Kamis, 19 Agustus 2010

Lady in Waiting Ch. 4

Kita sudah sampai bab 4!! :) Untuk baca yg sebelumnya, silakan buka di Lady in Waiting Ch. 3

Bab 4. Wanita yang Penuh Kebajikan.

Hmm.. wanita yang penuh kebajikan.. Apa artinya kebajikan?? Kebajikan adalah perbuatan2 baik yang dilakukan bagi orang lain dengan tulus. Contoh yang diambil di bab ini adalah tokoh Ribka (isterinya Ishak). Ribka.. perempuan yang cantik dan penuh kebaikan. Bayangin doonkk.. Ribka itu lagi menjaga domba2 ayahnya saat ketemu hamba Abraham. Apa kerjaan Ribka? Jagain domba!!! Dan dia kerja full time sebagai penjaga domba!! Sempet gak dia manicure ato pedicure? Sempet gak dia pake lipstick? Sempet gak dia ngurusin rambut? Ngga sempet! Lagian, yg liat cuman domba2. Hahaha.. Gak jelas juga kalo dia dandan cantik2 di depan domba2nya. Tapi, dr cerita ini, dijelaskan bahwa Ribka adalah seorang pekerja yang rajin. Gak cuma itu, dia pun ramah pada orang asing. Ribka memberi minum ke hambanya Abraham. Sekali lagi, gak cuma itu.. Ribka juga nawarin utk kasih minum semua unta2nya, bahkan akhirnya nawarin jerami untuk unta2 dan tempat bermalam bagi hamba Abraham itu. Dia pemurah hati sekali ya.. Satu hal yang sangat penting: Ribka gak ngerjain itu semua karena dia pengen dapet perhatian seorang cowo. Dia bahkan gak tau apa maksud kedatangan hamba Abraham ke situ. Ribka gak manipulatif, berbuat baik karena pengen dapet sesuatu. So, ayo belajar dari teladan Ribka untuk rajin melakukan perbuatan baik ke semua orang tanpa punya maksud2 tertentu di balik perbuatan baik kita!

Pertanyaan selanjutnya, kenapa perlu berlatih berbuat baik ke semua orang? Karenaaa.. itu adalah salah satu ciri seorang putri surgawi!! Putri kerajaan sorga!! Para perempuan, kalian mau gak jadi putri surgawi?? Kita semua pasti bermimpi menikah dengan seorang pangeran kaann.. kaya di dongeng2 itu lho. Nah, kalo mo married sama seorang pangeran, kita juga harus jadi seorang putri dulu!! Baru bisa deh married sama seorang pangeran. :) Nah, kembangkanlah kualitas seorang putri surgawi yang gak hanya terlihat cantik di mata manusia, tapi juga terlihat cantik di mata Allah. Tuhan Yesus pasti akan membantumu menjadi seorang putri cantik. Saat Anda mengarahkan perhatian Anda untuk mengembangkan karakter ilahi, Kristus akan mengubahmu menjadi putri cantik sebagaimana telah Ia rencanakan pada saat Ia menciptakanmu. (p. 62).

Jadi ada dua cara untuk membuat pria memperhatikanmu. Cara yang pertama, "jebakan indah sebuah tubuh", yaitu dengan mendapatkan perhatiannya lewat penampilan lahiriahmu. Cara kedua yaitu karena sang perempuan dikagumi karena karakternya yang saleh. (p. 65-66; dg penyesuaian nih kalimat2nya..). Kita, perempuan, seringkali sibuk mempercantik penampilan luar kita sampai lupa mempercantik jiwa kita. Memang cowo2 bakal banyak yg nengok ngeliatin wajah kita yang cantik. Saya sendiri pernah mengalaminya. Saya tau kapan saya merasa cantik dan kapan saya merasa kurang cantik. Pas cantik, pasti ada aja yg komen: "wah, tepgun cantik.." atau "gw suka penampilan lo hari ini" atau "lo keliatan berbeda hari ini gun!" dst.. Tau gak kapan mrk ngomong hal itu? Itu cuman terjadi saat saya pake baju baru, plus pake make up, plus abis catok/blow rambut! Hahahaha.. bukannya saya gak seneng sih. I really appreciate those compliments. Tapi, saat saya gak make up, yg ada orang nanya: "lo sakit ya? kok pucet banget?" -.-" Kalo lagi pake baju lama n rambut cuma diiket ke belakang, org gak ada yg muji2. :D Hmm... bener2 cuman sesaat doank saya cantiknya. Hanya saat bermake-up, rambut bak model iklan sampo, n pake baju baru!! Sisanya, I'm just another girl. :p Nah, terbukti kan penampilan lahiriah sangatlah sementara.. Nanti kalo kita married sm cowo yg cuma demen sm penampilan luar kita, gimana saat kita tua? Saat kita jadi peyot, bungkuk, kulit berkeriput, rambut putih ato rontok, ngompol, gak bisa lihat, gak bisa jalan, dsb.. Bisa diduga cintanya pun pergi seiring dg kepergian kulit muda kita yang menawan. Seperti Ishak tertarik pada karakter saleh Ribka, demikianlah Boas tertarik pada kesalehan Rut. Jika Ribka dan Rut belum mengembangkan karakter ilahi sebelum memasuki pernikahan, akankah Ishak dan Boas tertarik pada mereka? Bisa saja. Tetapi itu hanya akan bertahan untuk sementara waktu karena dalam pernikahan, pria dan wanita yang asli akan muncul. (p. 65).

Di bab 4 ini juga ada tes untuk membantu kita melihat kita termasuk perempuan yang penuh kebajikan atau perempuan yang mengandalkan tubuh yang indah. Silakan dicoba sendiri, teman2.. ^^

Nah, ini ada kalimat yang bagus. Ciri-ciri yang ditampilkan oleh Rut dan Ribka tidaklah datang dari toko perhiasan; tidak juga diaktifkan pada hari di mana seseorang memasangkan cincin pertunangan di jarimu. Kebajikan dikembangkan lewat suatu masa tertentu saat Anda mengizinkan Roh Kudus melakukan suatu pekerjaan istimewa di dalam hidupmu. (p. 67). Salah satu cara untuk memastikan apakah kita sedang bersikap manipulatif (cari2 perhatian dari seorang cowo) atau tidak, pastikan yang kita lakukan ke teman cowo, juga kita lakukan ke teman cewe kita. Misalnya, bikin puding. Jangan bikinin puding ke seorang cowo kalo kita gak pernah bikin puding untuk temen2 cewe kita. Jelas sekali ada maksud tersembunyi di balik puding itu. Pengen dibilang jago masak yah?? Ato mo dibilang: baik yah dia bikinin puding.. ?? Ato malah maunya: wah dia pinter nih, cocok kalo jadi istri gw!! Hehehe... tapi, kalo kita uda sering bikin puding buat semua orang, pasti kalo ada cowo yg nerima, pasti dia mikirnya: ooo emang dia sering bagi2 puding.. gak cuman gw kok yg dikasih, cowo2 laen jg dapet, semua cewe jg dapet.. Dia gak mikir macem2. Kita pun yg cewe2 gak perlu mikir aneh2. Jadi, berbuat baiknya jangan ada maksud2 tersembunyi. Okeehh??!! Let's be sincere in everything we do.

Anyway, di akhir post ini, saya juga mau memberi masukan buat para cowo. Saya tau cowo2 tuh lemah banget di mata (pengalaman karena punya empat koko... ^^v). Cewe yg cantik penampilan luarnya pasti bisa langsung dapet perhatian kalian, dan mungkin mereka yg ada di prioritas utama untuk ditelp/sms/chat n kemudian diajak kencan. Tapi, hati2lah para pria. Gak semua cewe yg cantik di luar, cantik juga dalemnya. Remember, we are your helpers. Kalo cewenya (baca: penolongnya) kaga bener, gimana nasib cowonya (baca: yg ditolongin). Satu kalimat bagus yg saya baca di ODB: A woman's interest in theology ought to be the first thing to catch a man's eye. Her theology suddenly matters when a man is facing a crisis and she is the only one around to offer encouragement.

Jadi, baik yg cewe maupun yg cowo, kembangkanlah karakter2 ilahi di dalam diri kita, tentunya bukan dengan kekuatan kita sendiri, tapi dengan kekuatan dari Tuhan Yesus sendiri! Semangaaat!!!

2 komentar:

  1. gun..thanks banget nih udah direview bukunya.. gw jg dah direkomen buku ini sm bbrp orang, tp blom sempet2 beli dan baca haha.. tp karena ada reviewan lo ini gw bisa tau intinya tanpa perlu baa smuanya deh hihihi..thanks a lot and keep reviewing! :D

    BalasHapus
  2. dea, justru gw tulis supaya pada baca bukunya. mo promosi ni buku bagus banget. ini malah lo jadi gak perlu baca bukunya ya.. hohoho sebaiknya tetep baca bukunya langsung dea. banyak juga yg kaga gw tulis. lagian, itu kan kalimat2 yg kena ke gw. mungkin buat lo ada bagian2 lain yg cocok buat lo. ^^b anyway, thanks banget uda baca blog gw!! ^^ i will keep reviewing the book!!

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^