Minggu, 06 Maret 2011

Baca Alkitab Seluruhnya Yuk!

Gimana perasaan teman2 pas baca judulnya?? Apa yang melintas di pikiran kalian? Apa ada yang langsung berpikir: Alkitab tebel bangeeett... tulisannya kecil2... berat... gak ngerti...maless....? Atau dulu udah ada yang bertekad: Ah! Saya mau menyelesaikan baca Alkitab semuanya!! tapi akhirnya stop di tengah jalan?? Nah nah nah.. sekarang saya mau ngajak temen2 ambil komitmen ulang untuk membaca lagi Alkitab SELURUHNYA! Dari depan sampe belakang! Saat ini,saya mau membagikan tips2 gimana caranya spy bisa kelarin semuanya. Jadi, ini metode nyelesaiin Alkitabnya ala saya! :p

Sebelum mulai, saya menantang teman2 untuk tinggalin komen di post ini, kasih tau saya kalau kalian mau mulai baca Alkitab sejak tanggal kalian tinggalin komen di post saya. Misalnya: "Yak! Saya berjanji mau mulai baca Alkitab dari awal pada tanggal 7 Maret 2011!" Saya akan mendoakan kalian, spy proyek baca Alkitab seluruhnya ini bener2 terlaksana. Jadi, jangan lupa tinggalin nama kalian yah di komen itu! Saya kan pengen tahu nama orang2 yang saya doain. :) Terus, if I can contact you (through Facebook or Blogger), I will certainly ask for your progression in reading the Bible. Pas saya nanyain, saya harap teman2 tidak merasa saya kaya kepo bangeet, ikut campur urusan2 rohani kalian. No no no.. I don't mean to impose to your life. Tapi saya bermaksud mem-follow up dan memberi semangat lagi kalo memang uda ada yang mandek. That's the point of the body of Christ, right? ^^ So, I hope many of you will join this project. Buat yang udah pernah selesai baca, mau ngulang dan ikutan proyek ini juga boleh!!

Sebelum mulai baca Alkitab, alat2 yang harus disiapkan adalah:
  1. Buku Alkitab!! Bukan Alkitab yang ada di HP/BB/Komputer ato alat elektronik lainnya!! It's a BIG NO NO pake yang elektronik gituh!! Kenapa?? Karena kalian gak bisa tandain ayat yang kalian suka dan dalam 1 layar gitu, paling cuma keliatan 3-4 ayat. Kalo pake buku, kalian bisa tandain ayat yg kalian suka dan melihat isi Alkitab secara lebih makro, bukan mikro seperti di alat elektronik. Lebih baik pake buku! Yang gak punya, sekarang beli dulu bukunya!
  2. Alat tulis buat menandai ayat yang berkesan. Bisa pake pensil biasa dan penggaris (untuk melingkari nomor ayatnya atau menggarisbawahi seluruh ayatnya), atau pakai pensil warna (supaya warnanya ga tembus2 ke belakang), atau stabilo.. (tapi saya sih gak suka pake stabilo.. tembus bow...)
  3. Kemudian notes kecil untuk mencatat hari itu kalian sudah sampai di mana. Saya sendiri cuman pakai selembar kertas kecil yang saya selipkan di bagian terakhir saya baca Alkitab hari itu. Ini nih catatan pribadi saya..
Teman2 lihat? Saya gak targetin hari ini harus 1 ato 5 ato 20 pasal. Soalnya pasal2 di Alkitab gak sama panjangnya, jadi gak bisa dipukul rata bahwa kuantitas 5 pasal hari ini = kuantitas 5 pasal besok. Jadi, saya gak targetin. Lagian, kalo pake target gitu, saya sering merasa bersalah, tertuduh, dan gagal kalo target hari itu gak tercapai. Akhirnya lesu dan merasa emang gak sanggup deh selesain seluruh Alkitab.. :( Teman2 juga perhatikan catatan saya. Kadang2 pas saya memang waktunya lowong, saya bisa baca banyak pasal. Tapi kalau waktunya lagi kurang banyak, saya baca sedikit, yang penting ada kemajuan! Hehe.. Kadang bolong juga, gak lanjutin sama sekali (tapi saat teduhnya yang pake buku renungan tetep.. sate gak boleh bolong! Itu sumber kekuatan baru di setiap hari!). Tapi saya gak mau merasa bersalah, tertuduh, dan gagal lagi. Tinggal lanjutin lagi aja besoknya. Yang penting catetan kecil ini gak ilang. :) Gak ada target waktu juga (mis: setahun) untuk nyelesaiinnya. Sekali lagi supaya gak merasa bersalah, tertuduh, dan gagal yang akhirnya bikin kita stop selesaiin baca.

Setelah 3 atribut ini, sekarang kita persiapkan diri kita.
  1. Cari waktu yang pas, di mana kita gak terburu2 mau ngerjain/mikirin hal lain. Kalau kita gak bisa cari waktu yang tenang untuk membaca firmanNya, berarti kita TERLALU SIBUK!! Kita harus coba mengatur ulang jadwal hidup kita supaya kita gak mendesak hal membaca Alkitab ini jadi urutan2 terbawah dari prioritas hidup kita.
  2. Cari tempat yang sepi, misalnya sendirian di kamar, kunci kamarnya. Termasuk dalam hal ini: matiin HP, BBM. Tujuannya supaya bisa mengurangi gangguan dan kita bisa lebih fokus baca Alkitab. Usahakan cari waktu di mana orang paling sedikit menghubungi kita. Oiya, termasuk lagi: urusan ke toilet udah beres! Hehe.. pokoknya supaya kita gak ribet mondar-mandir ke WC dan akhirnya kehilangan konsentrasi.

Okay, sekarang kita mulai yah!
Awali dengan doa. Minta Tuhan Yesus sendiri yang menuntun dan memberi penjelasan dari setiap ayat yang kita baca. Soalnya, kita gak akan bisa ngerti firmanNya selama Tuhan gak izinkan kita ngerti! Kita bisa ngerti kalo Tuhan yang bukain buat kita! Makanya sering orang bilang bacanya asal lewat doank... kaga tau isinya apaan.. Yah dulu saya juga kaya gitu. Baca sih baca, denger sih denger, tapi KAGA NGERTI!! Ya karena ituh.. saya berdoa, tapi sebenernya saya tetap mengandalkan kekuatan sendiri untuk memahami firmanNya, gak sungguh2 minta Tuhan yang bukain.. Ya mana bisa ngerti?? Ini kan tulisan Allah, mana terselami isinya dengan otak manusia??

Selama baca, kita harus DIAM!! Diam di sini artinya pikiran kita gak boleh pusing dengan urusan2 lain seperti "Mmm nanti mesti transfer duit ke A.. Kemaren si B ngomong apa ya di rapat? Beli kado apa ya buat ulang tahun mami? Kemaren Opera van Java lucu bangeeett!!! Wkwk :D Parah tuh tadi ada yang kecelakaan di jalan, ketabrak bajaj.. Yah ikan gw mati.. Besok makan apa yah? Asiikkk dapet bonus!!" dan sebagainya, dan sebagainya.. Pokoknya pikirannya jangan baweelll... Sttt... sstt.... Tenang... tenang... Ini saatnya Tuhan ngomong, bukan giliran kita ngomong... Dengerin.. Perhatiin.. Fokus..

Nah selama membaca, kita boleh menandai ayat yang kita sukai dengan alat2 tadi. Di Alkitab saya, ayat yang saya warnai pertama2 adalah Kejadian 2:18 dengan warna orange. Kemudian ayat 21 dengan warna ungu, ayat 22 dengan warna pink. Alkitab saya jadi warna-warni! Dan, saya suka!! Hehehe..Kalo ayatnya rada panjang yang saya suka, saya warnainnya sesuai urutan pelangi. Me-ji-ku-hi-bi-ni-u.. gituh.. Bagus kan?? :D

Selain mewarnai, kita juga boleh tulis2 di pinggir2 Alkitab. Emang sih spacenya kecil.. tapi kalo memang ada info tambahan, ga ada salahnya tulis di situ. Tulisan pinggir saya yang pertama ada di Kejadian 3:1 yang kalimat: Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman.... Yang kalimat Tentulah Allah berfirman saya garis bawahi terus saya kasih tanda panah ke atas, catatan saya: iblis dengerin firman lho! Dengan adanya tulisan itu setiap saat di Alkitab saya, saya jadi diingetin terus untuk gak kalah sama iblis. Iblis aja dengerin firman, masa saya kaga.. Hal itu biasanya saya tulis setelah mendengar khotbah atau membaca buku.

Selain menulis kalimat yang memberi peringatan untuk diri saya sendiri, saya juga suka tulis kesan yang saya rasakan saat membaca bagian2 tertentu. Misalnya di Keluaran 33: 16-23. Di situ saya kasih kurung 1 paragraf itu, terus saya tulis: "Keren!" Ada lagi di 1 Raja-raja 19:11-13, saya kurung juga ayat itu, terus saya tulis di pinggir: "Fenomenal!" Yang saya tulis "Keren!" lagi ada di 2 Raja-raja: 8-23, terutama ayat 22, ada tambahan tulisan "Keren!" untuk ayat itu. ^^

Yang menurut saya lucu juga saya tandain, misalnya Hakim-hakim 12:5-6. Ternyata orang2 Israel pun punya aksen yang berbeda untuk ngomong. Yang satu ngomong: sibolet, dan satu lagi: syibolet. Oh unik sekali! Lucu ya.. Tapi itu ceritanya sebenernya serem. Kalo salah ngomong dan ketauan ternyata dia suku dari pihak musuh, bakal langsung dibunuh. :o Kemudian ayat Yohanes 9:30-33. Menurut saya itu lucu, karena orang2 Farisi bener2 gak bisa terima bahwa Yesus berasal dari Allah, sampai seorang buta dari lahir yang disembuhkan Yesus mengajar orang2 Farisi itu. :P

Kemudian, kalo ada yang gak ngerti, biasanya saya kasih tanda tanya (?) di samping ayatnya. Waktu itu saya sempat memberi tanda tanya di 2 Tawarikh 30:15 (di ayat ini saya menulis pertanyaan saya: "Knp malu?"), Ayub 34:36-37, Lukas 16:9, dll. Nanti kalo pas tiba2 ada khotbah di bagian itu, saya jadi ingat dulu saya gak ngerti dan kali ini saya mau memperhatikan dengan seksama khotbahnya supaya bisa mendengar jawabannya.

Terus, bikin numbering utk ngerangkum. Maksudnya?? Ini hal yang sangat penting nih. Setiap kali baca, saya menganjurkan JANGAN membaca TERLALU SEDIKIT. Why?? Karena kalian akan melihatnya hanya secara mikro, bukan makro. Jadi, sulit ngertinya. Soalnya, seringkali ayat2 di awal ditulis, tetapi penjelasannya ada di belasan2 pasal berikutnya. Jadi, usahakan membaca cukup banyak pas sekali baca itu. Supaya kita bisa get the whole idea dari kitab tersebut, dan akhirnya the whole idea dari keseluruhan Alkitab.

Nah, soal numbering system tadi. Coba lihat Keluaran 25-30. Itu kan panjang banget yah? Terus ngomongin apaan sih?? Isinya petunjuk2 bikin sesuatu semua.. What is the point? Nah, di sini saya coba numbering system, dan ternyata saya menemukan ada 16 point yang judulnya :
Mengenai ..... Ternyata itu adalah 16 petunjuk untuk mendirikan Kemah Suci, seperti judulnya yang ditulis pas di atas pasal 25. Biasanya pas pasal 25 saya masih mudeng.. 'oohh ini untuk Kemah Suci..' Lama2.. udah gak kebayang kan tuh gimana bikin2nya itu (soalnya pelajaran bidang ukur saya gak gitu kuat.. dan saya gak tertarik untuk baca hal2 mengenai ukuran ini...), saya udah ngaco deh. Mikirnya udah kemana2.. Mulai pasal 25:23 aja.. saya pasti uda bosen.. ga konsen.. apalagi sampe pasal 30!! By the time saya nyampe pasal 30, saya mikir: 'ini ngomongin apaan sih..' Terus, bingung sendiri..merasa Alkitab gak relevan dengan kehidupan sendiri, buntut2nya gak ngelanjutin baca. :( Nah, karena itu, numbering system ini membantu saya tetap fokus, supaya tetep sadar ini topiknya apa. 'Ooh.. Kemah Suci..' Gitu.. Saya tulisin nomor 1-16 di setiap judul perikopnya. Numbering system ini juga saya pakai di Ulangan 16:1-17. Itu kan judulnya Tiga hari raya utama. Saya tulis no. 1-3 di kalimat2 yang menunjukkan tiga hari raya itu.

Berikutnya, saya juga pas baca kitab Raja-raja, kan pusing tuuu mana raja yang baik, mana yang jahat.. Jadi di setiap nama raja baru, pasti di samping namanya ada tulisan saya: baik/jahat. Jadi saya bisa kira2 tahu raja2 mana nih yang berkenan di hati Tuhan dan mana yang tidak. Yang dicontohkan oleh raja yang cinta Tuhan, bisa gak ya saya tiru dalam hidup saya. Gitu..

Intinya, be communicative with what you read! :) Kalo isi firmanNya gak ngerti juga, tanya sama pembimbing rohani kalian. Mau tanya di sini juga boleh. Yang saya bisa jawab, saya jawab. Yang saya gak bisa jawab, saya tanya sama orang lain dulu yah!

Selesai baca, doa tutup lagi yah. Say thanks to God, at least hari itu kita gak ketiduran pas baca. ^^

Nah, itu tips2 membaca Alkitab dari saya. Berdoa, siapkan kondisi di mana pikiran kalian bisa diam, baca beberapa pasal, dan be communicative dengan apa yang kalian baca! You will be surprised with what you get!! :) :) So, ayo join proyek baca Alkitab seluruhnya!! Saya tunggu teman2 bergabung yaahh!! Let me know!! GBU all!!


*Mau ninggalin komen tapi gak tau caranya? Click Tinggalin Komen Yuk!

66 komentar:

  1. wah ci, tipsnya bagus banget :)
    thx yaa..
    selama ini gak tau gimana cara ngajar anak2 komsel utk rutin baca Alkitab dari AWAL sampe AKHIR..
    cuma sharing2 aja, tp gak tau gimana ngarahinnya.
    ntar aku share tipsnya cici ya :)

    dulu mau cari jadwal baca Alkitab yg habis dlm setahun itu lho, ci, tapi gak nemu2 :(
    di gerejaku juga gak nyediain..

    BalasHapus
  2. @amanda: siipp!! moga2 jadi banyak yg bisa selesai baca Alkitab deh! :) manda, skrg udah ada jadwal baca Alkitab rutinnya? kalo lom, ayo dicari jadwalnya. Hehe..

    BalasHapus
  3. blm ada.
    jadi ngalir aja sekarang :D
    belum tentu habis dalam setahun..

    BalasHapus
  4. hehe iya gpp gak abis dlm setahun. dulu aku jg lebih dari setahun baru kelar. yep yep!! ngalir aja. SEMANGAAATT!!! I'll pray for u amanda!! :)

    BalasHapus
  5. Menarik!!, tulis2 catatan ya...
    coba ah..

    BalasHapus
  6. Steph kayaknya ada talent mengajar(maksudnya slain mengajar piano) :D kembangkan trus ya sist, supaya nama Tuhan makin dipermuliakan mll hidupmu. ^^

    BalasHapus
  7. @ci Lisa: hehe iya nih ci..aku sih emang berasa demen ngajar. iya ci, smoga hidupku bs makin memuliakan Tuhan. :) kan banyak belajar dr cc juga..

    BalasHapus
  8. Hai, Steph. Gw Dina, temennya Dea. Gw pernah ketemu lo juga sih di wedding-nya Elice (sepertinya pernah kenalan juga, tapi lupa). Tips-nya bagus banget dan aplikatif. Gw soalnya juga beberapa kali memulai, dan berhenti di tengah jalan karena alasan-alasan yg lo sebutin (terlalu pake target, dll dll hehe *banyak alesan)

    Kalo gitu, Tolong bantu gw dalam doa juga ya. Gw akan berkomitmen baca Alkitab dari awal mulai hari ini: Selasa, 8 Maret 2011.

    BalasHapus
  9. @Dina: hai Din!! iya2, gw rasanya inget pernah kenalan sama lo di wedding Elice! Tapi gw rada lupa muka lo.. Hehe wah gw seneng banget lo mau ikut proyek baca Alkitab ini! Jiayoo!! U r in my prayer list!! :) GBU dear!!

    BalasHapus
  10. Faniii..cc uda pernah ngabisin baca alkitab kira2 4 taon yg lalu..dulu tuh cm skedar baca..ga dpt apa2:p Skarang pengen mulai lagi..tp kepentok mslh waktu neh..plg krj..ngurus mily..mily tidur, cc uda teler jg..doa aj suka ktiduran(parah bgt dah)
    Doain y biar bisa mulai lg..n dpt waktu yg pas.

    BalasHapus
  11. great Steph...aku sekarang ini lagi baca di Ibrani...entah napa prefer ma PB daripad PL, yg buat stuck itu di bilangan yang ada angka2 nya...mabok...hahahaha...caramu interesting...kapan2 aku mau coba...setelah aku slese baca sampe wahyu, nanti round selanjutnya...so nanti alkitabny akan full deh ma notes2, yg i believe it would be helpful
    nantinya wkt baca lagi, n maybe dapet insight yg berbeda dr God...^^thank u Steph for the tips...

    oh ya satu lagi, yg ak struggle tu buat sit still...ga bisa diem, otak pun ke mana2, esp klo tiba2 topik nya bingungin, yg akhirnya ak lost my focus...struggling banget...*sigh*

    daging lemah =( tu yg jd stumbling block...hixx

    -Ingrid-

    BalasHapus
  12. @ci fifi: wow aku seneng dengernya cii!! ternyata uda pernah kelar yah.. yep emang lebih baik diulang terus, soalnya pasti firman berbicara dg cara yg berbeda setiap kali kita baca. okay ci, tar fani doain spy ketemu waktu yg pas deh! ;)

    @ingrid: dulu aku jg prefer PB drpd PL tapi pas lagi round yg ke2 ini, aku kagum banget sama PL!! gileee itu bagus banggeeet!!! gak bakal ada PB kalo ga ada PL. PL bener2 lengkap, jelas, detail n bener2 pembukaan yg oke banget buat ngerti PB lebih lagi.

    sama sih.. pas bilangan juga ngitungin berapa lembar lagi ya abisnya ni kitab.. hahaha tapi bertahan lah. hang on there!!

    soal ga bisa sit still, sama donk kita!! haha tp justru saat itu kita disadarkan bahwa kita ga bisa andelin kekuatan sndr. saat kita lemah, maka kita kuat.. langsung doa, andelin kekuatan Tuhan Yesus, grid! biar Dia yang kasih kita konsentrasi. jaangan berusaha konsentrasi sndr.. libatkan Tuhan Yesus.. :) i'll pray for u!

    BalasHapus
  13. please pray for me too...

    BalasHapus
  14. Rifanny Grace8 Maret 2011 19.32

    wahhh fannn... dl sih gw pernah mo baca Alkitab mpe abis, tp stuck d tengah jalan =(
    n bulan lalu uda ada niatan pengen baca Alkitab mpe abis... tp masi banyak buku2 yg lum abis gw baca n dvd2 yg lum gw tonton *lhooo... hahaha... godaan'na terlalu banyak =p
    hmmm... doain n ingetin gw yah, biar 1 april nti bisa bjalan dengan baik misi baca Alkitab ini... ^^
    btw, baca'na itu menurut u, dr PL dl apa PB dl... waktu dl gw dr PB sih, menurut u gmn, fan?

    BalasHapus
  15. halo steph... slm kenal ya :)
    tips na bgs bgt,, bantu doa jg buat gw ya mg2 kelar baca alkitab na, gw sech tiap ari baca alkitab trus point penting gw catat ke buku.
    dan bnr jg sech klo baca alkitab lwt bb ato elektonik gt pasti krg konsen, ntr tiba2 ad bbm msk malah buka bbm dl :D
    thx buat tips nya.. gw jg komitmen mau mulai lebih teratur lg baca alkitab
    GBU

    BalasHapus
  16. @franky: okaayy!! GBU!!

    @rifanny: hahahah emang dvd itu tuh yaa paling menggoda deh!! :D okaay, mau mulai 1 April yah? tar gw doain n semangatin deh spy terlaksana n tuntas-tas-tas bacanya. hehe belain Alkitabnya ya drpd buku2 laen n DVD. ^^b mnrt gw, mendind urutan dari PL dulu. Soalnya banyak hal di PB bisa kita ngerti kalo kita udah baca PL dulu.

    @Gift from God: hello! kamu namanya siapa yah? Salam kenal juga! :) okay nanti aku doain jg buat kamu spy kelar baca Alkitabnya! wah kamu uda sip donk bisa ada waktu baca Alkitab tiap hari. :) Sharing2 yah kl lagi diajarin apa sm Tuhan Yesus.. hoho baca Alkitab tiap harinya yang kelarin seluruh buku?

    BalasHapus
  17. hehe cory2 lupa introduce my name.. Panggil gw Leni aja :D
    iya sm2 sharing jg ya steph klo misal na dpt pesan dr Tuhan Yesus hehe. indah nya blogging krn bs sharing begini..
    ya soal nya gw di pelayanan greja dianjurkan mesti teratur tiap hari minimal 5 pasal spt saran km jg. maka nya pas gw baca,,wah pas
    banget spt yg kamu ajarin...
    trus klo mnrt gw sech klo kita sambil nulis ke buku, firman yg dibaca itu bnr2 masuk karna pas nulis kita pasti baca ulang lg...
    nice to meet u :)
    thx jg ya buat doa nya...

    BalasHapus
  18. @leni: hai leni!! iya betul! enaknya blogging jd bisa saling sharing. hehehe oh bagus jg yah di gereja dipantau gitu, mesti baca 5 pasal per hari. gw sih ga sampe nulis di buku.. tapi gw tanda2in alkitabnya. :) nice to meet u too!!

    BalasHapus
  19. Hai steph.. Salam kenal ya.. Baru tau blog dirimu dari blognya ci Shinta(the twins)..hehhee...
    Lagi maen - maen, ehhh nyangkutt di postingan yang ini.
    Postingan ini sangat informatif dan inspiratif sekali. Membangkitkan diri gw yang selama ini uda kembang kempis merenungkan FT.
    Sooo, gw mao dong Steph baca alkitab ampe abis lagi. Gw mulai komitmen hari ini Senin, 21 maret 2011. Blog gw : www.sheentasusanto.blogspot.com

    Tolong bantu doa dan bantu ingetin ya Steph.. Tq ya. Gb

    BalasHapus
  20. @Sinta: Halo Sinta!! Wah, seneng deh ada lagi yang mau ikutan proyek baca Alkitabnya sampe selesai! Your name is in my prayer list!! Ayo2 semangat baca Alkitabnya!!! \(^.^)/
    Btw, kok blog lo gak bisa di-follow yah?? Udah mau married yah? Kapan nih the big day-nya?? Congrats yaah!! GBU2!!

    BalasHapus
  21. Steph, coba di follow lagi ya.. Follower aku masih dikit nih..T_T

    BalasHapus
  22. @Sinta: Udah Sin! Berhasil!! Keep writing and the followers will come!! Hehehe

    BalasHapus
  23. yak..gw join ya dalam proyek ini..
    gw mau mulai komitmen baca Alkitab lagi sejak hari ini, 22 Maret 2011..
    err..tadinya mau nanya baca PB dulu boleh ga..tapi udah dijawab di atas ya..haha..jadi PL dulu deh ;)

    BalasHapus
  24. mau ikutan ah... slama ini saat teduh, trus malem sebelom bobo baca2 tapi seputaran mazmur, amsal aja, hihihi... doain yaaa

    BalasHapus
  25. @Ci Eny: Okey ci!! Ayo ayo dibaca semua sampe kelar!! Hehehe

    BalasHapus
  26. tks saran'y sist,
    mau coba juga, dah pernah coba tp mendak ditengah jalan (mohon didoain yach sist : nama : Tiarmauly Sitorus)
    ak mo coba mulai tanggal 25 maret 2011 malam dari awal lagi. God bless

    BalasHapus
  27. @Ulay: Sip! Semangaaatt!!! I'll pray for u!!

    BalasHapus
  28. trims ya,
    senin akan kucritakan perkembangan pertumbuhanku di dalam kristus (mudah2an aku dipenuhiNya sehingga mudah mengerti)lewat bloggku follow ya sist soalnya blum ada followerku hikshiks (maklum baru) www.atikcbulay.blogspot.com.

    BalasHapus
  29. @Ulay: hehehe sip! aku tunggu ceritanya!! Semangat! Udah aku follow Ulay!!

    BalasHapus
  30. ok. tks y, ak suka postingan'y sist, membangun banget. ak skrg jd happy bgt jalanin hidup.
    everything be easy because of Jesus. hehehe

    BalasHapus
  31. @Ulay: Everything be easy because of Jesus ---> Setujuuu!!!

    BalasHapus
  32. Helo cici steph.. :)
    I know your blog dari Ci shinta.. hehehe.. Anyway, thanks for the tips.. Bener2 nyemangatin..
    Dulu perna nyoba baca dari genesis trus pas sampe keluaran stop total.. Taon ini uda mulai lagi tapi aku baca kitab injil dulu ntar baru balik ke kejadian lagi.. hehehe, jadi ngerti dulu injilnya, ga kecampur ama perjanjian yang lama.. Hopefully, ga putus tenga jalan lagi.. :)

    BalasHapus
  33. @Mel: Halo Mel! Wah semangat yah baca Alkitabnya!!Semoga bisa bener2 selesai bacanya! I'll pray for u! :)

    BalasHapus
  34. hai steph! salam kenal yaa! :)
    i know ur blog by blog-walking, dari blognya ci shinta, ci lia, si nonik, hahaha..
    nice to know u and read ur writing!
    gw dari duluuuuuuuuu banget pengen bisa abisin baca alkitab, tapi selalu stuck dan moodnya langsung ilang kalau pas ada bolong 1 hari! beteeee banget +_+
    pengen ulang lagi jadinya dari awal alias perfeksionis, haha.. ngehambat gw banget untuk ngabisin alkitab, trus krn kemaren sempet "keluar", rencana gw gagal buat baca alkitab setahun selama 2011 ini, sampe bulan ini belum ada mood.. masa nunggu 2012, kelamaan.. tapi kalau ngikutin jadwal alkitab yang setahun itu, udah ketinggalan.. pas baca postingan ini, gw baru ngeh, ada istilah lain untuk "program baca alkitab", yaitu "Baca Alkitab Seluruhnya", bukan "Baca Alkitab Setahun". Hahaha.. Semoga bisa ya gw baca alkitab seluruhnya.. mulai kapan yaa? hmm.. secepatnya gw kabarin yaa :D

    BalasHapus
  35. @Febe: Hai! Salam kenal juga! :) Sama tuh sama gw. Dulu gw kalo bolong 1 hari, pengennya ulang lagi dari Kejadian. Akhirnya, gatot! Wkwk yah jadinya mending gak pake target waktu deh. Ayo ayo mulai lagi Feb!! Gw tunggu lho kabarnya.. Hehe

    BalasHapus
  36. Ok steph! Mulai tgl 13 April 2011 yaaaaa! :D
    Please pray for me sist! :)

    BalasHapus
  37. Chindy Eka Ariesta15 April 2011 10.26

    adyuh tep,g br berhasil menyelesaikan beberapa kitab aja ne perjanjian lama n baru n kekna ud lupa jg. hwhwhw #parah

    harus mengumpulkan niat n semangat dl ne tep. doakan saya yaa mmoga someday bs memulai proyek yg menantang ini XD

    BalasHapus
  38. @Febe: Okeh!! Semangat Feb!! Tunggu follow up berikutnya yah!!

    @Chindy: dicatet aja chin. biar kaga lupa. :) gw tunggu lho lo join program ini!! ;)

    BalasHapus
  39. waw C, aku baru buka ini nih hehehe. Hmm...aku udah kelar belum yah baca Alkitab...lupa C -.-" terutama yg Perjanjian Lama itu loh, kan cukup memusingkan tuh bacanya huaaaa T.T

    Terus takutnya kalo baca tiba2 juga bisa ngantuk C...selama ini aku bacanya loncat2, biasanya pake buku renungan suruh baca yg kitab apa, bagian mana gitu...

    BalasHapus
  40. @Nonik: ui ui baca lagi Sa.. biar lengkap nangkepnya. hohoho kalo ngantuk, jangan dipaksain. nanti ga ngerti. jadi yg penting ngertinya. kl yg pake buku renungan sih emang tetep, tapi tambah lagi. hehe gmn?

    BalasHapus
  41. kalo baca yang renungan sih pasti Ci. malah kadang2 aku tambahin sendiri jumlah pasalnya hehe :p tapi apakah harus dimulai dari Kejadian lagi C? ga bisakah langsung loncat di Bilangan ato kitab para nabi (Amos, Yesaya, Yeremia dll) gitu? soale itu yang kebanyakan aku ga ngerti hehehe :p

    BalasHapus
  42. @Louisa: ya terserah kamu aja mau mulai dari Kejadian apa ga. Target aku sih spy temen2 semua bisa nyelesaiin seluruh Alkitab. Gitchu..

    BalasHapus
  43. Dear Ci Fani..
    Salam kenal saya Titut..
    kebetulan saya juga tengah mengalami pasang surut dalam proyek pembacaan Al-Kitab ini dan mentok pas banget di Keluaran soal Kemah Suci dgn alasan yg gak jauh beda sama yg Ci Fani bilang..

    Oleh sebab itu saya melanjutkan dan menyelesaikannya kemudian. Saya mau coba baca lagi ngelanjutin dan melakukan tips yg dilakuin ci Fani mulai hari ini.
    Thx ya Cici Fani
    GBU

    BalasHapus
  44. @Tiaravita: Hai Titut! btw ini nama yg benernya Tiaravita atau Titut yah? hehe aku bingung.. oke! berarti mulai 30 Juni 2011 yah ikutan program baca alkitab seluruhnya. :) Praise the Lord nambah 1 lagi anggotanya. eh kamu punya blog juga? bole minta linknya? aku mau baca2 juga tulisan kamu. ^^ thanks ya!

    BalasHapus
  45. ini ci link-nya www.tiaravita.wordpress.com

    tp saya msh agak bingung sm nulis2 note-nya ci.. hehehe

    BalasHapus
  46. ci..newbie nih..
    count me in dong..kemarin baca sekilas aja tulisan ciecie yg ini, tapi ndak berani commit, hehe :D
    "Saya, Selani, mulai tanggal 5 Juli 2011 memulai program Baca Alkitab Seluruhnya Yuk!"
    mohon doa dan bantuannya ya ci..
    thx cie.. :)

    BalasHapus
  47. @Titut: aku udah liaaattt!!! thanks ya uda promosiin proyek aku ini!!! ^^ Aku suka tampilan wordpress kamu! Keren!

    @Selani: oke Selani! Glad that u have the courage to commit finishing the Bible. :) Tuhan memberkati! Sip, 5 Juli 2011 yah! Siap2 menjalani petualangan seru selama baca Alkitab. Hehe

    BalasHapus
  48. halo ci Steph, salam kenal :)

    "Saya, Wiliana, mulai tanggal 11 Juli 2011 memulai program Baca Alkitab Seluruhnya Yuk!"

    tau program ini dari Leni, dia temen SMP aku :)
    mau ikut supaya bisa jadi dorongan :)

    thank you ^_^

    BalasHapus
  49. @Wiliana: praise the Lord!!! ada yg ikutan dg tinggalin komen!!! oke2 aku catet yah!!! semangat baca alkitabnya!! ^^

    BalasHapus
  50. (1) tagline: IKUT! ,
    (2) Viryani Kho
    (3) Leni Liem
    (4) Dari dunia blogger haha ;p
    (5) Mau ikud biar makin kenal alkitab lebih lagi dan belajar berkomitmen lebih lagiii. And it feels good to have someone whom i can talk to and share during this. so kalo ada pertanyaan bisa nanya, dan ada yg remind me disaat aku lengah males baca.
    (6) 14july2011

    BalasHapus
  51. hai Ci Stephani. salam kenal =)
    really thank to God karena uda setaon trakhir ini nemuin bacaan yg baik ttg kehidupan scr utuh tp brdsrkan sudut pandang Alkitab!
    tulisan cici yg satu ini jg kembali menyemangati sy utk baca Alkitab SELURUHNYA yg artinya tdk tll menargetkan waktu tp baca seluruhnya. sbnrx sdh berkali-kali sy baca Alkitab hnya saja sll mandek =( , tp tulisan ini ckp mengembalikan smgt.. sy pgn mulai lg baca Alkitab..
    keep writing, ci! Gbu =)

    BalasHapus
  52. @Foni: hai salam kenal!! :) wah senengnyaa bisa menyemangati! ayo ayo Fon, dilanjutkan baca alkitab lagi!! aku juga lagi terus berusaha utk tetep baca alkitab seluruhnya. segitu banyak kebenaran di dlm alkitab, seringkali lupa. jadi mesti sering2 baca spy diingetin terus. :)

    BalasHapus
  53. Halo ci Tephgun. :)
    Salam kenal...
    Makasih tulisannya sangat memberkati dan menginspirasi.
    Dari dulu rindu pengen baca seluruhnya surat cinta Tuhan, tapi selalu jatuh bangun.
    Hari ini, 29 Desember 2011, saya Roria, mau mulai program baca alkitab seluruhnya."
    Lebih baik terlambat drpd tidak sama sekali.

    Doakan ya ci, spy bs setia sama komitmen ini.. :)
    Thx n Gbu

    BalasHapus
  54. @Roria: hai Roria!! salam kenal juga! Yup, mari kita saling mendoakan supaya bisa makin kenal Yesus dengan baca Alkitab. Semangat yah! Kamu tinggal di mana Ro? Kok bisa nyampe ke blog aku?

    BalasHapus
  55. Roria Angelina3 Januari 2012 08.28

    eh,baru ngecek lg ternyata komenku dibales. :D
    aku di jogja ci...
    tau blog cici dr blog-nya louisa (walaupun mgkn louisa ga kenal aku) hehe...

    aku pembaca majalah pearl.
    awalnya tau facebook ci grace, Tuhan Masih Menulis Cerita Cinta. Trus ketemu blog ci shinta. Trus kenal beberapa penulis majalah pearl termasuk louisa, smpt beberapa kali ngikutin post-nya. Trus smpt ada post yg nunjukin nama-nama di balik majalah pearl.
    akhirnya blog walking deh, ke ci lia juga.. trus ke cici deh...
    tapi semuanya msh status silent reader...
    *malu*
    hehehehe... :D

    BalasHapus
  56. hoaaa... aku ulang lagi yaa ci steph... hari ini, 9 APRIL 2012
    thank you for praying for me, but i did not do my part, i did not try HARD before.. :(
    this time i will try harder!

    masih berjalankah? :)

    BalasHapus
  57. Lorianne Khassandra HB11 Agustus 2012 09.53

    kakak saya ngak ngerti system numbering?

    BalasHapus
  58. Hai Stephanie, salam kenal. Nama saya Yenny Tandianto.
    Pertanyaan saya seperti yang ditanyakan Lorianne. Apa maksudnya sistem numbering ?
    Ditunggu jawabannya. Trims.

    BalasHapus
  59. Cuma 1 pertanyaan saya
    mulai dari mana?
    kejadian?perjanjian baru?

    BalasHapus
  60. Hi Ci Stephanie , salam kenal sy Robert , dari dulu sya nyobain baca Alkitab keseluruhan tapi gagal terus ditengah jalan ... Mohon bimbingannya , mulai malam ini 27 Agt 2014 saya akan baca Alkitab secara menyeluruh pelan pelan seperti cici ajarin :D . Trims , Gbu ci

    BalasHapus
  61. Hii! Aku tadi baru aja kebaktian. Ada beberapa hal yang aku ngerti bahwa maksud Tuhan itu ini. Kalo aku disuruh baca alkitab sampai habis. Aku mau komitmen baca alkitab mulai skrg, doain yaa

    BalasHapus
  62. "Yak! Saya berjanji mau mulai baca Alkitab dari awal pada tanggal 7 Maret 2015!" dan akan selesai di akhir tahun

    BalasHapus
  63. Saya rebekka natalia saya berjanji mulai baca alitab dari tanggal 11 maret 2016 sampe selesai di tanggal 11 september 2016 line rebekkasi

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^