Senin, 06 Juni 2011

Mulai Semangat!

Setelah saya ceritain perasaan saya tentang kerjaan baru saya, banyak banget temen2 yang kasih encouragement dan benerin perspektif saya tentang anak SD. Saya bener2 bersyukur!! Rasanya hati jadi lebih ringan, gak terbeban seperti awalnya.

Sekarang saya tahu apa yang harus saya kerjakan di sekolahan nanti, berkat komentar2 kalian. Thanks ya!

Kata ci Eva Yuan:
Wahh.... ngajar anak SD apalagi yg masih kelas 3 en 4 itu menyenangkan kok ^^
Mereka bener2 dalam proses pembentukan karakter dan juga kebiasaan lho^^ selama masa2 ini, kalo mereka tidak dididik dengan benar, besar kemungkinannya, mereka akan bertumbuh ke arah yg salah.
... dan beri teladan! kalo kita bilang ga boleh A! artinya kita sendiri ya jgn lakuin A!

Wah! Saya jadi bertekad! Kalo gitu saya harus nanemin hal-hal yang positif dan jadi teladan! Saya salah satu pembentuk karakter mereka nih!

Kata ci Grace Suryani:
your students will make you fall in love with them ... jadi guru sekolah itu steph, salah satu proses pembentukan Tuhan yang paling bagus! loe bakal belajar jadi sangat organized, belajar konsisten dgn ucapan loe (your word will be the 'rule' in the class),belajar teliti, belajar adil, belajar banyaaakkk banget. ... sekali loe bisa bikin mereka dengerin elu, apalagi kalo loe bisa bikin mereka penasaraann WAAHH rasanya kayak terbang ke langit!! ... disayang ortu murid ... ngomong ama anak SD, ngga usah dibuat2 kok. biasa aja. just be yourself ... they'll love you. :D

Okay, saya bakal siapin 'my rules in the class.' Tapi apa yah? ANY IDEA?? Saya kok kepikirannya 'jangan buang sampah sembarangan'? -.-" Terus, idealisme itu juga yang udah lama gak saya pegang: organized, teliti, adil.. Kalo Tuhan mau bentuk saya supaya lebih organized, teliti, adil melalui cara ini, hayuk lah Tuhan! Siaaappp!!! Mengenai performa saya di kelas, bikin mereka penasaran, hmm.. saya harus puter otak nih!! Mesti liat medan perang, jangan sampe yang saya kira mereka belum tahu, malahan mereka udah tau! Bisa garing duech! Lalu, ngomongnya gak usah dibuat2. Fiiuuuhhh super duper lega! I can be myself. Yipppeee!! Baiklah! Saya akan ngomong seperti biasanya. :) Kalo disayang ortu murid, wah.. ini sih semoga aja deh! Moga-moga anak2nya berasa Miss Stephanie is a good teacher, jadi mereka laporin yang oke2 mengenai their new homeroom teacher ke mami papinya. Hihihi *cari muka banget sich??!!* :P

Kata Leni Liem:
memang agak ribet ya tp mereka jau lebi taat dibanding anak SMU gt... uda kelas 2-4 SD ga mungkin lha ngompol di celana, pasti mrk ngomong dech.. kcuali guru nya galak, ga berani ijin ke toilet *jd inget wkt SD ga berani ke toilet gara2 gurunya galak* ... gw tunggu poto anak2 nya ^__^

Well well, ini sangat melegakan!!! Saya kira kerjaan saya termasuk nemenin mereka ke WC n cebokin. T.T gak siaaapp.... Tapi ternyata gak begitu. Bagus deh! :) Terus, saya gak mau jadi guru segalak gurunya Leni. Masa sampe pada gak berani ke toilet? Tar pada kena kencing batu! Nanti saya sesuaikan dengan peraturan sekolah deh mengenai izin ke WC. Tapi yang pasti, saya mau jadi guru yang tegas, bukan yang galak. Setuju?
Foto2nya gak janji yaaahh temans!! Kita liat nanti deecchhh...

Kata ci Shinta:
You get to set a godly example for your students! and remember Jesus said, "Let the little children come to me, and do not hinder them, for the kingdom of heaven belongs to such as these." You as a teacher have a lot of chances to bring them to Christ, darling =)

Hiyaaa!! Ini penting banget!!! Harus menunjukkan karakter Kristus bagi murid2 nanti! Ini bakal jadi ayat pegangan selama setahun ngajar ini! Matius 19:14. NOTED!! Thanks juga untuk link2nya ci Shinta!

Kata Mel:
mereka tuh lebih taat sama gurunya daripada orang rumahnya..

Yang ini sih bener banget! Dulu saya juga lebih percaya kata ibu guru daripada kata mami. Yang lebih seru, dulu mami saya pernah bilang ibu wali kelas koko saya tuh gak cakep. Eh koko saya nangis lho!! Wkwk gak rela banget wali kelasnya dibilang jelek.. Well, berarti anak-anak itu adore banget yah sama gurunya. Mereka percaya semua yang ibu guru bilang. Apa yang saya bilang ke mereka kemungkinan besar akan mereka telan bulat-bulat. So, saya harus perhatiin bener apa yang saya ucapkan. Saya harus pastikan setiap kata2 saya membangun mereka!

Kata Mega, Dian, Kezia, ci Lisa dan Margaretha:
Tuhan pasti punya rencana dengan menempatkan saya di sini. Dia mau membentuk saya dan pasti Dia akan dimuliakan. So, I must have faith! Let His will be done! Saya akan berusaha!! Thanks temans!!

Kata Uly:
give thanks ga pake tapi

Okeee Uly!!! Iyaaahh aku mesti belajar bersyukur without excuse!!! Thanks for reminding me!! :)

Kata Volare Amanda & Viryani:
(Volare) Mungkin Tuhan lagi nyiapin cici buat merid. hihihihi... jd dideketin ama anak2 kecil..
(Viryani) yahh teph anggep aja sekalian belajar jadi mama yg baik ;p

Hehehehehehe........ Bisa jadi Manda, Ani! :) Thanks for your precious thoughts!

Setelah mendapat masukan2 dari kalian semua, saya jadi mulai semangat! My spirit is awaken!! *Lho?? Apa coba? Hahaha* Saya merasa dipanggil untuk bekerja di sini supaya bisa belajar jadi teladan bagi sesama, belajar makin serupa Kristus, dan belajar masuk ke dunia anak SD.

13 komentar:

  1. namaku disebut ohohohooo.
    iya tep loe mesti semangat, semangat, semangat =)),
    Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang (Ams 17:22)

    BalasHapus
  2. tep gue seneng lu dah mulai semangat.. gue yakin bs dicintai n mencintai murid lu d nanti. haha..
    gue setuju bgt ama komen volare n viryani.
    nanti share ya di blog

    BalasHapus
  3. @Uly: thanks Uly!! Iya donk namamu disebut! Hehe
    @Sharon: amin shar! moga2 emang gw bisa mencintai dan dicintai murid gw. uhuk uhuk! amanda, ani, ada yg setuju tuh ma komen kalian! :)

    BalasHapus
  4. semangatt gunn!!!!! :D

    BalasHapus
  5. haha... ada namaku di sebut.. yg pertama lagi :p *apaan seh, ga penting*
    bagus deh kalo Fani jadi semangat.. saran rules in the class selain jangan buang sampah sembarangan.. always say thanks for somebody who help u and say you're welcome for those who say thanks. juga sorry, no problem, excuse me, can I.....*manner* rapikan barang/bangku setelah dipakai. tapi ya itu.. kita sendiri mesti kasih contoh ngomong hal2 tsb en melakukan hal2 tsb, kalo ga, dengan polosnya mereka akan protes.. hahaha...
    Contohnya di les2an tempatku, ada rule: no handphone in the class.. dan mereka take it super duper "literally".. pas liat aku bawa hp *padal gak dipake telpon, cm cek kamus* langsung pada protes.. hehehe....

    BalasHapus
  6. @Ci Eva: hahaha iya donk soalnya komen cc enlightening me banget! Wah masukannya sangat practical! Okey thanks ci! Aku akan coba berlakukan hal itu juga di kelasku nanti. hahaha rule no handphone tnyt anak2 nangkepnya gitu ya? ehm.. kalo ga bawa hp ke kelas, tar dicolong di ruang guru lagi? *parno*

    BalasHapus
  7. hahaha.... gak semua kayak gitu lah.. cuman kalo ke kelas, sebaiknya masukin tas/kotak pensil yg gede yang muat.. pokoknya supaya hp nya ga kliatan mereka.. hehehe..

    BalasHapus
  8. iyee jgn jadi guru galak ya,,harus jd guru idola yg dsayang murid murid hihiih
    so,kpn mulai ngajar steph?/
    seneng liat km mulai semangat dg job yg uda dkasi Tuhan..
    Lakukan yg terbaik, Tuhan akan memberikan jg yg terbaik buat km,,
    ciayo steph..mwahhhh

    BalasHapus
  9. @Ci Eva: berarti aku mesti beli tempat pensil baru nih. haha

    @Leni: nanti 11 Juli hari pertama sekolah Len. Kmrn tu udah ukur seragam, dikasih kalender akademik, contoh Lesson Plan n Semester Plan. Jadi skrg liburan udah dapet pr bikin LP dan SP deh. hehe Haduhh kamu baik sekali kasih semangat gitu banyak ke aku!! Thanks yaaa!!! Mwwaahh jugaa!!!

    BalasHapus
  10. wakaka komen gw yg sebaris masuk juga.. aduh malu *apasigajelas

    BalasHapus
  11. Kata Mel:
    mereka tuh lebih taat sama gurunya daripada orang rumahnya..

    ini gw setuju juga.. bener banget teph. lu inget ga si dulu cerita tentang poepeye makan bayem jadi kuat. jadilah gw minta makan bayem terus sama mak gw selama semingguan wkwkwk. kalo dipikir2 konyoll juga..

    BalasHapus
  12. @Ani: hahah lu tuh ada2 aja ya. lucu banget dulu rajin makan bayem gara2 popeye. wkwk tapi bagus. tu kartun bikin lu doyan makan sayur. :)

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^