan pastinya makanan dari rumah lebih bersih. :) Porsinya pun bisa lebih banyak. Haha. Tiap hari saya jadi bangun lebih pagi supaya keburu masak. Jadi inget ayat di Amsal 31. Ayat 15 berbunyi:

Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan.

Saya gak punya pelayan2 perempuan sih. Semuanya dikerjakan sendiri di love nest. Tapi, sekarang saya jadi mengerti kenapa perempuan di Amsal 31 bangun pagi. Ternyata dia masak untuk seisi rumahnya, dan itu adalah hal yang SANGAT PENTING! Kalo bukan dia yang siapin, seisi rumah bisa kelaperan, lalu jatuh sakit. Dulu, saya pikir saya gak bakal bisa bangun pagi kaya dia, apalagi menyediakan makanan untuk seisi rumah! Masak aja hampir gak pernah! Tapi... kenyataannya sekarang saya juga bangun pagi2 untuk masak, mikirin Franky kalo bisa jangan sampe kelaperan, dan kalo bisa dia enjoy saat2 makannya. Jadi, makanannya harus yang enak dan dia suka. Porsinya juga jangan sampe kurang. Kalo laper, bakal masuk angin.

Wahh saya berasa banget ini sih kalo bukan Yesus yang bantuin, gak bakal bisa deh. Dia ajak saya berpikir betapa pentingnya masak bagi keluarga. Dia ajak saya bangun pagi. Sate dulu, baru siapin makanan. Puji Tuhan ternyata saya bisa melakukannya. En hasilnya pun.. boleh laahh.. Franky aja kaget ternyata saya masaknya lumayan enak. (Saya aja kaget, apalagi dia??.. -.-a Mungkin cuma Tuhan Yesus yang gak kaget.. :D Hahaha)

Anyway, saya mulai menikmati masak-memasak ini. Masih harus banyak belajar nih. Kalo uda meletuk2 minyaknya, saya uda serem dah. Hahahaha Mulai sekarang, baru merasa perlu liat2 blog berisi resep. Biasanya saya gak bacain. Hoo... :D Semangaaatt!!

15 komentar:

  1. Wonderful submit with plenty of wonderful content! I guess you may be on the appropriate way. All the best .
    Earthmoving Parts-Kerala

    BalasHapus
  2. Huaaaaaaaaa.... have fun yah fani... :D Seneng deh baca ginian, rasanya jadi ga inget kalo dulu pernah pengen batal nikah yah^^

    BalasHapus
  3. @Ay: thank you

    @Dhieta: hahahaha iya gak inget deehh.. ;) Thank u dukungannya Dit! ^^

    BalasHapus
  4. Smangaaad yaa cici.hehehe. bentar lagi bakal kaya ci Lia to Ci cella nehh. upload2 foto makanan :p

    BalasHapus
  5. Semangat yaah!
    Jadi ngalah2in diriku yang udah 10 tahun nikah masih blon bisa masak hihi...

    BalasHapus
  6. Baca resepmu di atas Step, jadi ingat omku bilang prinsip chinese food, bwg uptih kudu ada, gak pernah tu pakai wang merah,hehehehehe. Seamangat Stepppp, aku juga belajar masak tiap hari buat seisi rumahku lu (tapi daku sendirian di rumah, hahahahhaha)

    BalasHapus
  7. iya tep stuju ma komen dhieta haha.. bener2 yah segala sst itu harus one step at a time.. hehe.. seru yah sepertinya dan pastinya hepi banget :D

    BalasHapus
  8. jiayo teph... jd skrg km jadi ibu rumah tangga ya teph? masi tetep ngajar kan??
    ntar pasti ud bisa ciptakan resep2 makanan enak kyk istri2 laen =)

    BalasHapus
  9. @Kezia:haha thank u kez! Mungkin kali yahh upload2 foto makanan. Lom terpikir bener sih, but we'll see. Hehehe

    @Miss ki: Miss!! Masa sih lom bisa?? Kayanya tiap hari cerita masak ini-itu n belanja di superindo deh. Daku juga beginner bangeet. Masi ada juga yang gagal. Hahahah

    @Mega: yups! harus ada bawang putihnya. Jadi, pasti selalu beli bawang putih lebih banyak daripada bawang merah. :D Mega megaa hahaha hebat lho kamu. Sendiri tapi masak juga. Rata2 orang kan pada males ya kalo sendiri harus masak, paling beli aja. Tapi aku salut sama kmu. Teruskan Meg. Tar kalo uda berkeluarga, gak kagok kaya aku nih kalau mau masak. ^^b

    @Ani: Yap! One step at a time. Happy kok ani, walaupun tetep ada perjuangannya. :)

    @Leni: gak ibu rumah tangga juga sih di KTP.. wkwk tetep guru gitu. Cuma kalau senin n kamis murid gw dikit, jadi stay di love nest seharian. Amin amin, moga2 bisa deh ciptain resep sendiri. Hihi

    @

    BalasHapus
  10. habis ini sharing kuliner jg aja fan :)), siapa tau kawan2 disini bisa saling tukar resep :P.

    BalasHapus
  11. Tooossss, Stephanie...Kita sama. Aku sampe diledekin Mama : dulu ga ngerti tuh jenis beras, sekarang jadi ngerti. Seru juga ya kalo mikirin menu hari ini apa ya, besok apa ya. Hahahahaha...Semangaaaat...

    BalasHapus
  12. wah gara2 baca blog post yg ini jadi musti siap2 belajar masak ni... kalo ga ntar abis merid bisa2 ga masak terus... :p

    BalasHapus
  13. Chindy Eka Ariesta12 Juli 2013 pukul 07.22

    berarti memang benar yaa kata pepatah. menangkan dulu perut pria, nanti hatinya pasti ikut. hahahaha. btw gw catet yaa tep resep sapi cah kailannya. boleh dung icip2 masakan u sesekali :p

    BalasHapus
  14. @Chindy: dari perut naek ke hati. :P gitu ye pepatahnya Chin? Silakan dicatet. yups, tar kalo mampir, bisa deehh hahaha

    BalasHapus
  15. Kalau masak pertamaku setelah married sih sama sekali nggak mendebarkan. Orang udah biasa masak sebelumnya. Tapi tetap ada perasaan berbeda masak buat suami dan masak buat orang lain. Ada letupan emosi yang tak terjelaskan aja kalau suami bilang "masakanmu enak..." :)

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^