Minggu, 22 Mei 2011

Pria Penyelamat

Selama ini saya selalu melihat kaum pria sebagai kaum yang buruk. Mereka tuh gak perlu ada di dunia. Buat apa sih ada kaum cowo? Mereka bisanya cuman jadi jerks. Saya sampe mikir.. Ngapain sih Tuhan ciptain pria? Pria itu kaum lemah! Buktinya mereka butuh penolong (kaum cewe)! Di mana-mana yang nolongin itu pasti lebih hebat daripada yang ditolongin. Ya gak? Artinya: cewe lebih hebat daripada cowo. ^^v Yang cewe2 setujuuu??? Setujuuuu!!!!

Eeehhh, jangaaaaannn!!! Jangan setujuuuu!!! Pemikiran saya tu ngawuuurr!!!

Pemikiran saya mulai berubah ketika saya baca tulisan Michael Stoltzfus, suaminya ci Lia Yuliana, di SINI. Saya termenung pas baca kalimat ini:

Thank you for the example that you gave to me as a husband
by loving your bride, the church.

Michael bilang bahwa Allah telah memberi teladan kepadanya untuk menjadi seorang suami, yaitu dengan mengasihi gerejaNya. Lho lho lho? Wait a minute... Kenapa contohnya dikasih ke kaum cowo? Berarti kedudukan Michael sama dengan kedudukan Allah donk? Lalu di kepala saya berputarlah kalimat yang saya udah sering denger bahwa hubungan suami istri adalah sebagaimana hubungan Kristus dengan jemaatNya. Kristus adalah suami, jemaat adalah istri. Dari situ saya berpikir: Kok cowo dapet kedudukan keren bangeeeeetttt??? Masa dia disetarain sama Kristus??? Katanya cewe yang penolong, tapi kok cowo yang dapet kedudukan seperti Kristus??? Aneehh!!!

Sejak saat itu, saya mulai berpikir. Mungkin cowo bukan diciptakan untuk jadi jerks. Mungkin mereka bukan kaum lemah yang selalu perlu pertolongan dari kaum hawa (baik mamanya ataupun istrinya). Lalu, mereka diciptakan untuk apa? Kenapa kedudukan mereka malah disetarakan dengan Kristus?

Saya baca buku Wild at Heart - Discovering the Secret of a Man's Soul yang ditulis oleh John Eldredge. Dari situ saya belajar tentang citra Allah yang diberikan pada kaum pria. Tapi sebelumnya saya mau review sedikit tentang wanita. Wanita membawa karakter2 Allah sebagai berikut:
  1. Kemurnian/kesucian/kekudusan - Allah itu suci/kudus (Imamat 19:2, 1 Yohanes 3:3). That's why kita merasa sangat kotor/tidak suci kalau sampai free sex.
  2. Kelembutan - Allah adalah Allah yang lembut (Matius 11:29). Jelas lah ya.. wanita uda sepantasnya lembut. Kalo cowo yg lembut, bisa2 diragukan kemaskulinannya.
  3. Keindahan - Allah memiliki keindahan yang sulit kita lukiskan dengan kata2, dan tentang hal ini ayat dalam terjemahan bahasa Inggris bisa menyampaikan dengan lebih tepat (Psalm 24:7). This is exactly our part! Beauty belongs to women. Kalo cowo ada yang cantik, lhooo?? Semua pasti berasa dia bukan cowo kan..
Sedangkan pria membawa karakter2 Allah sebagai berikut:
  1. Keberanian - karakter ini ditunjukkan Allah di Ayub 39:19-25
  2. Kekuatan - karakter ini banyak dijelaskan oleh Raja Daud, salah satunya di Mazmur 29.
  3. Memberi perlindungan - Mazmur 10, 11, 31.
  4. Penyelamat - Yesus adalah Juru Selamat kita! Titus 2:13.

Wow wow wow!!! Ternyata cowo2 dapet bagian karakter Allah yang luar biasa!! Gile yeh!! Cowo2 terpanggil untuk menjadi pribadi yang berani, yang kuat, yang bisa melindungi, dan menyelamatkan! Macho bo!! Maskulin abis!! Jantan!! ^^b

Tiga karakter yang pertama (keberanian, kekuatan, perlindungan) sebenarnya mendukung karakter yang terakhir: penyelamat. Wuiihh.. cowo jadi si penyelamat. The rescuer!! Savior!! Ci Sinta juga uda ngebahas soal cowo itu jadi penyelamat di tulisannya yang INI.

Efesus 5: 23
karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

Kristus menyelamatkan tubuhNya, yaitu jemaatNya. Ini kita mengerti kan? Maksudnya Kristus mati di kayu salib untuk menebus kita, supaya kita gak disalib, supaya kita dapat kehidupan kekal. Nah, kalo suami menyelamatkan istrinya. Maksudnya apa??

Yuk kita mengingat2 cerita Disney.. Intinya semua sama. Sang pangeran berjuang membebaskan putri yang tertawan di sebuah menara yang dijaga oleh seekor naga yang menakutkan. Pangerannya berjuang dengan gagah berani and finally... naganya kalah. Woohhooo!! Kini sang pangeran dan putri bisa bersatu dan menjalani kehidupan berdua selamanya. :) What do you think? Is it just a fairy tale? Or is it a true story? Dulu saya percaya it's only a fairy tale, tapi sekarang saya punya pemahaman baru. Actually, the story is very real! Bahkan sangat nyata bagi kehidupan setiap perempuan dan pria!

Sebenarnya, setiap perempuan zaman sekarang memang tinggal di sebuah menara. Menara itu dibangun berdasarkan kebohongan dan luka hati yang disampaikan oleh iblis. Iblis tahu bahwa setiap wanita rindu untuk merasa cantik, dicintai, diinginkan, dilindungi dan diperjuangkan. Jadi, untuk melukai wanita secara mendasar (to her core identity), iblis membuat setiap wanita menjalani kehidupan untuk mempercayai kebohongannya. Sejak kita masih gadis kecil, ia membuat kita percaya bahwa papa bukanlah seorang papa yang oke. Papa gak pernah bilang kita cantik, gak pernah melindungi kita, gak pernah peduli sama kita, gak pernah sayang kita. Mungkin pengalaman teman2 berbeda dengan yang saya tulis (actually they are not exactly what I think of my father.. Later, I'll tell you! ^^), tapi intinya we, women, have our own wounds toward our fathers. Ketika menginjak masa remaja, kita mencoba mencari semua yang tidak kita dapatkan dari papa kita melalui pacar kita. Tapi somehow, kita putus. Blugh! Rasanya kepala kita kaya ditimpa karung beras. Shock, speechless, can't help ourselves. Akhirnya kita sampai pada sebuah kesimpulan: Nobody wants me. Nobody loves me. Nobody will fight for me. I am too ugly and not worthy. Guys are jerks. Kesimpulan inilah menara kebohongan kita. Kita terkurung di dalamnya.

Di sinilah para pria memainkan perannya sebagai penyelamat. Mereka punya privilege untuk berperang melawan naga, merobohkan menara itu dan membebaskan sang wanita yang terkurung bertahun2 lamanya. Sadarilah bahwa pertempuran ini adalah pertempuran rohani. Kalian gak akan benar2 menemukan wujud naga di depan kalian, tapi kalian akan menemukan banyak pemikiran2 negatif yang bermunculan di hati wanita. Wanita sulit percaya bahwa ia cantik, diinginkan, layak diperjuangkan dan dilindungi. Itulah naga2 yang kalian hadapi! Patahkan kebohongan iblis di hati wanita itu! Men are meant to say these to women: "You are beautiful. You are desired. You will be protected. There is someone here who will fight for you." Pria, tugasmulah untuk berjuang meruntuhkan menara kebohongan yang didirikan iblis di dalam hati setiap perempuan. Sama seperti Kristus menyelamatkan tubuh, demikianlah pria (suami) menyelamatkan wanita (istri).

See guys? Kalian benar2 memiliki sebuah panggilan istimewa untuk menjalankan peran seperti Kristus. Penyelamat! Sekali lagi, P-E-N-Y-E-L-A-M-A-T! Ingat, musuh yang kalian hadapi bukan perempuan itu sendiri, tapi iblis yang sudah mendirikan menaranya di dalam hatinya. Jadi, kalahkan iblis itu! Perangi dengan cinta kasih Kristus! Katakan pada iblis: "Hei blis, udah jangan bohongi perempuan itu lagi! Ada kok yang mengasihinya. Ada yang merasa bahwa dia cantik. Ada yang akan melindunginya. Ada yang menginginkannya. Ada yang akan berjuang untuknya! Siapa? SAYA! Dengan kasih saya, blis? Kaga, tapi dengan KASIH KRISTUS!!" Mantaaabb.. d^^b Oiya, one more thing! Guys, kalian juga punya hak istimewa untuk melakukan pertempuran ini seumur hidup! Bukan berarti ketika kalian udah married, then the war is over. NO, IT'S NOT! You are still in the war! Kalo kalian lengah, iblis akan mencoba lagi membangun menaranya. Jangan kasih dia membangun menaranya lagi! So, you have the adventure for the rest of your life! Fight the devil until you die! Interesting right?!

Ketika saya menyadari hal ini, saya bener2 WOW... ternyata laki2 dapat jatah yang luar biasaaa... Mereka bukan diciptakan untuk jadi jerks ataupun sekedar kaum lemah yang butuh pertolongan mulu. Mereka adalah makhluk yang terpanggil untuk merefleksikan pribadi Kristus at His highest calling: A SAVIOR. Sekali lagi, mantaaabb.. d^^b

34 komentar:

  1. bagus gunn :D keren!! harusnya cowo-cowo baca postingan lo yg ini ya, jadi menyadari panggilan dan tanggung jawabnya hihihihihi

    BalasHapus
  2. teppppppppp kerennnnn manteppppp
    suka banget pas bagian kamu sambungin sama fairytale hehe.. aku suka bgt disney2 princess..
    mantepppp deh kerenn :) really bless me alot. thanksss ya

    BalasHapus
  3. tep love it, ^_^
    ak share yach

    BalasHapus
  4. wowww nice sharing again =)
    yapp setuju kdg2 kita sering terkurung di dlm jeratan si iblis yg trus intimidasi kejelekan kita & reminder our past :(
    tp skali lg "kita itu berharga makanya Dia rela mati utk kita"
    dan peranan cowo emank harus menyelamatkan cewe dari intimidasi si iblis dgn mengasihi sang cewek & menjaga kekudusan hubungan.. YAYY ^^

    BalasHapus
  5. bagus tep. :) terus bertumbuh en Tuhan bakal bukakan lebih banyak lagi hal2 yg amazing :D

    btw kemaren gue juga lagi baca2 wild at heart en bru ngeh satu hal.

    ada hal2 yg TIDAK BISA dilakukan oleh ibu ... a mom can't make a boy a man. only his father can do that ... en bahkan a mom can't make a girl a lady, again only her father can do that. :)

    gue baru sadar itu ketika baca yg gmana proses anak laki2 menjadi pria itu pasti butuh campur tangan ayahnya atau pria2 laen. en gue juga sadar, sebagai seorang ce, gue baru bener2 bisa punya HUBUNGAN yang sehat dengan co2 laen setelah hubungan gue dgn bokap gue dipulihkan. :) co itu punya peran sangat penting di mata Allah steph ... en jangan kuatir, God has prepared a few man after His own heart even in this sinful world :D

    BalasHapus
  6. keren ciii.. aq share yah..

    BalasHapus
  7. @Dea: thanks De! Kalo gitu, dishare donk, biar temen2 cowo lo bisa pada baca juga. Hahaha
    @Viryani: Ur welcome Vir! Iyah, gw juga suka disney story. :)
    @Uly: silakan..
    @Leni: yak betul Len!! Setuju setuju!! :)

    BalasHapus
  8. @Ci Grace: iya ci! Bener banget! Aku juga jadi sadar pas baca itu. "a mom can't make a boy a man. only his father can do that ... en bahkan a mom can't make a girl a lady, again only her father can do that" Makanya... ketika iblis merusak citra pria, sehingga pria2 gak ngerti bagaimana caranya menjadi true gentlemen, rusak deh seluruh generasi. :( Ternyata luar biasa banget peran yang Allah kasih untuk kaum pria.

    Hm.. hubungan dengan bokap dipulihkan yah.. bagian ini masih belajar ni ci. Tapi betul yg cc bilang. Tuhan bakal bukakan lebih banyak lagi hal2 yg amazing untuk aku.

    Yep yep, aku percaya Allah masih membentuk pria2 yang memiliki karakterNya. :) Coba semua pria di dunia memiliki karakterNya. Wah dunia indah deh ya?? Hehehe

    @Amanda: Monggo..

    BalasHapus
  9. gunn.. yg plg gw inget dr wild at heart itu juga crita cowo g nyelamatin putri dr menara.. hehe.. berkesan bgt...

    btw, gw pny kotbah John Piper ttg hub cewe-cowo sebelum dan sesudah kejatuhan... bgs dehh.. mau ga? formatnya mp3 gt..

    BalasHapus
  10. @Aniet: hooo.. iya bagus ya tentang nyelametin putri itu. :) Eh boleh juga tuh John Piper.. btw, dengerinnya bareng2 aja yuks? Soalnya tar gw ngantuk kalo sendirian.. Hahaha

    BalasHapus
  11. Step,lu sadar ato kaga,di blog atas..lu nulis guys=jerks sampe 3 kali...!!Wakakaka...kalo di bola,itu udah sampe hattrick kalee! Ha3.segitu parahkah pria dimata lu Step?huahhaha....Oke,berhubung udah diatas jam 12 malem,gw dukung lo dah.. :D

    BalasHapus
  12. @Herman: hahahaha gw gak itungin sih man.. sampe 3 kali ye? Ya, rasanya dulu segitu parah man. Tapi kan di post ini gw uda bisa liat nilai positifnya. :D Jadi udah ga separah itu lagi lah. Emang hattrick apaan sih? Man, kalo gak di atas jam 12 malem, lo ga dukung gw? Tetep dukung gw donk.. Haha

    BalasHapus
  13. keren2...tau gak suamiku bilang apa?? betul itu..yg kalimat Grace..only a man that can make a boy become man..setujuh!!

    BalasHapus
  14. @Anonim: Halo ini siapa? Do you want to introduce urself? Heheh iya bener tuh kalimat ci Grace. Tar aku cari ah di bukunya, di halaman berapa. Jadi penasaran. :D

    BalasHapus
  15. Rifanny Grace24 Mei 2011 19.58

    wiss keren tep... ^^d
    cowo2 musti baca juga nich... hehehe...

    BalasHapus
  16. @Rifanny: hehe kalo gitu dishare donk fan.. haha

    BalasHapus
  17. Ohh..kalo hattrick tu pemain bola ngegolin 3 gol dalam satu pertandingan Step.Oya,gw harusnya revisi kalimat gw ha3,bener kata2 lu...itu kan "dulu",sekarang sudah diperbaharui :) Seppp...!!

    BalasHapus
  18. @Herman: ooo gitu.. hahahah ada2 aja lu. Iya betul, itu kan "dulu", skarang udah diperbaharui. ^^b

    BalasHapus
  19. Nih comment lg, krn comment nya kmrn ga masuk :p
    Iya gw suka banget sama ilustrasi princess di dalam puri yang dijaga naga, dan akhirnya diselamatkan prince (Bayangin Jesus juga gitu buat kita ya?So sweet...hehehe...)
    Kayaknya postingan x ini perlu dibaca juga sama smua cowo&suami2 di seluruh dunia, ini kalimat fave gw:
    "Bukan berarti ketika kalian udah married, then the war is over. NO IT'S NOT!You are still in the war!" *cool*

    BalasHapus
  20. @Ci Lisa: horeeee!!! Asik cc komen lagii!! Iya keren yah Tuhan Yesus bawa2 pedang gitu, terus loncat n lari ngalahin naga. :) :) Kalo gitu dishare donk ci, biar lebih banyak yang baca. :D

    Iya, betul. Kadang2 cowo lupa. Mereka pikir kalo udah married, berarti mrk udah memenangkan hati cewenya. Tapi gak sadar kalo iblis masih terus waspada dan berusaha menipu kita terus tiap hari. Pokoknya sekuat tenaga bikin rumah tangga jadi ribut mulu deh, sampe masing2 gak berasa dikasihi lagi. Biasanya sadarnya, pas uda saling merasa jauuuuhhhh banget.. :( Tiba2 ngeh, kok gw kaya gak kenal pasangan gw sama sekali yah? Maybe it won't be too late untuk memulihkan hubungannya saat itu, tapi kalo kita udah sadar dari sekarang, kan kita bisa antisipasi menghadapi serangan2 si iblis. Ya ga ci?? ^^

    BalasHapus
  21. diana wangsa25 Mei 2011 03.09

    :)
    ci tepgun, aku ijin share yaaa.. :)

    BalasHapus
  22. heheh steph kalimat mom can't make a boy a man. only his father can do that kayaknya ngga ada di bukunya deh hehee kalimat di bukunya ngga direct begitu, itu intisari yang gue ambil dari apa yg gue baca. :P

    en u know what pas gue share ke tepen apa yang gue baca, dia keliatan seneng. :P kayaknya posisi co2 di dalam keluarga, terutama keluarga asia itu banyak mengalami degradasi. waktu anak masih kecil, masih bayi, mereka ngga 'dibiasakan' spend time sama anak mereka. gue sering bgt ngeliat di indo, ada pasangan suami istri bawa baby, kalo digendong suaminya, babynya nangis, apa yang dilakukan si ibu? cepet2 AMBIL ANAKNYA dari suaminya. ganti popok, mandiin tugas istri en kalo suami nyuapin dibilang berantakan ... >.<

    that's make a gap between a father and their children ... en sebagian salah si ibu, yg merasa suaminya ngga bisa lakukan itu sebaik dia. akhrinya she take over everything. sehingga sangat mungkin setelah anaknya dewasa, ayahnya jadi mikir tugas dia cuman kerja en pay the bills ... anak itu urusan istri ...

    but pas gue sadar, as a mom i can bring them to this world, but I CAN'T give them identity, itu kasih kesempatan buat daddy utk step in lebih banyak. :))

    BalasHapus
  23. GEdebek-gedebek-gedebek.... "Dengan kekuatan bulan... akan melindungimu!!"

    BalasHapus
  24. Dian Wanandi26 Mei 2011 01.17

    bagus, gun..Cowo2 harus pada baca nih..biar mrk sadar fungsi yg Tuhan tetapin utk mrk..

    BalasHapus
  25. @Ci Grace: oooo gak ada ya kalimat begitu. Soalnya aku rasanya emang pernah baca gitu. Hahaha
    maap2, ternyata ide orisinil. :D betul banget tuh kalimat terakhir! kita ga bisa kasih identitas, so emang para bokap SANGAT PERLU spend time sama anaknya. agree!! itu yg ibu2 di Indo, tugas kita deh untuk ingetin... hehehe

    @Macho-man: Sailormoon!!

    @Dian: thanks Dian! dishare donk ah! :p

    BalasHapus
  26. aduuuuh aku ketinggalan blog2 bagus banyak banget neeeeh T____T

    wawaawawawaawawawwawawaawawa Ci Step tulisanmu MUANTAP ABISSSS....

    n buat Ci grace, commentmu itu benar2 sesuatu yg sangat baru buatku. bahwa a mom can't make a boy a man. only his father can do that....woaaaaa.

    ci Step izin share yaaah hehehe....thx a lot C...

    BalasHapus
  27. Shalom....

    Haha, menarik isinya tentang cowo dan cewe. Dari isi tulisannya kayaknya sakit ati banget ama cowo yagh :). Ow ya, ilustrasi pangeran menyelamatkan putri itu pas banget loh.. dan dragon itu kan sama dengan Satan... jadi pas sekali ya... anyway Thx ya buat tulisannya :)

    GBu

    BalasHapus
  28. @Louisa: silakan dishare Sa! Praise the Lord kalo bisa memberkati! :)

    @Hendri: hahaha ya sepertinya dulu saya begitu. God is healing me step by step. :) Oh iya ya? Dragon itu sama dengan Satan? Kayanya dulu pernah denger sih..hehe okey!! Ur welcome!! Be blessed!!

    BalasHapus
  29. @stephanie : iya naga itu sama dengan satan... hmm ada di kitab ayub and wahyu. Ah..... nanti aku coba ketik deh di blog aku tentang si naga. btw ini blog aku www.thousandsthanks.blogspot.com Jalan2 kesana yagh...
    Semoga hatinya bisa cepat sembuh ya... GBU

    BalasHapus
  30. @Hendri: ooh okey2! thanks ya! ditunggu tulisannya ttg naga ini. :) Yup, nanti aku mampir ke situ. Thanks for the support! GBU2!

    BalasHapus
  31. Shalom ...

    Ini ada sedikit corat-coret tentang si naga...
    http://thousandsthanks.blogspot.com/2011/05/mitos-tentang-naga.html

    GBU

    BalasHapus
  32. @Hendri: Shalom! Ok, thanks link-nya! Daku segera mampir!

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^