Minggu, 26 September 2010

Zeus vs. Jesus Christ

Copied from my FB notes on April 4, 2010.

Kemarin, saya pergi bareng temen2 SMAK3 saya, nonton Clash of the Titans di gading jam 21.40. Di sini, saya mo bagiin apa yg saya dapet dr film itu.

*BUAT YG BLOM NONTON, STOP MEMBACA SMP DI SINI!! BISA JADI SPOILER NIH.. ;p*

Overall, menurut saya ceritanya aneh, banyak tokoh2 yg muncul gak jelas n kurang signifikan perannya. Dan yang paling ga tahan adalah bajunya si Zeus. Silau berkilau aneh gitu... Well, bukan itu yg sebenernya mau saya bahas. Jadi begini.. Dari film ini saya belajar bahwa Tuhan Yesus saya jauh lebih baik drpd tuhan mereka, Zeus itu sendiri, yg katanya telah menciptakan manusia dan sangat mencintai ciptaannya itu. Dari film ini, setidaknya ada 3 hal yang membuat saya merasa semakin kagum pada Tuhan Yesus.

1. Ada bagian di mana Acrisius (raja Argos terdahulu) memberontak terhadap Zeus. Sebagai hukuman, Zeus menjelma jadi manusia dan meniduri istri Acrisius (tapi menurut wikipedia, yg ditiduri Zeus adalah anak perempuan Acrisius, bukan istri Acrisius). However, that's not the point. Yang mau saya tonjolkan adalah perbuatan Zeus itu. Dia memutuskan untuk menghukum manusia ciptaanya dengan berbuat zinah. WHAT?? Hal ini nih yg istilahnya 'tidak cukup syarat untuk menjadi Allah.' Apakah pantas menyembah Allah yang juga berbuat dosa?? Saya percaya dan yakin benar bahwa Allah saya, Tuhan Yesus, tidak pernah berzinah dg seorang perempuan ciptaanNya sendiri. Tuhan Yesus ga pernah berbuat dosa sekalipun. Dia adalah Allah yang kudus, suci. Domba tanpa cacat dan cela yang dikorbankan sebagai pembayaran yang sah untuk menebus dosa kita.

2. Zeus ga tau lho kalo dari perbuatannya itu, sang perempuan hamil. *???* Yang bener aja??? Dia ga tau kalo di bumi ada bayi yg bakal lahir, yg setengah manusia, setengah dewa yg bernama Perseus, yang sebenernya anaknya sendiri! Zeus baru tau setelah Hades kasi tau dia. Gimana sih? katanya dewa.. tapi kok pengetahuannya terbatas gitu? Hal ini juga yg bikin aku makin mantep ikut Tuhan Yesus. Kalo Tuhanku, Dia tau semuanya. Dia tau aku bakal lahir ke dunia. Dia yg ngedesain satu per satu manusia di bumi ini. Dia yg pilihin warna kulit kita, bentuk mata kita, bentuk alis kita, bentuk telinga kita, hidung, bibir, jenis rambut, n semua organ2 tubuh lainnya, Dia spesial kerjain sendiri!! Dia ga suruh malaikat2Nya yg kerjain buat Dia. Dia tau kita akan ada di bumi, karena Dia sendiri yg menenun kita saat masih ada di perut mami kita. "Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku (Mzm. 139:13)" Dan Tuhanku ga berhenti sampai di situ. Dia udah tulisin cerita kehidupan kita sejak awal. "Mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya (Mzm 139: 16)." Allahku benar2 Allah yang hidup, nyata, n maha tahu!! Ia mengenalku. Kuereenn.

3. Di akhir ceritanya, setelah Perseus berhasil mengalahkan Kracken dan mengirim Hades kembali to the 'underworld,' ada scene di mana Zeus mengucapkan terima kasih ke Perseus. Mereka juga membahas tentang semua pertolongan yang disediakan Zeus untuk Perseus, seperti pedang yang tiba2 ada di hutan dan pegasus yang tiba2 muncul dan siap ditunggangi. Kenapa Zeus sangat baik pada Perseus? Jawabannya ada di sebuah kalimat yg diucapkan oleh Zeus: karena aku tidak rela kalau harus kehilangan anakku. Sungguh sangat bertolak belakang! Allah justru mengirim AnakNya yang tunggal untuk dikorbankan di atas kayu salib, sebagai tebusan bagi dosa2 manusia. Allah rela kehilangan anakNya demi menyelamatkan manusia, ciptaanNya yg berdosa. "Yoh 3: 16 -> Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." KasihNya memang luar biasa. Bener2 bikin kagum dan terheran2.

Jadi, mnurut saya, Zeus vs. Jesus Christ, jelas Jesus Christ pemenangnya!! Kemunculan film ini di momen Paskah memang sangat pas. Film ini membantu saya mengingat betapa Tuhan Yesus adalah Allah yang telah bangkit dan hidup. Dia adalah Allah yang luar biasa dan ga ada yg lebih T.O.P B.G.T dari Dia. :)

2 komentar:

  1. diana wangsa6 April 2011 12.52

    hai ci tepgun :)
    nih aku komen yaaa :)
    wah ci, itu film pas mau paskah toh, ud mau paskah lagi loooh skrg.. boleh juga tuh d bwin.. bs jadi masukan juga.. :)
    cici bnr2 ya luar biasa bgt, bahkan film pun cici liat dan bandingin secara rohani.. salute :)

    BalasHapus
  2. @Diana: mo dibikin nonton bareng di? boleh aja. :) yang luar biasa mah Tuhan Yesusnya di.. ^^

    BalasHapus

Ayo tinggalkan jejakmu di blogku! ^.^