Photobucket

Jumat, 27 Mei 2011

Kerjaan Baru

Sekarang update dari saya! Sebenernya selama ini saya pengen lanjutin sekolah lagi. Ceritanya mau S2 Piano Performance di Amrik. Widih widih... mimpinya tinggi bo!! :P Dana gak ada.. Kemampuan juga blum sampe.. Tapi saya coba aja ah! Jadi saya les selama 2,5 tahun untuk siapin bahan2 recordingnya. Desember 2010 saya kirim DVD dan semua surat yang diminta. Abis itu, nunggu.. nunggunya lama bo!! Selama nunggu, saya jadi susah bergerak. Mau cari kerja freelance, gak dapet2. Nambahin murid piano yang sekarang (buat yang gak tau, profesi saya itu guru piano), tar kalo dapet ke Amrik, mesti lepasin lagi. Gak enak lah baru ngajar bentar, saya suruh muridnya pindah guru. Jadi, selama beberapa bulan saya rada luntang-lantung.. gak jelas mau ngapain di hidup ini.

Beberapa hari lalu, saya dapet kabar dr Amrik. Saya gak diterima S2 di sana. :( Ada 80 orang yang daftar, tapi space yang ada cuma untuk 12 orang. Huks.. Saya sadar diri sih. Saya maennya belum kaya di youtube2 gitu. Review dari guru saya pun membantu saya untuk bisa ngukur, keterima apa ngga. Dan ukuran saya bener sih, kaga keterima. Selama nunggu, saya emang bikin plan A dan plan B. Plan A: yah kalo keterima, saya mo cabut. Udah berjuang, masa begitu dikasih saya gak ambil? Plan B: kalo gak keterima, ngapain yah?

Jadi, saya udah bikin plan B. Pilihan yang saya punya banyak banget! Ini dia:
  • Cari pelayanan misi. Sebenernya saya ragu ini motivasi saya emang bener2 mau pelayanan apa mo jalan2. Ckckck, Fani, Fani... *geleng2 sendiri* -.-"
  • Kerja kantoran, jadi editor/translator gitu. Btw background edukasi saya FKIP Bahasa Inggris. FKIP itu kepanjangannya adalah Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan.
  • Kerja kantoran yang gak ada hubungannya ma degree saya, maybe banking?
  • Jadi guru sekolahan, ngajar bahasa Inggris. Saya udah siapin dokumennya untuk daftar ke BPK Penabur buat jadi guru Inggris di sekolah yang biasa, atau jadi guru musik di Penabur International School. Target saya: anak2 SMP dan SMA. Saya merasa kurang sreg dengan anak kecil.
  • Ngelamar jadi dosen musik di salah satu universitas di Jakarta. Berasa qualified aje yeh?? Hahaha Yah coba gak ada salahnya deh..
Nah, yang paling deket deadlinenya adalah jadi guru sekolahan atau dosen. Soalnya bentar lagi tahun ajaran baru! Juli 2011 bakal mulai nih! Jadi, seperti yang saya bilang, saya udah siapin dokumen untuk daftar ke BPK Penabur pas hari Selasa/24 mei 2011. Yang pertama siap sih yang jadi guru musik di Penabur International School. Saya bisa masukin work experience & performing experience lebih banyak. Jadi berasa lebih bangga CV-nya bisa panjaaang... Hahaha :D Karena di iklannya cuma dikasih alamat email, jadi saya langsung mau kirim. Saya upload filenya. Tapi lamaaaa.... akhirnya saya cancel mulu. Mungkin berat gara2 file ijazah. Kan discan, ukuran filenya gede banget. Saya mau kirim filenya terpisah2 juga lamaaaa... Jadi saya belum selesai tuh kirim CV ke Penabur International School.

Rabu/25 Mei 2011. Saya dapet telpon dari temen saya, Sani. Dia tanya, "Gun, mau gak ngajar Inggris di sekolah gw?" Saya jawab, "Mau." Terus, saya tanya2 deh sekolah apa, di mana, yang dibuka lowongan untuk SD/SMP/SMA, ketemu siapa, jam berapa... Gak lama, tiba2 Sani bilang, "Oke Gun, besok dateng ya ke sekolah jam 9. Bawa CV dan ijazah2 lo." Doenk doenk doenk!!!! Nah lhooo...

Sekolahnya itu Saint Nicholas School, di Pantai Indah Kapuk. Itu National Plus school. Saya dibilangin untuk daftar jadi guru Inggris untuk secondary (SMP ato SMA).

Kamis/26 Mei 2011. Saya sampe sekolah jam 8.30. Terus, saya disuruh nunggu. Gak lama, saya dikasih formulir untuk diisi dengan biodata saya. Kemudian, saya menyerahkan CV dan formulir saya ke seorang Bapak. Terus, saya disuruh pulang. Lho?! Saya bingung.. Jadi deh saya contact Sani dulu. Setelah Sani menjelaskan, akhirnya saya gak jadi disuruh pulang. Hehe.. Saya nunggu lagi.

Gak lama, saya dikasih formulir lain lagi. Di bagian depannya sama, saya diminta mengisi biodata saya. Kemudian di belakangnya ada soal2 bahasa Inggris yang harus saya kerjakan. Pas liat, mateeenngg... Gw lupa nih topik yang ini.. Kayanya tau2 dikit. Rasanya dulu pernah belajar.. Ini kan yang soalnya tricky gitu.. Ada beberapa kata yang jawabannya tuh gak sesuai aturan.. Nah lho.. Hmm.. ya coba deh dikerjain. Pas selesai, orang yang bertugas langsung periksa kerjaan saya. Wuidiihh salahnya banyak juga yah.. Kacau..

Nunggu sebentar.. Setelah itu, saya dikasih soal lagi. Ternyata kali ini dikasih soal untuk kelas 3 dan 4 SD. Pas ngerjain, saya merasa lebih yakin. Oh yang ini, jawabannya begini.. Yang itu, begitu.. Pokoknya lebih yakin dari sebelumnya. Parah yah?? Lulusan Inggris tapi gak bisa kerjain soal yang sebelumnya. My defense: lupa booo.. udah 2 tahun yang lalu terakhir pegang2 bahan gituan. :P

Nunggu lagi.. Kali ini saya dipanggil masuk untuk ketemu dengan pimpinan bagian bahasa Inggris untuk SD. Dia tanya2 saya. Gimana nih saya belum punya pengalaman untuk ngajar bahasa Inggris di depan kelas... Bagaimana kalau di kelas begini/begitu? Saya akan menyelesaikannya gimana.. Hasil tes saya sih lumayan... Tapi dia terlihat sangat ragu karena saya gak punya pengalaman. Selama ini ngajarnya piano, terus one on one gitu lagi, bukan kelas. Akhirnya, saya disuruh praktek ngajar saat itu juga. Toeng toeng toeng!!!! Saya kaget!! Saya dikasih bukunya, terus dikasih topik tertentu. Saya harus siapin selama 15 menit, kemudian langsung mengajar di kelas selama 15 menit.

Uwwoooww gimana nih, gimana nih? Sempet panik juga. Tapi saya baca aja bukunya. Topik yang dikasih cukup gampang: Singular and Plural Verb. Terus ngajarnya juga cuma 15 menit. Well, I enjoy teaching actually. So, 15 menit sebenernya gak terlalu lama. I think I can do it.

Tick tock.. tick tock.. tick tock..

Kelar ngajar!!! Anak2nya sangat kooperatif dan responsif. Mereka jawab pertanyaan saya. Mereka rebutan untuk maju ke papan tulis untuk nulis jawaban dari soal saya. And the funny thing, they greeted me: "Good morning, Miss I don't know!" Bwahahaha.. Saya jadi tau mesti langsung ngapain. Introduce myself!! :D Okay, and the teaching went smoothly. Pimpinannya juga memberi review yang positif tentang cara saya ngajar. Memang masih harus di-improve banyak. Tapi, as a start, dia bilang I'm okay. :)

Nunggu lagi...

Begitu dipanggil oleh orang yang berwenang, langsung diskusiin peraturan2 dan gaji. HOOOO???? Cepet amat??? Begitu setuju, saya langsung disuruh dateng besoknya untuk tanda tangan kontrak. :o

Pas pulang, saya bingung... Kok cepet amat ya? Kenapa Tuhan buka jalan begitu mulus ke tempat ini? Kenapa yang studi ke Amrik, saya udah coba mati2an 2,5 tahun, tapi gak dapet juga? Yang saya pengen, susah banget dapetnya. Yang saya gak pengen, dapetnya gampang banget.. Kenapa begitu, Tuhan? Selama saya dites/diwawancara, saya berdoa terus dalam hati supaya Tuhan kasih tau apa yang harus saya katakan dan lakukan. Jadi, sebenarnya saya merasa Tuhan yang memimpin langkah saya ke sini.

Tapi, my cries are:
  • Tuhan, aku bersyukur dikasih kerjaan. Tapi kok jadi guru bahasa Inggris? Selama ini Fani gak pernah bermimpi jadi guru bahasa Inggris. Mimpi Fani tuh studi piano di luar.. Masa Tuhan gak tau..
  • Udah gitu, kok jadi dapetnya ngajar kelas 2/3/4 SD?? Uuuuhh Tuhan kan tau Fani gak suka anak kecil. Bukannya benci, tapi spending my whole week with children? Come on... Jangan becanda donk, Tuhan.. Kalo harus ngajar Inggris, ya ngajar anak SMP/SMA gituh.. (tapi emang hasil tes saya jelek sih...) Terus, jadi wali kelas pula? Yang bener Tuhan??
  • Tuhan, jadi guru sekolahan itu kan ribet banget.. Mesti bikin Lesson Plan yang banyaaaakkk... Teman2 yang jadi guru sekolah pasti ngerti apa yang saya maksud!! ;) Aaahh... gak suka bikin Lesson Plan...
Intinya, saya bingung kenapa Tuhan buka jalan mulus banget untuk saya jadi guru Inggris, bahkan disuruh jadi wali kelas juga. Saya coba ngelamar hanya demi dapet kerjaan di pagi hari, to make my days productive. Ini bukan sesuatu yang pernah jadi mimpi saya. Saat ini, saya merasa campur aduk. Bersyukur karena dapet kerjaan, tapi ngebayangin kerjaan saya, saya udah murung duluan. Bangun pagi, naek angkot dari Pasar Baru ke PIK, bikin Lesson Plan, ngajar di kelas, periksain agenda, ngajarin nulis yang rapi, bikin soal quiz, koreksi, isi rapor, ketemu ortu, rapat guru, berpartisipasi dalam perayaan2 sekolah. Huaaaaa mental tempe saya teriak2!!! Saya punya banyak alasan dari yang penting sampe gak penting yang bikin murung. Saya gak yakin saya akan menyukai pekerjaan baru saya. Children? English? PIK? :( Tuhan Yesus, apa maksudMuuu????

Jadi, mulai bulan Juli 2011, saya jadi wali kelas dan guru Inggris untuk anak SD di Saint Nicholas School, Pantai Indah Kapuk. Working hour: 6.45 AM - 3.00 PM. The contract is signed. Not so happy, not so sad. :S

39 komentar:

  1. wah kerennn fani.. jd guru anak2 itu malah impian gw lohh^^
    tp gw skrg jg lg mau resign en kerja perbankan..
    congratz ya...Tuhan uda bukakan jalan buat km, so jalani aja krn pasti ada sesuatu yg indah dibalik smua ini... ya gak??
    btw,ntar masi ngajar piano ga teph??
    utk impian u yg ga terkabul, pasti u dkasi impian yg jau lebi cemerlang lg...rite??
    ciayo steph =)

    BalasHapus
  2. @Leni: keren Len?? gw kira gak keren.. Abisnya kerjanya lari2an. Gak bisa dandan deh kaya orang kantoran. :( Pdh I love to do makeup. Thanks untuk ucapannya. Iya nih, percaya aja deh He has a better plan than mine. Aku masih kok ngajar pianonya. Aku gak mau berenti ngajar piano. Tar aku makin sedih.. Thanks Leni for your support!!! ^^

    BalasHapus
  3. jadi ngajarnya pas mlm ya?? oo suka make up ya??
    iya teph.. itu malah impian aku loh bisa ngajar anak2 kecil.. memang agak ribet ya tp mereka jau lebi taat dibanding anak SMU gt.. ya ga?
    tentu donk support kerjaan yg uda dikasi Tuhan ke lu...
    Go Go ^^

    BalasHapus
  4. @Leni: iya, yang piano terpaksa waktunya gw mundurin jadi lebih sore-malem gitu. Oh ya? mereka jauh lebih taat ya? Bukannya jauh lebih bandel? Bisa lari2 gak karuan gitu..ngompol..nangis.. Kalo SMP/SMA gitu udah bisa diajak ngomong secara dewasa Len. Kalo ama anak2, gw ngomongnya mesti dibuat2. Ya ga sih? Mesti lambat2, terus pilih kata2nya yang mereka ngerti. Hehehe.. thanks lagi Len!!

    BalasHapus
  5. steph ... jadi guru SD itu banyak banget sukacitanya ... your students will make you fall in love with them. just wait!!! :p ntar sekalinya udeh jatuh cintrong sama mereka, pas mereka naek kelas elu yg nangis2 hahaha. :p

    jadi guru sekolah itu steph, salah satu proses pembentukan Tuhan yang paling bagus! loe bakal belajar jadi sangat organized, belajar konsisten dgn ucapan loe (your word will be the 'rule' in the class),belajar teliti, belajar adil, belajar banyaaakkk banget.

    en ngajar di depan kelas itu steph, bisa bikin ketagihaaaannn!!! emank ngajar privat itu enak, loe tau persis kemajuan anak loe step by step, ngajar kelas ngga begitu. TAPII gue suka miss dengan adrenalinnya mengajar di depan kelas. kangen dengan tantangan membuat 40 anak duduk diem en dengerin gue, gila itu seru banget bowww!!! en sekali loe bisa bikin mereka dengerin elu, apalagi kalo loe bisa bikin mereka penasaraann WAAHH rasanya kayak terbang ke langit!! puas banget. :D

    en jadi guru SD ye, loe kalo disayang ortu murid, heemm ... tunggu aja, ntar jam tangan dateng, trus tas, kue2 kering, oleh2 dari singapore, hongkong dll. :p it rejekinya guru SD, steph. wekkekeke. so it's not that bad. really ... apalagi kalo Tuhan yang pimpin loe ke sana. :D

    oya satu lagi, ngomong ama anak SD, ngga usah dibuat2 kok. biasa aja. just be yourself ... they'll love you. :D waaahh jadi gue yg semangat hehehe.

    BalasHapus
  6. Congrats ya Steph....!!!
    Pekerjaanmu (apapun itu), satu kesempatan lagi Tuhan dimuliakan melaluinya d^^b Jangan lewatkan kesempatan itu.
    U can do it girl... ^^/

    Tentang impianmu, bersabar ya say...Kalo emang itu untukmu, Tuhan akan beri pada waktunya. Klise banget mungkin kata-kataku ya? Tapi nothing impossible with God kan? Mungkin ada pekerjaan yang Dia mau kamu lakukan sekarang, dan itu hanya bisa dikerjakan kalo kamu jadi guru. So, enjoy it Steph...

    Aku berdoa supaya kamu olwes bersukacita dalam ngerjain kerjaanmu sekarang....

    Again, congrats ya Steph..!!

    BalasHapus
  7. Bersyukur aja, gun..gw kmrn ini smpt apply jd guru preschool dkt rmh gw, tp kynya hati gw blg ga di tpt itu..Trus tiba2 anak youth gw blg sepupunya bikin daycare, jd gw apply disana d..ngurus anak2 kecil..Btw, anak2 kecil itu menyenangkan loh..masi polos dan masi bs dibentuk..Kl lu ditempatin disana gw pcy Tuhan mau bentuk lu, gun..We never know about future, but for sure He knows our future..Semangat, gun.. Jd berkat utk murid-murid lu..

    BalasHapus
  8. Margaretha Valentini28 Mei 2011 pukul 06.50

    waaa, ketinggalan berita dari tepgun! untung ada blog :)

    hmm, Tuhan punya rencana pastinya, lu diberi kesempatan buat berkembang dan mengembangkan orang lain di bidang edukasi, terutama bahasa inggris.

    kalo menurut pribadi gua, ngajar dewasa memang lebih gak gt cape, tapi jauhh lebih menyenangkan ngajar anak2 karena mereka polos. pasti tiap hari ada cerita lucu *jadi inget michael cong*
    nah kalo ngajar anak SMP kan nyolot, SMA tuh uda gede, jadi gak ada yg lucu lagi :)
    jadi kangen ngajar anak kecil *curcol*

    Very happy for u, welcome to the club, hahaha... tp sedih jg, partner berenang saya hilang :( i miss u deh tep *gombal*

    BalasHapus
  9. Wah jd teacher bgus loh fan, agak ribet dikit sih tp pasti lbi nyenangin karna anak2 lbi gampang d ajar (masi polos bok ).
    Bener2 luar biasa y cara Tuhan, memang si nurut kita g enak tapi bg Tuhan baik n kitakan uda serahin kendali sama Tuhan, so siap trima kehendakNya dong say.
    Pokoke Lord make a way for you, so give thanks ga pake tapi (maaf fan, ga ceramah ni cuman cuap2/podoae).
    Fan. Enjoy urnew job y.
    God bless u n ur job

    BalasHapus
  10. Aaaahh yang kasi semangat banyak amaatt!!!! Guys, you warm my heart!!! Makasih yaaahh!!! GROUP HUUUGG!!!!

    @Ci Grace: Ci, aku tunggu tuh beneran moment I fall in love with my students!! Serius!! Haha Yg cc bilang soal disiplin, tu bener banget ci!! Kemaren tuh, ada yg nulis jawaban soal aku di papan 'was Reading' eeehh langsung lho temen2nya: you should write with small letter!! letter R. U write it with capital letter. Wrong!!

    Buset deh.. masalah ya? Tapi kalo inget aku SD, emang itu masalah banget sih! Ya tapi skrg, who cares?? Jadi, aku harus belajar nulis rapi lagi deh ci. >.<

    Bikin mereka penasaran yah. Hoo iya emang itu rada tricky. Kita mesti pinter2 ngucapin kalimat per kalimat yg trigger mereka untuk penasaran. Semoga aku bisa!

    Yang terakhir... hahahahahaha ortu murid.. dasar.. ngarep banget yak? well, aku gak mo jadiin itu tujuan utama sih. tapi aku akan coba merangkul smua ortu lah, build a good communication. En, aku seneng ternyata gak usah dibuat2 yah kalo ngomong ma anak SD. Bagus deh.. I can't do it soalnya. Glad to hear that I can be myself. :) Thanks cii!!! Komen cc boost my spirit!!

    BalasHapus
  11. @Mega: mm jadi ini kaya jembatannya dulu ya Meg sebelum aku sampe ke mimpi aku? Semoga begitu yah.. Gak tau nih napa, aku pengen gitu punya degree di musik. Tapi, kalo someday pemikiranku berubah juga, ya gpp jg deh.

    Iya, aku dr kmrn cm ingetin diri sendiri: Fani, kerjakanlah segala sesuatu seolah2 untuk Tuhan, bukan untuk manusia.. termasuk yg ngajar anak2 SD ini! hehe Thank you supportnya Meg!! I love to read your comment!! :) :)

    BalasHapus
  12. @Dian: Di, jadi sekarang lu ngajar toddler juga?? Wahh lu emang demen yah ma anak2?? Pas di GM aja ada anak orang, tiba2 mau lu gendong. Hahaha Soal anak2 kecil itu lucu dan polos, gw setuju Di. Tapi itu belum lengkap. Mereka juga belum bisa ke WC sendiri, mereka bakal nangis, n mereka bakal lari2an ke sono ke mari. Haish.. Gw negatif banget yak??

    Ya tapi gw mau berjuang! Gw mau belajar percaya ma Tuhan yg holds my future seperti yg lu bilang. Ganbate!! Thanks Di! Lu jg semangat yah di daycare! :)

    BalasHapus
  13. @Margaretha Valentini: Yep untung ada blog! Mi, what was his name? I heard a name... Michael Cong, wasn't it? Yes, Michael Cong! :P Hahahaha

    Mi, tapi gw lebih seneng yg gede2 gitu. Ngajak ngomongnya lebih enak. Kalo anak kecil, gw suka gak nyambung. Bingung gitu deh jawabinnya. :o

    Makanya mi, ayo kita berenaaaanngg!!!! Kapan lu sempet?? Waktu gw tinggal 1,5 bulan nih. Hiks.. I really love our swimming time! Mana gw baru beli baju renang baru demi berenang bareng elu. Masa skrg gw simpen doank??

    Gak lah mi, gw tau lu gak gombal.. Gw emang segitu ngangeninnya kok. ;P Thanks mamih!! Cup cup muach!!

    BalasHapus
  14. @Uly: Waduh komen lu nampar gw Ly! Give thanks gak pake tapi.. Aaaahhh.... Thanks ya! It's a great reminder buat gw. Terima rancangan Tuhan harus siap! Walaupun rasanya ga enak, harus belajar nurut ma kehendak Tuhan. Makasih Uly! Bener2 ngingetin gw nih komennya!

    BalasHapus
  15. lha, bukannya guru sd itu satu guru semua mata pelajaran ya?
    Duennnggg

    maklum gw sekolah negri mulu. :D

    BalasHapus
  16. Congrats, darling!!! =) Jadi guru itu seru lho...(secara gw juga pernah jadi dosen Inggris..hehe). Ada sukacita sendiri..and guess what? You get to set a godly example for your students! =) Because it's a Christian school, kamu akan lebih leluasa utk cerita2 ttg Yesus ke anak2. Kalo dulu waktu gw ngajar, gw suka pake buku2 cerita ttg tokoh2 Alkitab =) Trus, gw juga sering bikin 'video day'..Kasih mereka nonton video yg pake bahasa inggris. Nah utk anak2 sd, coba deh pake video2 veggie tales..lucu, tapi banyak godly principlesnya.

    Selamat mengajar. Enjoy it, and remember Jesus said, "Let the little children come to me, and do not hinder them, for the kingdom of heaven belongs to such as these." You as a teacher have a lot of chances to bring them to Christ, darling =)

    BalasHapus
  17. teph guuunnn congratz yaaa for the new job.. akuu ingin skali loo jadi guru.hihihi..
    teph.. memang trkadang apa yang kt inginkan ga smua-na bisa trjadi dlam hdup kita. dlu gue juga pnya mimpi utk bs kuliah di jrusan jurnalistik to mentok hubungan inter laa.. tapii trnyata Tuhan bw aku ke jrusan komp yg sm skali ga gue suka.. smpe skarang gue msih mmpertanyakan apaa mksd Tuhan. tpi 1 hal yg gue prcaya enn gue pegang. wktu Tuhan yg pimpin, wktu Tuhan yg bwa trust Him wholeheartedly. Dia pasti punya rencana yg lebih luar biasa daripada rencana kita.. AYoo teph kt sm2 bljaar bkn keinginan kita lgi yang terjadi dlam hdup kita, tpi biar keinginan TUhan yg trjadi dlam hdup kita. Jia yoooooooo...... ^^

    BalasHapus
  18. Ci Fanni.. Congratz for ur new job..
    Bener ci, rencana Tuhan was totally surprising and amazing. Aku apply kuliah ke engineering though aku benci physics gara2 males bikin lab report.. Tapi, sebenernya jauh dalem hati aku, pengennya masuk life science macem medicine ato health.. Trus, tau2nya semua uni yang aku daftar (engineering) ditolak semua.. Semuanya ci.. bisa dibayangin gimana kecewenya, hopelessnya, serem diomelinnya, dll.. Trus pas hari terakhir pengumuman, aku dapet life science di uni yang cukup bagus.. I dont know koq bisa keterima, padahal apply aja ga, ngirim application apalagi.. Sampe amaze sendiri and ga percaya baca acceptancenya.. beneran ci, rencanaNya indah.. :)
    Btw, ngajar anak kecil seru loh.. Aku perna jadi teacher assistant buat anak SMA.. Nah kelas yang aku ajar ini, beneran studentnya musti one on one.. Jadi aku pegang 3, gurunya pegang 5.. Ngajarinnya, susah buanget.. Ga mau dengerin kitanya, nyolot abis, trus yah ga mau belajar.. Walo ga semuanya gitu sih, tapi kebanyakan begitu.. :( Kalo anak kecil, sebandel2nya mereka tuh as long as kita bisa bikin mereka penasaran, mereknya bakal duduk manis.. hehehe..
    Jia you, semangat ya cici.. Tuhan pasti kasi yang terbaik buat cici.. :)

    BalasHapus
  19. Tepgunnn!! Wawww.. first thing first, congratulationss!! sisanya, gw mau bbm lo aja ahhh :D

    BalasHapus
  20. Wahh.... ngajar anak SD apalagi yg masih kelas 3 en 4 itu menyenangkan kok ^^
    Mereka bener2 dalam proses pembentukan karakter dan juga kebiasaan lho^^ selama masa2 ini, kalo mereka tidak dididik dengan benar, besar kemungkinannya, mereka akan bertumbuh ke arah yg salah *maksudku, secara aku uda pernah ngajar dari anak TK ampe SMA* umur2 yg paling bisa kasih mereka masukan, value, dll itu dari yg masih kecil ampe kls 4.. kalo yg lbh besar, mereka sudah punya argumen sendiri, apalagi kalo background mereka sudah terisi 'value' yg salah, lebih susah membentuknya *walau ga mustahil juga^^* en good newsnya.. umur segitu mereka masih termasuk mudah dibentuk, tp mereka jg lmyn mengerti *ngejelasin ke mereka lbh gampang drpd ngejelasin ke anak TK kan.. mereka uda ngerti lebih banyak.. Jadi.... Jiayouuuu!! U can do it.. apalagi kalo itu emang jalan dari Tuhan, pasti Tuhan bentuk dan perlengkapi Fani^^

    BalasHapus
  21. smangat ci Fanii ^^

    aku juga pengen studi di Belanda ternyata gak keturutan..
    emang uda bilang sih, berangkat ato gak berangkat, harus tetep bersyukur!!
    tp harapan yg gak nyampe emang bikin susah buat bersyukur. kayaknya jalannya Tuhan itu kok aneh banget, tapi yaa gitu juga..

    kadang itu gak seperti yang kita pengen, kayaknya kita gak berminat di bidang itu, tapi Tuhan tuntun di situ.

    smangat, ci!
    Mungkin Tuhan lagi nyiapin cici buat merid. hihihihi... jd dideketin ama anak2 kecil..

    BalasHapus
  22. Uwaaaaa makin banyak aja yang kasih semangat!!! Thanks guys!!! Beneran deh,setelah dapet encouragement dari kalian, gw jadi ngerasa ni kerjaan gak buruk2 amat. :D Maybe it's a good thing that I can be a teacher for primary students. :)

    @Ladesman: di sini rada beda. Guru matnya lain, guru sciencenya lain.. nah gw cm jadi guru inggrisnya. :)

    @Ci Shinta: Ci, kayanya kalo jadi dosen Inggris lebih menarik drpd guru SD. haha :D Umh, ini bukan sekolah Kristen ci. Namanya aja gitu, tapi mereka gak ada pelajaran agama. Adanya 'moral lesson' Katanya banyakan anak2 itu ortunya buddha. Tapi aku jadi semangat krn cc encourage aku utk jadi a Godle example for them and bring the children to God. Mungkin gak bisa bacain cerita/kasi nonton film Kristen, but I'll figure it out. Veggie tales yah?? Ohoho aku lum pernah liat.. jadi pengen nonton juga. :D

    BalasHapus
  23. @Kezia: wwahh, pengen jadi guru? Coba aja Kez nanti. :) Jurusan komputer toh skrg? Kamu ga suka juga? Well, kalo gitu sperti kata2 kamu: yang penting nurut, trust HIM whoeheartedly. ^^ Jadi inget komentar si Uly: 'give thanks gak pake tapi'. Hoo.. thanks ya udah ingetin.

    BalasHapus
  24. @Mel: wah kamu bisa diterima di Uni padahal kamu sendiri gak daftar?? Bener2 luar biasaa!!! Aku speechless.. Btw kamu ngajar SMA di mana Mel? masa sih lebih susah ngajar anak SMA? Aku merasa lebih nyambung ma mereka. Anak kecil malah aku bingung. >.< Thanks banget utk supportnya Mel!! Aku jadi bisa tersenyum lebih hangat nih! :)

    @Dea: Thanks Dea!!! Yup yup!! Udah dapet BBMnya. CONGRATS FOR U TOO!!! :)

    BalasHapus
  25. serius loe, fan. gw bisa nampar iman loe, wah, wah gak nyadar gw, gw juga pengen loh ditampar (iman) kalo pas lagi salah. tapi gw jarang banget tuh dapat tamparan dari lingkungan gw. rindu deh ada yang nampar iman gw, soal e mau di kantor mau di rumah di pergaulan gak ada tuh yg maw namapr gw (semuanya suka2 gw, kasihannya gw yach)(makanya gw suka ngiri, ngeliat kalen2 punya kakak rohani) gw sih punya kakak tpi nonkristiany so gak bisa share ttg kasih Tuhan (benar2 haus gw pengen sharing n diingetin). tapi sangat2 bersyukur Tuhan emang selalu kasih jalan (diluar pikiran gw) gw ketemu sama kalian buat blogging untuk saling ngedukung dalam Tuhan dan bisa juga nanti nampar gw (tau sih sakit, Tuhan tapi aku mau. *kog jadi curhat gini sih* maaf maaf

    BalasHapus
  26. @Ci Eva: oh gitu yah kalo kelas 3?? Aku harus nanemin value yg bener untuk mereka toh? Thanks ya ciiii!! Aku makin mantep nih untuk nanemin value yg sesuai dg karakter Yesus, tapi of course dg cara yang sesuai. Soalnya ini bukan sekolah Kristen sih. Cici ngajar apa?? Di mana?? Kelas berapa?? Berbagi teaching tips duoonkkss!!! Hehe Aku mesti banyak belajar nih!! :D

    BalasHapus
  27. @Amanda: oh kamu pernah daftar ke Belanda juga? Aku juga pernah daftar! Pengen ambil yang Huygen Scholarship. Tapi gak dapet juga. Emang kayanya latian pianonya lum bener2 maksimal kali yah. Manda, komentar kamu yg terakhir itu lho.. Hahaha ya mungkin juga kali yah! :P Thanks supportnya, Manda! :)

    BalasHapus
  28. @Uly: iya lah Uly. Terngiang2 mulu di kuping gw. Hehe pengen ditampar juga ya Uly? Tuhan udah baca message lu di blog gw Ly. Pasti ditegur deh ma Tuhan kalo kita bandel. Hohoho.. Iya, gak nyangka juga yah ketemu saudari2 dlm Kristus lewat ngeblog. Iyah yuks sama2 saling mengingatkan dan menguatkan. :) Untuk kakak rohani yg ada di deket kamu, keep praying yah! I'll pray for u too!! mari terus belajar untuk semakin serupa Kristus! :)

    BalasHapus
  29. selamatt tephhh hehe ;)
    setuju banget tuh yg kaya ci grace bilang, bakal sering dapet oleh2 ntar LOH LOH haha..
    yahh teph anggep aja sekalian belajar jadi mama yg baik ;p

    BalasHapus
  30. @Viryani: thanks Vir!! hahaha oleh2 sih nomor dua deh. gak ngarepin sampe gimana2. Belajar jadi mama yg baik yah? hahaha komen lo sama ma si Amanda tuch. wkwkwk

    BalasHapus
  31. ga seseram itu lhaaaa.. =)
    hahaha uda kelas 2-4 SD ga mungkin lha ngompol di celana, pasti mrk ngomong dech..
    kcuali guru nya galak, ga berani ijin ke toilet *jd inget wkt SD ga berani ke toilet gara2 gurunya galak*

    mrk itu polos ^^ klo anak SMP/SMU tuh emank rada sulit dkasi tau krn mrk pny pendirian ndrii. tp tiap kerjaan ada tantangan nya masing2 steph..
    Jalani aja apa yg ud ditugaskan Tuhan ke lu..
    gw tunggu poto anak2 nya ^__^

    BalasHapus
  32. ci fanni.. iya tuh amazing banget, aku ga daftar tapi diterima.. yang aku daftar, smuanya ga ada yang diterima..
    Aku jadi teacher assistant di skola aku ci, di Toronto.. itu anak2nya diajarin, malah asik maeanan hape sendiri, malah ada yang asik catok rambut gitu.. sayang aku bukan gurunya, jadi ga bisa nyita itu barang2 biar mereka bisa konsen.. hahaha.. :P
    Yah dari kebiasaan ngajarin ponakan ci, mereka tuh lebih taat sama gurunya daripada orang rumahnya.. hehehe.. semangat cici ngajarnya.. :)
    *jadi pengen balik sd*

    BalasHapus
  33. @Leni: oowwhh gak kaya gitu ya anak 2-4SD? haha gw gak tau medan perang bo! thanks infonya len! iya sih, emang tiap kerjaan tu pasti ada tantangannya sendiri. Jadi, gw akan berusahaa!! Foto2nya nanti yah! :)

    @Mel: Iya itu amazing bngt mel. Ga daftar tapi diterima. Icic seru juga yah jd teacher assisstant gituh. hehe Hah? Asik catok rambut sendiri??? Ngeselin beneerr!! haha parah.. oh iya sih, katanya anak2 emang lebih percaya kata ibu guru daripada kata mami. uwooo aku akan coba deh!! thanks ya.

    BalasHapus
  34. Ohh I see I see. Well, kalo gitu kamu musti kreatif. hehe..Gak bisa baca/nonton buku/video Kristen, tapi banyak koq buku2 and video2 yg bisa dipake, salah satunya veggie tales itu. Di websitenya kamu bisa liat2 (ada buku2nya juga lho). Kalo di kelas nanti ada komputer, internet, and projector, nahhh gampang tuh..kamu tinggal get online, cari salah satu bukunya di website veggie tales, trus pake projector, baca sama2 murid2 kamu. =D Websitenya di sini nih: http://veggietales.com/index.php

    Oh iya, si Max Lucado juga banyak buku utk anak2 and bagus2. Yg judulnya you are special tuh bagus banget utk anak2 SD kelas 3 - 4. =) Di sini nih if you want to see his children books:

    http://www.thomasnelson.com/consumer/dept.asp?dept_id=2316900&TopLevel_id=230000

    BalasHapus
  35. @Ci Shinta: uwaahh dashyaaatt!!! banyak banget link-nyaa!!haha I'll check them out ci!!! thanks a lottss!!!

    BalasHapus
  36. haha.. sori baru komen lagi.. minggu UAS en mau rapotan.. masa2 tersibuk. Saat ini sih kalo di Skul aku di SMA, tapi di les2an masih ngajar anak kecil. E4 pernah ngajar dari TK ampe SMA, en pengalamannya lain2, hehe.. tapi tetep aja.. masih baru.. masih sering salah. ngajarnya jelas Mandarin dunk.. sebenernya value itu gak harus Tuhan berkata bla bla bla, tapi ke anak lebih ngaruh kalo example, kasih nasehat buat sesuatu yg salah.. dan beri teladan! kalo kita bilang ga boleh A! artinya kita sendiri ya jgn lakuin A! kadang2 mereka melakukan hal yang ga bener tapi mereka gatau itu salah coz ga ada yang negur, atau merasa diri hebat misal mengumpat/misuh2 >< tidak menghormati orang yg lbh tua, dll.. tp pelan2 kita bisa kasih tau mereka, yg bener gmn, yg salah gmn.. ya, dikit2 kita masukin lah.. tiap anak unik, pendekatan untuk si A belum tentu bisa diterapkan ke si B.. bener2 need wisdom.. haha.. cuman, kalo kita bisa membawa mereka ke better way.. why not? Kita jadi saksi hidup Tuhan Yesus melalui perbuatan kita.

    BalasHapus
  37. Hahahahaha...Hihihihihi...Hehehehe...lucu bangettt, gw lagi pusing bikin lesson plan bwat semester depan. Akirnya baca blog lo & ada tulisan "males bikin lesson plan", jadi ketawa sndiri :p

    Sama Steph, seumur2 gw ga pernah skalipun mimpi jadi guru. Tapi Tuhan tuntunnya begitu (makanya bener yah, rancangan kita ngga sama dgn rancangan Tuhan). Td pembagian kelas dan semester dpn gw dapet kelas PG-A (anak umur2-3thn), gw ngeri jg bayangin gimana kalo pada ngompol, pub??? *oh nooo*!!! Tapi gw sndiri percaya, jadi guru juga salah satu pelayanan gw bwat Tuhan. Dia sdh buka jalan, and i will learn to do my best ^^ Jia youuu Steph, semester depan kita deg2 ser bersama, excited bersama, dan nanti sharing2 yaaaa saling menguatkan :) JBU sist

    BalasHapus
  38. Cie, masih ngajar di dt.Nicholas ? Disana belajar pakai indo apa english ?

    BalasHapus
  39. @nita sinaga: hai, udah lama gak ngajar di sana nih. dia pakai 2-2nya. soalnya dia nationa plus school.

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^