Selasa, 14 September 2010

Kisah di Balik Nama

This one I wrote on my Facebook notes on Monday, April 12, 2010. To keep all my journal in this blog, I am happy to present it here.


Here we go!


Inilah beberapa nama orang yang saya temui menarik karena orang tua mereka sangat kreatif dalam memberikan nama kepada anak2nya.


1. Di Ensamble Galilea, ada yg namanya Robert. Ternyata Robert itu merupakan perpaduan nama orang tuanya. Sang mama bernama Rosita, n si papa bernama Albert. Jadilah Rosita + Albert = Robert. So sweet.. :) Pasti orang tuanya begitu mencintai si anak sampai2 menyatukan nama mereka utk jadi nama si anak. Perpaduan cinta yang diwujudkan pada nama si buah hati. Romantis..


2. Lagi2 di Ensamble Galilea, ada yg namanya Bayu. Kemarin kami ngobrol2.
Steph: Bayu, nama kamu artinya air yah? yg banyu2 ituh??
Bayu : Bukan ci. Bayu itu artinya angin. Tapi kalo 'Bayu' namaku, artinya bukan angin.
Steph: lho? jadi artinya apa donk?
Bayu : Gini.. kan papaku orang batak, mama orang melayu, jadi deh namaku Bayu!
Steph: :D Kreatif kreatif!!


Ternyata ortunya sangat menghargai keanekaragaman ras yg diciptain Tuhan. Dan saya yakin ortunya pun punya pandangan bahwa perbedaan bukan ada utk membawa perpecahan, tapi justru membawa keanekaragaman dlm dunia ini. Karena itu, kita harus bersatu, seperti nama Bayu = Batak + Melayu yg menjadi satu di dalam anaknya.


3. Setelah sy menceritakan hal ini pada keluarga saya, ternyata mereka juga punya kisah serupa, yaitu nama2 yg sebenarnya merupakan singkatan! Pelanggan toko mami saya, namanya Ibu Wahid. Ibu Wahid ini punya cucu, dan nama cucunya adalah Ohara. Artinya? Orok Hari Raya!! Wkwkwkwk!!!


4. Ngomong2 soal hari raya, saya jadi ingat teman SMA saya yg juga lahir di hari raya. Dia lahir pas imlek, jadilah namanya Imilia Lekawati. Menurutku, namanya cantik, seperti orangnya!! ;)


5. Ada lagi tante saya yg orang khek, profesinya pedagang emas. Dia punya banyak emas. Ketika dia punya cucu laki2, dia mikir2. Dia kan punya banyak emas... Dlm bhs khek, 'sangat banyak' itu disebut 'an to'
So, 'sangat banyak mas' = 'anto mas' --> akhirnya jadi Tomas. Good good tante! Mendoakan supaya si cucu pun punya banyak emas. :D


Yak yak, sekian kumpulan nama2 unik yg sempat hinggap di kepala saya dan bikin saya tersenyum2 terus sendirian. *takut lama2 ga waras* XD



n.b.: note ini khusus saya persembahkan utk orang2 yg punya nama unik tersebut. ^^

6 komentar:

  1. tepgun, baru baca nih ahaha.. btw, nama gw juga unik loh (pamer haha). nama tengah gw dan ade gw, "sulia" itu diambil dari gabungan nama tengah bokap dan nyokap gw. nyokap gw Sally SUtjiati, sama bokap gw Budi muLIA. jadilah SULIA hahaha.. kalo dipikir2 memang kreatif ya orang tua kita hehehe. kalo nama lo sendiri apa artinya gun?

    BalasHapus
  2. wah bonyok lo romantic juga ya bow!! hehehe
    yaahh nama gw ga ada artinya gimana de. nyokap gw pas ngelahirin gw pas lagi zaman film return to eden. nah pemeran utamanya namanya stephanie. jadi deh gw dinamain stephanie. ^^ gitu doank de..

    BalasHapus
  3. lucu jg ya arti nama2 org xixixi
    gun, aku mo blg makasih ya,kmrn dah ke jogja dan postingan km yg 4hr dijogja tu ngebantu aku bgts. many thx yach..

    BalasHapus
  4. hai nita!! heheh emang nama orang unik2!!
    akhirnya di jogja ke mana aja? seneng deh kalo blogku bermanfaat.. :) ur welcome!

    BalasHapus
  5. Haha bayu great!!.. temen ku juga namanya berhubungan dengan hari raya... mamanya melahirkannya tepat pada tanggal 17 agustus. Jadi namanya Harke = Hari Kemerdekaan.

    BalasHapus
  6. @psalm: eh, temenku jg ada yg bilang gitu!! namanya Meta!! jangan2 kalian kenal?? soalnya meta juga bilang temennya namanya Harke = hari kemerdekaan. hahaha

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^